Ilustrasi gen z. (Sumber foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Arti Istilah Gaul Berbahasa Inggris yang Viral di TikTok

20 May 2024   |   16:08 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Dalam era digital dan budaya serba teknologi yang terus berkembang pesat, kata-kata dan frasa baru sering kali muncul dan menjadi viral di media sosial khususnya TikTok. Aplikasi tersebut sering menjadi tempat di mana terobosan baru menjadi viral dan gempar di kalangan semua orang.

Tak hanya bahasa Indonesia, tapi ada begitu banyak kata-kata dan frasa baru lainnya yang sering digunakan oleh banyak orang. Salah satu contohnya adalah slang dalam bahasa Inggris yang merupakan istilah informal dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Baca juga: Arti Istilah 'Cringe' dan 'Savage' yang Viral di Media Sosial

Generasi Z merupakan salah satu pionir dalam menciptakan bahasa gaul ini hingga diadopsi oleh banyak orang. Bahkan bahasa gaul Inggris kerap kali digunakan secara luas oleh semua kalangan. Tak jarang, mereka lebih fasih menggunakan bahasa gaul ini dalam komunikasi.

Nah, untuk lebih tau selengkapnya, berikut adalah pengertian apa itu slang word dan beberapa arti istilah dalam bahasa Inggris yang viral di TikTok.
 

1. Roman empire

Pernahkah kalian mendengar istilah roman empire ketika sedang berselancar di TikTok? Terlahir dari tanggapan terhadap postingan di Instagram, kini tren tersebut muncul di TikTok dengan tagar #RomanEmpire dan telah ditonton sebanyak 1,2 miliar kali.

Dilansir melalui Later, roman empire adalah istilah yang merujuk pada sesuatu yang sering dipikirkan secara terus-menerus. Intinya, frasa tersebut mengacu pada suatu obsesi, minat, seseorang, atau peristiwa tertentu yang mempunyai dampak atau pengaruh besar pada orang tersebut. Untuk mengadopsi ke sebuah percakapan, kalian bisa menggunakannya seperti ini.

“Sudah beberapa hari ini dia kayaknya lagi mikirin roman empire-nya tuh."
“Timothee Chalamet is my roman empire”

 

2. Bounce back

DIlansir melalui Dictionary.com, bounce back memiliki arti bangkit kembali atau pulih dari penyakit atau keterpurukan. Frasa ini bisa kalian gunakan ketika kalian sedang berada di titik terendah dalam hidup dan akan bangkit dari masalah itu. Misalnya saja seperti kondisi pulih ketika setelah mengalami putus cinta. Berikut adalah contoh penggunaannya. 

“Gue kecewa banget enggak jadian sama dia, tapi gue bertekad untuk bounce back” artinya ia sangat sedih ketika cintanya ditolak, tapi ia harus bangkit kembali dari kesedihannya itu.
“Walaupun dia mengalami kegagalan besar dalam bisnisnya, dia berhasil bounce back dan sekarang usahanya semakin sukses”


3. Banger

Selanjutnya adalah banger, salah satu istilah slang Inggris yang sering digunakan dalam dunia musik untuk menggambarkan sebuah lagu yang sangat menarik dan mengasyikkan. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan sebuah lagu yang menurut orang tersebut sangat bagus, catchy, dan melekat di kepala. Banger juga bisa merujuk pada pertunjukan atau acara yang sangat energik dan meriah, seperti konser atau pesta. 

“Kendrick Lamar’s songs it’a a total banger, i can’t stop listening to it” yang artinya lagu-lagu milik Kendrick Lamar sangat keren dan enak didengar. 
“Gue lebih suka musik-musik Olivia Rodrigo, banger banget”


4. The math isn't mathing

The math isn’t mathing merupakan istilah slang yang merujuk ketika ada sesuatu yang tidak beres atau tidak masuk akal. Contohnya ketika ada seseorang yang berpacaran dengan minor atau yang dibawah umur. Atau sesuatu hal yang serius dijadikan lelucon.

A: “I heard C and D is dating right now”
B: “Huh? The math isn’t mathing” yang artinya tidak masuk akal. 


5. Slay

Mungkin kalian sudah tak asing dengan frasa slang Inggris satu ini. Kata slay sering kali muncul di video viral TikTok. Dilansir melalui Keyhole, istilah slay sering digunakan sebagai bahasa gaul untuk menggambarkan sesuatu yang keren dan membuat orang lain terkesan. Hal ini umumnya dikaitkan dengan fashion, musik, atau pertunjukan artistik tetapi dapat digunakan dalam berbagai konteks. 

Misalnya, orang menggunakan kata slay untuk memuji penampilan seseorang, memuji pencapaian yang luar biasa, atau sebagai ungkapan kekaguman dan apresiasi terhadap keterampilan atau kemampuan seseorang di platform media sosial. Istilah slay biasanya sering digunakan untuk tagar suatu postingan seperti #slay #slayqueen atau digunakan sebagai komentar suatu postingan.


6. Gatekeeping

Menurut Merriam Webster, gatekeeping adalah istilah yang digunakan ketika seseorang menyembunyikan informasi dengan tujuan menjaga sesuatu agar tidak diketahui banyak orang. Contohnya ketika seseorang menemukan sebuah rumah makan yang nyaman dan murah, tapi agar rumah makan tersebut tidak diketahui banyak orang, maka dia menyembunyikannya. 


7. Washed

Washed merupakan istilah yang menggambarkan masa atau waktu yang sudah habis atau tidak populer lagi pada hal tertentu. Kata ini bisa kalian gunakan untuk mendeskripsikan seseorang atau pemain yang sudah tidak sebagus saat di masa jayanya dulu. Contohnya adalah sebagai berikut. 

“Ronaldo is mad washed now” yang artinya sekarang ini pemain bola Ronaldo sudah tidak sepupuler dahulu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Heboh Hasil Investigasi dan Link Dokumenter Skandal Seks K-Pop Burning Sun

BERIKUTNYA

YandexART, Teknologi AI Generatif Untuk Asisten Konten Visual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: