Saat Menghadap Tuhan (Sumber foto: ReXcorp.)

Angkat Kisah Tentang Trauma, Cek Sinopsis dan Daftar Pemain Film Saat Menghadap Tuhan

29 May 2024   |   21:21 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Memperingati 25 tahun kariernya di jagad perfilman Indonesia, sutrada Rudi Soedjarwo merilis film terbarunya berjudul Saat Menghadap Tuhan. Film yang bercerita tentang kisah nyata membuat Rudi berupaya untuk mengeksplorasi isu-isu sosial di masyarakat seperti perundungan, pelecehan seksual, hingga trauma masa kecil.

Tayang perdana pada 6 Juni 2024 di bioskop seluruh Indonesia, Saat Menghadap Tuhan merupakan film perdana yang diproduksi oleh RexCorp, rumah produksi baru rintisan Rudi. 

Baca juga: Belum Setengah Tahun, Sudah Ada Hampir 10 Film Lokal Raih 1 Juta Lebih Penonton

Ide cerita yang menggambarkan dunia gelap dari para remaja yang memiliki trauma mendalam merupakan bentuk keresahan yang muncul dari pengalaman pribadi Rudi yang kemudian ia tuangkan dalam sebuah film.

“Ini memang keresahan saya dari zaman muda hingga sampai orang tua. Ketakutan saya sebagai orang tua ketika mendidik anak,” ujar Rudianto Soedjarwo saat konferensi pers film Saat Menghadap Tuhan di Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2024). 

Lantas bagaimana dengan rangkaian kisahnya? Berikut adalah sinopsis dan daftar pemaian film Saat Menghadap Tuhan. 


Rudi Soedjarwo saat konferensi pers film Saat Menghadap Tuhan (Sumber foto: Hypeabis.id/Amanda Syavira)

Rudi Soedjarwo saat konferensi pers film Saat Menghadap Tuhan (Sumber foto: Hypeabis.id/Amanda Syavira)


Sinopsis

Saat Menghadap Tuhan menceritakan tentang empat remaja yang masing-masing dari mereka memiliki latar belakang hidup yang berbeda-beda. Tak seperti pada remaja biasanya, mereka berempat hidup dengan masa lalu yang kelam dan traumatis. 

Damar, yang diperankan oleh Rafi Sudirman merupakan seorang anak remaja pecinta musik yang berangan ingin membahagiakan hidup ibunya. Namu, ia tumbuh dengan trauma dan amarah yang mendekap dalam dirinya selama bertahun-tahun. Semasa hidupnya ia penuh dengan luka karena menyaksikan ayahnya dibunuh oleh preman dan pernah melakukan pembunuhan di usia 10 tahun. 

Meski sudah berlalu, Damar kembali teringat kejadian itu saat dirinya dihadapkan pada situasi yang menguji kesabarannya. Gito (Abielo Parengkuan) dan Nala (Denisha Wahyuni), dua orang sahabat Damar juga mengalami kejadian yang malang dalam hidupnya. 

Walaupun terlihat ceria, Gito sebenarnya menghadapi keterpurukan karena perceraian orang tuanya yang membuat ia tumbuh menjadi pribadi yang kikuk secara sosial dan membuatnya menjadi sasaran perundungan serta Nala yang mengalami pelecehan seksual. Mirisnya, pelaku pelecehan seksual yang menyerang Nala adalah ayahnya sendiri. 

Sementara Marlo, sosok jagoan di sekolah tumbuh menjadi remaja yang suka merundung dan dibesarkan oleh ayah yang angkuh. Sebagai seorang sahabat, Damar ikut merasakan setiap kesakitan yang dialami oleh Gito dan Nala. Trauma dan luka batin yang mereka alami membuat keempatnya saling terkoneksi sembari bertarung dengan perangnya sendiri-sendiri. 

Dikutip dari IMDb, berikut daftar pemeran film Saat Menghadap Tuhan.
  • Rafi Sudirman sebagai Damar
  • Abielo Parengkuan sebagai Gito
  • Denisha Wahyuni sebagai Nala
  • Cindy Sebastian sebagai Maya (adik Nala)
  • Dede Satria sebagai Marlo
  • Alit Aryani Willems sebagai Kak Is
  • Poppy Sovia sebagai Ibu Gito
  • Fenty Warouw sebagai Ibu Nala dan Maya
  • Gilbert Pattiruhu sebagai Ayah Marlo
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Everywhere.id Gaet Maliq & D'Essentials Bikin Konser Virtual Maliq EveryWhere di 40 Venue

BERIKUTNYA

Waspadai Trigliserida, Lemak Darah yang Bisa Memicu Penyakit Jantung dan Strok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: