Kereta Api (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Dimasbob)

Kabar Baik, Pengembalian Dana Pembatalan Tiket Kereta Api Jadi Cuma 7 Hari

30 May 2024   |   08:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar baik bagi kalian pengguna kereta api antarkota. PT Kereta Api Indonesia sebagai operator moda transportasi berbasis rel itu memberlakukan kebijakan baru terkait pengembalian dana pembatalan tiket. Per 1 Juni 2024, dana para pengguna akan dikembalikan maksimal 7 hari jika melakukan pembatalan pemberangkatan.

Tenggat waktu 7 hari itu tercatat lebih cepat jika dibandingkan dengan kebijakan yang lampau. Sebelumnya, waktu pengendalian bea tiket yang dibatalkan atas permintaan penumpang adalah dari 30 sampai 45 hari.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa perubahan ketentuan batas waktu pengembalian dana tiket pembatalan tersebut dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada konsumen.

“Dengan mempercepat proses pengembalian dana, KAI berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan memuaskan bagi para penumpang setianya,” ujarnya dalam pernyataan siaran pers. 

Baca juga: Hunting Makanan Enak? Cek 6 Stasiun Kereta yang Dekat dengan Destinasi Wisata Kuliner

Joni menuturkan, manajemen menyediakan beberapa metode pengembalian dana guna memudahkan prosesnya. Pertama adalah pengembalian melalui transfer ke rekening bank atau dompet elektronik. Metode ini dapat memberikan kemudahan dan kecepatan bagi penumpang yang menggunakan layanan perbankan atau dompet digital.

Kedua adalah pengembalian dengan metode tunai bagi traveler yang belum memiliki rekening bank atau dompet digital. Kalian dapat mengunjungi stasiun tertentu yang ditetapkan oleh manajemen untuk memperoleh pengembalian dana secara tunai.

Tidak hanya kereta api antarkota, pengguna moda transportasi berbasis rel perkotaan yang dikelola oleh KAI induk, bukan anak perusahaan, juga dapat melakukan pengembalian dana maksimal 7 hari setelah tanggal pembatalan.

“Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa semua penumpang, baik pengguna KA Antar Kota maupun KA Perkotaan, mendapatkan layanan yang cepat dan efisien,” kata Joni. .

Dia menambahkan, Genhype dapat melakukan proses pembatalan keberangkatan melalui aplikasi Acces by KAI dan loket stasiun yang melayani pembatalan tiket. Saat melakukan pembatalan, kalian akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25 persen per tiket yang dibatalkan.

Kemudian, kalian juga dapat membatalkan tiket di Access by KAI selambatnya 2 jam sebelum keberangkatan kereta api dan 30 menit sebelum keberangkatan ketika melakukannya di loket stasiun kereta. Kebijakan baru ini membuat proses pembatalan menjadi lebih mudah dan tidak memberatkan bagi traveler.

“Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap layanan KAI. Serta menarik lebih banyak penumpang untuk menggunakan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama mereka,” katanya.

Baca juga: Cek Syarat Naik Kereta Api Bagi Ibu Hamil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Rekomendasi Gim Decision-Based dengan Opsi Lebih dari Satu Ending

BERIKUTNYA

Mengintip Keseruan Wisata Satu Atap di Anyer Wonderland

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: