Suasana stasiun kereta api. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Abdurachman)

Hunting Makanan Enak? Cek 6 Stasiun Kereta yang Dekat dengan Destinasi Wisata Kuliner

27 May 2024   |   19:28 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain memiliki destinasi wisata berupa alam dan budaya, Indonesia juga kaya akan tujuan wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Diracik dengan resep yang terjaga, rasa makanan yang ditawarkan akan membuat ketagihan dan tidak mudah dilupakan.

Destinasi wisata kuliner di sejumlah daerah di Indonesia berada di banyak titik dan tidak terbatas pada tempat-tempat yang mewah. Tidak jarang, destinasi wisata kuliner berada di sudut-sudut kota yang mungkin tidak terpikirkan.

Baca juga: 4 Rekomendasi Kuliner Kaki Lima ala Restoran Fine Dining

Meskipun begitu, rasa yang ditawarkan tetap memiliki kenikmatan yang tiada tara. Salah satu tempat penjual kuliner dengan rasa yang khas adalah di sekitar stasiun kereta api. Bagi Genhype yang kerap berwisata dengan menggunakan kereta api, pastikan untuk melihat di sekitar agar menemukan kuliner yang dapat menambah daftar panjang pengalaman menikmati makanan nikmat. 

Berikut stasiun-stasiun yang di sekitarnya terdapat destinasi wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan.  


1. Stasiun Medan

Saat berhenti di Stasiun Medan, Genhype sebaiknya tidak langsung pergi ke tujuan selanjutnya. Kalian bisa istirahat sejenak dan menikmati makanan lontong khas Medan di sekitar tempat ini.

Buka sejak sore hari, para traveller dapat mengunjungi penjual lontong khas Medan di stasiun hingga tengah malam. Kuah lontong yang disajikan dengan kental dan gurih membuatnya terlalu menggoda untuk diabaikan.


2. Stasiun Tanjung Karang

Daerah sekitar Stasiun Tanjung Karang, Lampung, juga menjadi tempat yang dapat menjadi destinasi wisata kuliner. Di dekat stasiun ini, kalian dapat menemukan penjual makanan legendaris yang sudah terkenal dan terjamin rasanya.

Genhype yang ingin menikmati makanan pempek dapat mengunjungi Pempek 55 Hj. Eti atau Bakso Rusuk Simpur jika ingin mengonsumsi makanan yang segar dan dapat membuat melek. Jika perut terasa lapar dan hendak makan nasi, Nasi Uduk Toha Kartini juga tersedia dan dapat menjadi pilihan.


3. Stasiun Bogor

Kalian yang pelesir ke wilayah Jabodetabek dan berhenti di Stasiun Bogor juga tidak boleh melewatkan sejumlah tempat makan yang dapat membuat kalian ingin selalu datang kembali. Mie Kocok Mawar, Soto Daging Ala Mang Bonin, atau Mie Ayam Bakso Apollo akan menggugah selera Genhype.

Cuaca Bogor yang sejuk membuat makanan-makanan itu dapat menjadi pilihan untuk menghangatkan badan sekaligus menikmati pengalaman rasa yang disajikan.


4. Stasiun Bandung

Stasiun Bandung, dengan kemegahannya yang klasik, merupakan gerbang utama ke kota yang juga dikenal sebagai Paris van Java. Tidak jauh dari stasiun ini, Genhype dapat menemukan jajanan ikonik seperti Cuanki JPK.

Tidak hanya itu, kalian juga dapat mengunjungi Loko Coffee Shop untuk menikmati secangkir kopi sebelum atau sesudah perjalanan. Kalian juga dapat menikmati Perkedel Bondon yang renyah atau Lontong Kari Kebon Karet.


5. Stasiun Purwokerto

Stasiun Purwokerto tidak hanya menjadi titik awal perjalanan, tetapi juga merupakan titik awal petualangan kuliner yang menarik. Di sekitar stasiun terdapat soto khas Purwokerto, yakni Soto H. Loso.

Kamu yang merasa lapar saat turun dari kereta api dapat mampir sebentar untuk menikmati dan merasakan racikan khas yang ditawarkan oleh penjualnya. Selain soto, kalian juga dapat menuju Pasar Manis untuk mencari penutup dengan jajanan-jajanannya yang khas.


6. Stasiun Kediri

Salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype ketika ke Kediri adalah pecel dan sambal tumpang yang terletak di Jalan Dhoho yang terletak di sekitar Stasiun Kediri. Kalian yang baru tiba di stasiun ini sebaiknya tidak buru-buru pergi dan berkunjung sejenak untuk menikmati kuliner pecel. Selain itu, ada juga Nasi Goreng Anglo Mbah Man atau Rujak Cingur Ringin Sepur yang lezat dan memiliki porsi jumbo.

Baca juga: Penumpang Kereta Cepat Whoosh Bisa Menikmati Promo 12 Destinasi Wisata & Kuliner

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Cara Membangun Pondasi Keuangan yang Kuat buat Pasangan

BERIKUTNYA

Merebak di Singapura, Kemenkes Sebut Covid-19 Varian FLiRT di Indonesia Masih Terkendali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: