Seseorang menjalani pemeriksaan tekanan darah (Sumber gambar: Pexels/Pavel Danilyuk)

Rekomendasi 5 Makanan untuk Penderita Darah Rendah

28 May 2024   |   22:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Darah rendah adalah kondisi tekanan darah dalam tubuh seseorang berada di bawah batas normal. Individu yang mengalaminya kerap merasa pusing, mual, bahkan pingsan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengonsumsi makanan yang dapat menaikkan tekanan darah.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, tekanan darah seseorang dikatakan normal jika berada pada rentang 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg. Dengan begitu, individu yang memiliki tekanan darah di bawah angka tersebut dapat dikatakan menderita tekanan darah rendah atau hipotensi.

Penderita tekanan darah biasanya memiliki gejala seperti kelelahan, pusing atau sakit kepala ringan, mual, penurunan kesadaran, pandangan kabur, kurang konsentrasi, dan pingsan. Informasi dalam laman Kementerian Kesehatan itu menyebutkan bahwa darah rendah pada umumnya tidak berbahaya dan dapat dialami oleh siapa saja. 

Baca juga: Jangan Keliru, Begini Perbedaan Darah Rendah dan Kurang Darah

Individu dalam keadaan sehat yang menderita tekanan darah rendah kerap tidak memiliki gejala yang mengganggu. Tidak hanya itu, kondisi tekanan darah itu juga biasanya tidak menjadi masalah dan tidak perlu diobati.

Meskipun begitu, tekanan darah yang terjadi secara mendadak dapat menjadi masalah yang tidak boleh diremehkan pada beberapa kasus. Selain itu, kondisi tekanan darah yang rendah secara tiba-tiba juga bisa menjadi tanda penyakit yang tengah diderita oleh seseorang.

Kemenkes juga menyatakan bahwa tekanan darah seseorang dapat mengalami perubahan sepanjang waktu – tergantung dari kondisi dan aktivitas yang dilakukan. Sementara itu, Genhype juga dapat melakukan sejumlah cara untuk meningkatkan tekanan darah.

Di antara berbagai cara yang ada, konsumsi makan-makanan tertentu juga dapat menjadi pilihan. Dikutip dari laman Healthline dan berbagai sumber lainnya, berikut makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah bagi penderita darah rendah. 
 

1. Telur

Telur dapat menjadi pilihan ketika Genhype mengalami tekanan darah rendah. Kandungan vitamin B-12 yang tinggi dalam telur membuat kalian terhindar dari hipotensi. Individu yang mengalami kekurangan B-12 dapat memiliki anemia tertentu, sehingga tekanan darah menjadi rendah dan kelelahan. 

Kalian bisa mengolah telur menjadi berbagai macam makanan untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan kandungan vitamin B-12, seperti omelet atau olahan lainnya. Telur juga baik agar terhindar dari darah rendah lantaran mengandung tinggi folat. 
 

2. Sup Daging 

Makanan lain yang baik untuk mengatasi darah rendah adalah daging. Sama dengan telur, konsumsi daging juga dapat membuat tubuh mendapatkan vitamin B-12. Dengan begitu, individu dapat terhindar dari tekanan darah rendah.

Ada berbagai olahan yang dapat disiapkan bagi Genhype untuk menikmati daging. Kalian bisa membuat sup daging dengan sayur-sayuran yang juga dapat menaikkan tekanan darah seseorang. 
 

Sup daging (Sumber gambar: Unsplash/Lampos Aritonang)

Sup daging (Sumber gambar: Unsplash/Lampos Aritonang)

3. Sup kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah yang dialami. Kacang-kacangan mengandung folat tinggi, yang berperan penting dalam proses produksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya menurunkan risiko tekanan darah rendah karena anemia.

Genhype dapat mengolah kacang-kacangan menjadi berbagai macam hidangan. Salah satu di antaranya adalah membuat sup kacang merah. 
 

4. Ikan asap

Para pencinta ikan asap disarankan untuk mengonsumsi makanan ini jika mengalami tekanan darah rendah. Rasa ikan asap yang umumnya gurih asin, dapat membuat tekanan darah yang rendah mengalami kenaikan ketika dikonsumsi.

Garam yang terdapat dalam ikan asap dapat meningkatkan volume arah dan menaikkan tekanannya, sehingga darah yang rendah dapat mengalami kenaikan tekanan. 
 

5. Sayuran hijau

Olahan makanan lain yang dapat membuat individu terhindar dari tekanan darah rendah adalah sayur-sayuran hijau. Ada banyak hidangan yang bisa dibuat oleh kalian dari bahan sayuran hijau. Salah satu di antaranya adalah sayur bayam. Sayuran hijau dapat menjadi pilihan untuk mengatasi tekanan darah karena kandungan asam folat yang tinggi di dalamnya.

Baca juga: 5 Resep Jus Buah untuk Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fitur-fitur Baru WhatsApp yang Sedang Dikembangkan, Voice Status Bisa Jadi 1 Menit

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Bangsal Isolasi, Upaya Mengungkap Misteri di Balik Jeruji Besi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: