Beberapa film yang tayang Juni 2024. (Sumber gambar: Imajinari/MD Pictures/Falcon Pictures)

8 Film Indonesia Tayang Juni 2024 di Bioskop

28 May 2024   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jagat perfilman Indonesia terus diramaikan dengan perilisan film baru. Sepanjang Juni 2024, terdapat 8 judul film yang siap menemui penontonnya di layar bioskop nasional. Judul-judul yang akan tayang terdiri dari film dengan beragam genre, tema, dan cerita, yang bisa menjadi pilihan tontonan seru dan menghibur untuk masyarakat.

Film-film lokal yang bakal tayang pada Juni 2024 tampak beragam, alih-alih didominasi oleh sinema horor seperti beberapa bulan terakhir. Sederet judul yang akan rilis di bioskop terdiri dari film drama religi, dokumenter, horor, hingga lanjutan film adaptasi novel populer.

Baca juga: Film Temurun Eksplorasi Kisah Horor dengan Isu Keluarga Disfungsi

Pada Juni tahun ini, film dokumenter yang mengangkat kisah perjalanan karier solois kenamaan Raisa akan tayang dengan judul Harta Tahta Raisa. Perilisannya bertepatan dengan ulang tahun sang diva yang ke-33 tahun yakni pada 6 Juni 2024.

Selain itu, ada juga film drama Ipar Adalah Maut yang kisahnya diangkat dari cerita viral di TikTok dari pemilik akun @elizasifa. Disutradarai Hanung Bramantyo, film yang disebut penuh dengan drama kesedihan yang memilukan ini akan tayang pada 13 Juni 2024.

Lalu, akan hadir juga film Laut Tengah yang merupakan adaptasi dari novel populer berjudul sama karya penulis Berliana Kimberly. Film yang diproduksi oleh Starvision dan Legacy Pictures ini disebut akan menghadirkan sinema dengan visual seperti drama Korea.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 8 film Indonesia yang akan tayang sepanjang Juni 2024.


1. Harta Tahta Raisa (6 Juni)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Imajinari (@imajinari.id)

 

Disutradarai oleh Soleh Solihun, Harta Tahta Raisa adalah film dokumenter yang akan mengajak penonton mengikuti liku-liku perjalanan karier penyanyi Raisa. Film ini akan mengikuti perjalanan Raisa sejak masih kecil hingga akhirnya sukses menggelar konser tunggal di Stadion Utama GBK, Jakarta, yang menandai sepuluh tahun kiprahnya di industri musik pada 2023.

Di samping itu, Harta Tahta Raisa juga akan menguak bagaimana perjalanan panjang Raisa sebagai salah satu solois wanita sukses di Indonesia, yang sebelumnya sempat menjadi backing vocal Krisdayanti dan Erwin Gutawa, hingga didapuk menjadi vokalis Andante.


2. Saat Menghadap Tuhan (6 Juni)


Saat Menghadap Tuhan merupakan film terbaru garapan sutradara Rudi Soedjarwo. Kisahnya akan mengikuti karakter Damar (diperankan oleh Rafi Sudirman), seorang anak remaja yang memiliki masa lalu gelap karena pernah membunuh ketika usianya 10 tahun.

Hal itu terjadi lantaran Damar memiliki latar belakang tempramental. Dia pun harus kembali dihadapkan dengan situasi yang menguji kesabarannya, setelah dua sahabat baiknya di SMA yakni Gito (Abielo Parengkuan) jadi korban perundungan, dan Nala (Denisha Wahyuni) yang menjadi korban pelecehan seksual ayahnya.


3. Paku Tanah Jawa (6 Juni)

 

Kisah Paku Tanah Jawa diangkat dari legenda rakyat mistis di tengah masyarakat Jawa, khususnya di sekitar Gunung Tidar. Film ini berkisah tentang Ningrum (Gisellma Firmansyah) yang sejak kecil harus menghadapi pandangan negatif warga sekitar, karena ibunya, Handini (Masayu Anastasia), selalu diisukan memiliki banyak pria untuk syarat pesugihan. 

Kematian salah seorang teman dekat Handini membuat keluarganya semakin disudutkan warga. Hidup Ningrum pun semakin tidak tenang setelah lelaki yang diam-diam dia cintai bernama Jalu (Wafda Saifan), justru terjebak menjadi tumbal baru ibunya.

Ningrum harus melawan banyak teror gaib. Di tengah kondisi itu, dia mendapatkan petunjuk dan meminta bantuan pada seorang kyai yang memberinya tombak sakti yang dapat digunakan untuk memusnahkan ilmu hitam yang ada di muka bumi.


4. Ipar Adalah Maut (13 Juni)

 

Mengusung genre drama-religi, Ipar Adalah Maut adalah film yang kisahnya diangkat dari cerita viral di TikTok yang ditulis oleh Eliza Sifaa. Ceritanya sendiri diambil dari kisah nyata yang dikemas ulang oleh Eliza Sifaa dengan merahasiakan tokoh aslinya.

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, Ipar Adalah Maut berkisah tentang Nisa (Michelle Ziudith) yang dipinang oleh dosen muda dari kampusnya bernama Aris (Deva Mahenra), sosok laki-laki cerdas yang punya pesona luar biasa. Pernikahan mereka berjalan sempurna apalagi dengan kelahiran putri mereka, Raya (Alesha Fadillah Kurniawan).

Sayangnya, masalah datang tanpa diduga. Ibu Nisa tiba-tiba menitipkan putri keduanya, Rani (Davina Karamoy), untuk tinggal bersama Aris dan Nisa. Semula, Rani menjaga jarak dengan Aris. Tapi perlahan, celah hubungan terlarang terbuka di antara keduanya. Di belakang Nisa, Aris mengkhianati pernikahan dengan adik kandung istrinya sendiri.


5. Dilan 1983: Wo Ai Ni (13 Juni)

 

Dilan 1983: Wo Ai Ni merupakan prekuel dari dua film sebelumnya yakni trilogi Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea: Suara dari Dilan. Cerita diawali ketika Dilan ikut ayahnya, seorang tentara yang ditugaskan di Timor Timur selama 1,5 tahun. Pada 1983, dia kembali ke kota Bandung.

Di sekolahnya, Dilan bertemu gadis Tionghoa, Mei Lien, hingga jatuh cinta. Alhasil, Dilan mulai belajar bahasa Mandarin dan gemar baca buku yang berkaitan dengan negeri China.

Perjalananan hidup Dilan pada periode 1983 pun diwarnai serangkaian peristiwa mulai dari Penembakan Misterius (Petrus), meletusnya Gunung Galunggung, hingga Gerhana Matahari Total. Film ini akan mengajak penonton lebih mengenal diri sendiri, menemukan hal ajaib yang tersembunyi di dalam diri dan Tuhan di saat sunyi.


6. Marni: The Story of Wewe Gombel (27 Juni)

 

Mengusung tema genre horor-aksi, Marni: The Story of Wewe Gombel bercerita tentang Anisa (Amanda Rigby), serta ibunya Rahayu (Hannah Al Rashid) dan adiknya Aan (Attar Barakbah), yang pindah ke desa terpencil yang terkenal dengan urban legend lokal yang menyeramkan.

Anisa berusaha melindungi adiknya dari makhluk halus yang sering menculik anak-anak pada saat magrib. Suatu hari, Aan hilang saat magrib. Dibantu dengan seorang pemuda bernama Tama (Reza Hilman), anak dari Pak Lurah (Mathias Muchus), Anisa mencari cara untuk menemukan Aan kembali.

Setelah Aan kembali ditemukan, dia tidaklah sama seperti dulu dan menjadi lebih pendiam. Anisa sendiri pun mengalami keanehan pada dirinya yang disadari oleh sahabatnya, Poppy (Frislly Herlind). Rahayu pun menjadi khawatir dan berusaha melakukan apapun untuk melindungi kedua anaknya di tengah teror yang semakin menjadi.


7. Kutukan Calonarang (30 Juni)

Kutukan Calonarang adalah film horor yang akan mengangkat kisah urband legend mistis dari daerah hutan Alas Purwo. Film ini berkisah tentang lima sahabat yang berusaha melarikan diri dari bayang-bayang dosa masa lalu mereka, dengan harapan memulai lembaran baru di sebuah rumah pedesaan.

Namun, kehidupan baru yang mereka impikan malah terancam oleh kekuatan mistis jahat yang mengintai, memaksa mereka untuk berhadapan dengan ketakutan yang tak terbayangkan sebelumnya.


8. Laut Tengah

Laut Tengah merupakan film adaptasi dari novel populer berjudul sama karya penulis Berliana Kimberly. Film ini berkisah tentang Haia yang mengejar cita-citanya mengenyam pendidikan kuliah S2 di Korea Selatan. Kesempatan tersebut nyaris gagal, usai beasiswanya ditutup oleh pemerintah.

Di sisi lain, Haia mendapat tawaran dari dosennya, Prof. Fatih, untuk menjadi istri kedua Bhumi, suami dari keponakannya yang bernama Aisa. Haia pun menerima tawaran tersebut dengan syarat memberikannya kesempatan untuk melanjutkan kuliahnya ke Negeri Ginseng.

Tak lama Haia kuliah di Korea Selatan, Aisa istri pertama dari suaminya meninggal dunia. Lalu, seperti apa kehidupan Haia dan Bhumi? Apakah dia akan dicintai suaminya dengan tulus? Atau memilih fokus dengan pendidikannya?

Baca juga: Film Harta Tahta Raisa Diharapkan Bisa Cetak Box Office

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Perbedaan Gaya Desain Interior Rustic vs Farmhouse

BERIKUTNYA

Festival Europe on Screen Kembali Diadakan 7-16 Juni 2024, Cek Daftar Filmnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: