iPhone. (sumber foto: Unsplash/David Grandmougin)

Selain Siri, Ini Deretan Fitur AI yang Bakal Hadir di iPhone dengan Update iOS 18

27 May 2024   |   19:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Apple bakal menghadirkan pembaruan perangkat lunak terbesar dalam sejarah iPhone ketika merilis versi terbaru sistem operasinya, iOS 18. Melalui pembaruan ini, raksasa teknologi asal Amerika itu nantinya membawa banyak fitur artificial intelligence (AI) pada ponsel pintar mereka.

Mengutip Macrumors, versi terbaru iOS 18 akan dipamerkan saat Apple Worldwide Developers Converene (WWDC) yang berlangsung 10 Juni 2024. Apple katanya menekankan pada penyediaan alat praktis untuk pengguna dengan fitur-fitur baru untuk aplikasi inti seperti Safari, Foto, dan Notes. 

Baca juga: Apple Bakal Luncurkan Fitur Eye Tracking untuk Pengguna Disabilitas Akhir 2024

Dalam buletin Power On yang dirilis Mark Gurman dari Bloomberg  beberapa waktu lalu disebutkan bahwa versi iOS 18 membuat Siri menjadi lebih pintar. Asisten kecerdasan buatan ini dapat merespons perintah suara sederhana untuk tugas yang lebih kompleks, seperti mengubah sekumpulan foto menjadi GIF dan kemudian mengirimkannya ke salah satu kontak di iPhone kamu. Versi Siri yang lebih canggih kabarnya dirancang untuk Apple Watch.

Selain Siri, salah satu perubahan terbesar mungkin muncul di Aplikasi Notes. Menurut laporan Apple Insider, Notes akan mendapatkan kemampuan untuk merekam dan menyalin audio. 

Aplikasi ini juga dapat memperoleh kemampuan untuk menghasilkan ringkasan yang didukung AI. Fitur ini dikabarkan akan mengubah aplikasi Voice Memo di iPhone serta di iPad dan MacBook.

Dengan iOS 18, aplikasi Kalender iPhone akan menyertakan integrasi dengan aplikasi Pengingat. Versi Kalender yang diperbarui ini memungkinkan pengguna menjadwalkan dan mengatur pengingat langsung dari Kalender, tanpa perlu meluncurkan aplikasi Pengingat.

Apple juga mengizinkan pengguna mengubah warna ikon aplikasi di ‌iOS 18‌ sesuai dengan keinginan pengguna. Kustomisasi layar beranda saat ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Shortcut bawaan.

Pengguna menempatkan aplikasi di mana saja di grid layar beranda. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk mengatur ikon dengan lebih bebas, mirip dengan bagaimana widget saat ini dapat ditempatkan.

Fitur lainnya, yang akan menggunakan AI dalam update sistem operasi terbaru ini antara lain perbaikan foto, transkripsi memo suara, balasan yang disarankan untuk email dan pesan. Kemudian peningkatan pencarian web Safari, pencarian lebih cepat dan lebih andal di Spotlight.

Ada pula rekap cerdas notifikasi yang terlewat dan pesan individual, halaman web, artikel berita, dokumen, catatan, dan banyak lagi. Terakhir, yakni alat pengembang untuk Xcode.

Fitur AI yang memerlukan daya pemrosesan lebih sedikit, akan berjalan sepenuhnya di perangkat. Namun, alat yang lebih menuntut akan beroperasi melalui cloud

CEO Tim Cook optimis Apple akan unggul dalam AI. “Kami memiliki beberapa hal yang sangat membuat kami gembira dan akan kami bicarakan akhir tahun ini,” sebutnya saat ditanya soal adopsi kecerdasan buatan beberapa waktu lalu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Merebak di Singapura, Kemenkes Sebut Covid-19 Varian FLiRT di Indonesia Masih Terkendali

BERIKUTNYA

Turunan Omicron, Epidemiolog Sebut Tak Ada Perbedaan Gejala yang Signifikan pada Kasus FLiRT

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: