Ilustrasi gamer. (Sumber foto: Unsplash/Ella Don)

Sambil Ngobrol, Coba 5 Gim Seru dari Aplikasi Discord

27 May 2024   |   14:04 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sejak diluncurkan pada 2015, Discord telah menjadi aplikasi kepercayaan para gamers di seluruh dunia. Berkat desain UI/UX yang menarik, serta fitur-fitur yang mengakomodasi segala kebutuhan komunikasi saat bermain dengan banyak orang.

Untuk memperkuat posisi pasar saat ini, para developer Discord selalu berinovasi agar para gamers semakin ‘betah’ menggunakan aplikasi mereka. Salah satunya adalah Discord Activities, yang dapat diakses secara gratis dengan bergabung pada sebuah voice channel sejak Maret 2023 lalu. 

Baca juga: 6 Fitur Menarik Aplikasi Discord, Clips sampai Server

Sesuai namanya, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan seperti nonton YouTube bareng, dan gambar-gambar sesuka hati dengan Activity Whiteboard. Namun, banyak pengguna yang belum pernah mencoba gim-gim yang sudah disediakan oleh Discord, padahal gratis dan mendukung fitur crossplay antar device

Ada yang terinspirasi dari gim populer lainnya, tapi ada juga yang orisinil dan menarik sekali untuk dicoba bersama teman-teman. Berikut ini 5 gim seru yang bisa Genhype akses melalui platform Discord:
 

1. Bobble League (2-8 Pemain)


Jika gim sepak bola biasanya serba cepat, Bobble League memberikan waktu untuk menata strategi. Pertandingan gim ini terdiri dari 2 tim dengan masing-masing 4 pemain, setiap giliran para pemain akan mengatur arah dan kecepatan karakternya. Untuk menyerang atau bertahan sampai 5 gol tercapai. 

Ada juga fitur Power Play yang tersedia pada setiap putaran, yang dapat diambil dan digunakan secara instan atau disimpan terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika tim lawan sudah pasti akan memasukan bola ke gawang, Genhype bisa memutar keadaan dengan menggunakan Power Play dengan tipe Sticky Goo yang bisa menjebak bola. 

Meski terlihat cukup mudah, Bobble League memerlukan strategi, keberuntungan, dan koordinasi yang baik antar pemain untuk menang. Karena strategi dapat berubah kapanpun, Genhype harus fokus memperhatikan gerakan lawan dan menebak strategi yang mereka ingin digunakan.  


2. Putt Party (1-8 Pemain)


Jika Genhype suka bermain golf, maka Putt Party dapat menjadi gim Discord yang wajib dimainkan. Untuk menang, pemain harus menyelesaikan berbagai lapangan golf dengan kesulitan yang berbeda-beda, menjamin bola golf masuk ke lubang dengan jumlah stroke paling sedikit.

Sama seperti Bobble League, terdapat banyak power up yang tersebar secara acak di semua lapangan, mereka dapat membantu Genhype atau mempersulit lawan. Misalnya powerup ghost mode yang tembus semua penghalang, dan powerup tornado untuk mengacak posisi bola lawan. Secara keseluruhan, Putt Party adalah gim yang sangat serbaguna, bisa dimainkan dengan santai atau berubah menjadi pertandingan yang sangat kompetitif tergantung para pemain. 
 

3. Chef Showdown (1-15 pemain)

 


Terinspirasi dari gim Overcooked, Chef Showdown adalah gim dimana 1-15 pemain akan menjadi pekerja restoran fast food. Tujuan utamanya adalah menyajikan berbagai hidangan secepat mungkin untuk mendapat uang sebanyak-banyaknya. Jika pelanggan kesal atau disajikan pesanan yang salah, restoran akan kehilangan 1 dari 3 ‘nyawa’ miliknya. Jika semua nyawa sudah hilang, maka gim akan berakhir untuk semua pemain.

Untuk menang di gim ini, Genhype harus menata struktur dan penugasan masing-masing pemain dengan baik. Misalnya tentukan dulu siapa yang bertanggung jawab untuk menggoreng kentang, yang memegang mesin minuman, dan mengemas pesanan. Kuncinya jangan panik dan meneriaki teman satu tim, karena gim ini membutuhkan komunikasi dan timing yang baik. 
 

4. Gartic Phone (4-16 Pemain)


Sebelumnya hanya bisa diakses melalui website, kini gim Gartic Phone dapat langsung dimainkan dalam fitur Discord Activities. Tujuan permainan ini sangat sederhana, menebak atau menggambar sesuatu dengan benar. Seorang pemain akan menerima sebuah kalimat dan mencoba menggambarnya sesuai kemauan mereka. Pemain berikutnya memberikan akan mencoba untuk mendeskripsikan gambarnya.

Jika uraiannya cocok dengan kalimat sebelumnya, keduanya akan mendapat poin. Jika penebak dan pelukis salah, maka keduanya tidak mendapat poin. Jadi untuk menang di gim ini, Genhype perlu menggambarnya dan menebak gamer seakurat mungkin sesuai deskripsi.
 

5. Death By AI (4 -10 Pemain)



Sebagai edisi terbaru dari Discord Activity, Death By AI adalah gim berbasis  prompt di mana satu pemain menentukan situasi yang mematikan, dan pemain lain harus menemukan solusi kreatif untuk menang pada setiap giliran. Pemain dengan kematian paling sedikit akan jadi pemenang.

Sesuai namanya, gim ini memiliki AI yang akan mengembangkan jawaban melalui narasinya sendiri. Lalu memutuskan pemain mana yang akan mati dan mana yang bertahan, berdasarkan jawaban yang diberikan. Meski demikian, itulah yang membuat gim ini sangat menyenangkan dan inovatif, karena Genhype benar-benar dapat menulis skenario dan cerita apapun yang pasti ada ending konyolnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

6 Penyebab Speech Delay pada Anak, Dipengaruhi Kondisi Fisik & Mental

BERIKUTNYA

5 Tip Menata Interior untuk Bikin Rumah Makin Homey

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: