HUT ke-497 Jakarta (Sumber Foto: Pemprov DKI Jakarta)

Cek Kalender Acara HUT ke-497 Jakarta, Festival Belanja Hingga Masuk Ancol Gratis

27 May 2024   |   07:53 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pada 22 Juni 2024, Kota Jakarta akan merayakan ulang tahunnya yang ke-497. Menyambut momen tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan serangkaian acara meriah yang telah dimulai sejak Mei hingga Juni 2024 mendatang.

Mengusung tema Jakarta Kota Global Berjuta Pesona, peringatan HUT ke-497 Kota Jakarta menandakan peralihan status ibu kota negara menuju arah pembangunan baru menjadi kota global. Jakarta tetap merealisasikan harapan warganya dan senantiasa merawat keindahan budayanya. 

Baca juga: Cek Harga Tiket D'Festa Jakarta di Mall Taman Anggrek, Festival K-Pop dari Dispatch

Selama hampir 500 tahun, Jakarta telah melewati berbagai perubahan. Ketangguhan warganya membuat Jakarta terus berkembang menjadi kota megapolitan yang progresif. Tahun ini, Jakarta juga akan menghadapi perubahan perannya sebagai ibu kota yang akan mengarah ke kiblat baru, yakni kota global.

Melepaskan status sebagai ibu kota negara, tidak membuat Jakarta kehilangan pesonanya. Kota ini tetap menjadi pusat berbagai aktivitas positif dan menjadi rumah bagi jutaan mimpi warganya. Kini, Jakarta bertransformasi menjadi kota global dengan keunikan dan keragaman budayanya.

Mengutip dari laman Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, berikut rangkaian acara meriah untuk menyambut peringatan HUT ke-497 Kota Jakarta.

 


 
13 Mei - Lomba Fotografi Color of Jakarta 2024
Lomba fotografi kali ini mengambil tema ‘Sejuta Pesona Jakarta’, yang merupakan elaborasi dari tema HUT ke-497 Kota Jakarta ‘Jakarta Kota Global Berjuta Pesona’. Pendaftaran dibuka pada 13 Mei dan pengumuman pemenang pada 27 Juni 2024.

19 Mei - Pencanangan HUT Ke-497 Kota Jakarta
Pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta, sebagai penanda dimulainya rangkaian acara peringatan hari ulang tahun kota ini. Momentum ini juga sebagai Pencanangan terakhir HUT Jakarta sebagai Ibukota Negara Indonesia.

24-26 Mei - Jakarta International Java Jazz Ke-19
Festival musik jazz terbesar yang diselenggarakan setiap tahun sejak Maret 2005 di Jakarta. Tahun ini menampilkan 41 musisi dari lokal sampai internasional.

25 Mei - Gowes 
Kegiatan bersepeda dengan mengusung tema, Membangun SDM unggul di Jakarta melalui Sinergi, Elaborasi dan GO Internasional

26 Mei - Jakarta Sky Fun Run
PT Transjakarta menggelar kegiatan lari bertajuk Jakarta Sky Fun Run 2024 dengan jarak tempuh 3K dan 5K. Peserta akan merasakan keseruan lari di atas langit Kota Jakarta. Berlokasi di atas koridor 13 TransJakarta

1 Juni - Semasa Piknik
Semasa Piknik akan hadir di Taman Lapangan Banteng. Akan ada lebih dari 120 tenant mulai dari merchandise seni, fashion, makanan dan minuman, aksesoris dan masih banyak lagi. 

1- 21 Juni - Gratis Masuk Ancol 
Pengunjung diperbolehkan masuk Ancol tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Waktu masuknya mulai pukul 17.00 - sampai tutup.

1- 30 Juni - Khitanan Massal
PAM Jaya menyelenggarakan khitanan massal yang diadakan di 3 kelurahan wilayah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan memberikan layanan khitanan secara gratis kepada anak-anak.

5-10 Juni Jakarta Great Sale
Lebih dari 80 merek fashion lokal dan internasional akan memberikan program diskon serentak hingga 70 persen. Ajang belanja Jakarta Great Sale akan berlangsung mulai 5-10 Juni 2024. 

7-9 Jakarta Kreatif Festival (Jakretifest)
Berburu produk UMKM favorit sambil menonton talkshow edukatif dan fashion show berbagai wastra cantik hasil karya desainer lokal. Tak ketinggalan, dimeriahkan juga oleh penampilan bintang-bintang top tanah air. Lokasinya di Mall Kota Kasablanka.

12-14 Juni - Jakarta Fair
Jakarta Fair  tahun ini digelar pada 12 Juni - 14 Juli 2024 di Arena JIEXPO Kemayoran. Acara bazaar terbesar di mana pengunjung bisa berbelanja, wisata kuliner, dan menikmati konser musik.

13 Juni - Lomba Menari Adat 
Perlombaan seni tari tradisional Indonesia, termasuk tari Betawi yang digelar di Novotel Cikini

15 Juni - Pameran Jakarta Tangguh 
Pameran Jakarta Tangguh 2024 akan diadakan untuk memberi edukasi kepada masyarakat DKI Jakarta tentang kebencanaan. Lokasinya di Seasons City Mall

22 Juni - Malam Jaya Raya
Akan ada panggung hiburan yang dimeriahkan oleh penyanyi kenamaan Indonesia, video maping, drone show, kembang api, dan peragaan busana dari jajaran pemerintah provinsi kota Jakarta. Lokasinya di Monas.

22 Juni - Jakarta International Kite Festival 
Pengunjung bisa melihat berbagai bentuk unik layang-layang, bahkan yang berukuran super besar. Festival ini berlokasi di Lagoon Ancol

22 Juni - Konser Persembahan HUT Ke-497 Kota Jakarta
Konser musik yang dimeriahkan musisi-musisi kenamaan tanah air, seperti Dewa, Virzha, dan Andra And The BackBone. Lokasinya di Carnaval Ancol

22-23 Juni - Jakarta Light Festival 
Festival meriah yang menampilkan sorot cahaya lampu yang cantik dan menarik. Lokasinya di taman Fatahillah Kota Tua

22-23 Juni - Gebyar Seni Budaya Betawi 
Gebyar Seni Budaya Betawi dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dalam rangka peringatan HUT Ke-497 Jakarta. Lokasinya di Perkampungan Budaya Betawi

23 Juni - Jakarta International Marathon (JAKIM)
Jakarta International Marathon menjadi momentum paling tepat bagi para penggemar olahraga lari untuk menikmati keindahan Jakarta dengan tetap sehat dan bugar. Lokasi start di silang Monas. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sandhy Sondoro & Nyala yang Tak Pernah Padam dari Panggung BNI Java Jazz Festival 2024

BERIKUTNYA

Keseruan Spartan Race 2024, Lari Cepat Melewati 20 Rintangan Menantang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: