Sepatu MSCHF Gobstompers (Sumber: MSCHF)

4 Sepatu Terunik Keluaran MSCHF

25 May 2024   |   08:46 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

MSCHF adalah sebuah kolektif seniman asal Brooklyn, Amerika Serikat yang seringkali menarik perhatian berkat karya-karya yang menentang norma desain konvensional. Mereka kerap kali menjual berbagai karya seni, mulai dari game yang tidak jelas, kunci yang membuka sekotak kunci lainnya, dan parfum yang berbau minyak industrial.

Namun, produk yang paling banyak diminati oleh para pembeli adalah koleksi sepatu dengan jumlah terbatas dengan desain aneh dan terkadang menarik kontroversi. Meski demikian, sepatu-sepatu tersebut terjual dengan sangat cepat, sehingga beberapa orang bahkan akan membayar biaya lebih kepada reseller dengan harga berkali-kali lipat. 

Baca juga: 4 Sepatu Terunik Keluaran MSCHF

Jelas bahwa MSCHF adalah pemain terkemuka baik dalam budaya sneakers maupun seni modern. Itu sebabnya banyak orang mengeluarkan uang untuk koleksi mereka yang terkadang tidak memiliki fungsi yang jelas, tapi untuk mengikuti tren saja.

Untuk mendapat wawasan tentang merek aneh ini, mari berkenalan dengan 4 sepatu terunik keluaran MSCHF:
 

1. Big Red Boot

 

Aktor Giancarlo Espasita menggunakan sepatu MSCHF Big Red Boots (Sumber: x.com/JustFreshKicks)

Aktor Giancarlo Espasita menggunakan sepatu MSCHF Big Red Boots (Sumber: x.com/JustFreshKicks)

Terinspirasi oleh karakter animasi asal Jepang, Astroboy, MSCHF merilis sepatu bot berukuran raksasa dengan nama Big Red Boot pada Februari 2023 lalu. Salah satu desainer yang terlibat dalam perancangan sepatu ini adalah pendiri MSCHF sendiri, Gabriel Whaley.

Sepatu bot ini memiliki eksterior elastis namun kokoh karena terbuat dari karet TPU, dan dilengkapi dengan interior busa EVA (Ethylene-vinyl acetate)untuk kenyamanan. Pada bagian solnya, terdapat logo MSCHF berukuran besar. Ukuran dari sepatu ini disesuaikan dengan lubang betis yang berada di bagian atasnya, yaitu memiliki ukuran diameter 368-425mm.

Meski dijual dengan harga US$350 pada aplikasi resmi MSCHF, sepatu Big Red Boot mengalami peningkatan harga yang signifikan dan bahkan ada yang dijual seharga US$1.438 di StockX. Peningkatan harga ini terjadi berkat hype dihasilkan oleh banyak selebriti terkenal seperti Giancarlo Esposito yang memakainya.

 

2. Gobstomper



Gobstomper adalah sepatu yang mendorong pembelinya untuk menghancurkannya, baik dengan sengaja atau tidak. Namun kenapa harus dihancurkan? Hal tersebut dikarenakan ada banyak lapisan di bawahnya dengan warna yang berbeda-beda.

Sepatu ini terinspirasi dari permen dengan nama yang hampir mirip, yaitu Gobstopper atau kerap disebut sebagai jawbreakers. Layaknya permen Gobstopper, semakin banyaknya digigit, permen keras ini akan menampilkan berbagai lapisan warna. Terdapat beberapa variasi dari sepatu ini, namun yang paling dicari-cari adalah edisi yang berkolaborasi dengan pembawa acara Late Night Show, Jimmy Fallon. 

Sepatu Gobstomper biasa dibanderol dengan harga US$150, namun untuk edisi Jimmy Fallon harganya akan bervariatif dan bisa mencapai angka US$507. Ada juga edisi yang berkolaborasi bersama Dremel, produsen alat listrik asal Jerman yang juga menyertakan alat mereka ke dalam paket penjualan. Harga dari sepatu Gobstomper x Dremel dapat mencapai US$445 di StockX. 
 

3. Satan Shoes


Pada 2021, Rapper asal Amerika Lil Nas X berkolaborasi bersama MSCHF untuk merancang sebuah sepatu custom bertajuk Satan Shoes sebagai bagian dari noise marketing. Lil Nas X yang memiliki reputasi cukup buruk, memang sengaja ingin menciptakan sepatu ini agar menarik perhatian.

Sepatunya sendiri merupakan seri terbatas sepatu custom Nike Air Max 97 yang diberi warna hitam pekat dengan aksen merah. Sepatu ini memiliki detil pentagram perunggu di talinya, salib terbalik, dan referensi ke bagian Alkitab Lukas 10:18. Namun yang paling mengejutkan adalah tetesan darah manusia (disumbangkan oleh enam anggota tim desain MSCHF),  yang dicampur dengan tinta berwarna merah pada bagian midsole

Namun kolaborasi ini tidak melibatkan Nike, yang kemudian menimbulkan amarah dan mengarah pada pengajuan tuntutan hukum terhadap MSCHF. Melansir dari NBC News, MSCHF menyetujui penarikan sukarela atas sepatu tersebut, untuk mengakhiri gugatan pada April 2021. 

Berkat kontroversi dan keterbatasan stok, sepatu MSCHF Satan Shoes sempat habis terjual dengan harga US$1.048, meski pada akhirnya harus ditarik ulang. 
 

4. Wavy Baby


Sama seperti Satan Shoes, sepatu keluaran MSCHF bertajuk Wavy Baby juga sempat mendapat kontroversi dan gugatan hukum. Karena desain yang sangat mirip dengan sepatu ikonik, Vans OLD SKOOL. Sepatu ini sendiri dirancang dalam kolaborasi bersama Rapper terkenal, Tyga.

Sepatu ini memiliki logo tumit berwarna merah dan putih di bagian belakang khas Vans, dan sengaja dibuat agar desain OLD SKOOL direntangkan hingga menciptakan desain bergelombang. Melansir dari Reuters, Vans akhirnya memenangkan banding pengadilan atas kasus ini, sehingga MSCHF dilarang untuk menjual sepatu Wavy Baby lagi.

Meskipun demikian, sepatu Wavy Baby sempat dijual dengan harga retail sebesar US$220 pada aplikasi resmi MSCHF. Kemungkinan harganya akan melambung berkat kontroversi dan desain yang unik.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hari Pertama, Maliq & D'Essentials Gebrak Panggung BNI Java Jazz Festival 2024

BERIKUTNYA

Siap Sapa Boice Indonesia, CNBlue Kasih Pesan Penting untuk Fans

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: