Perkebunan Teh Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Arief Hermawan P)

Cek Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Puncak, Berlaku Ganjil-Genap

24 May 2024   |   12:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kawasan Puncak, Bogor, menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh para pelancong setiap masa libur – tidak terkecuali libur panjang akhir pekan ini. Kalian yang hendak menuju daerah tersebut perlu memperhatikan rekayasa lalu lintas berupa ganjil-genap yang diberlakukan pihak berwenang.

Dikutip dari unggahan media sosial Instagram Traffic Management Centre Polres Bogor, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas ganjil-genap di kawasan wisata Puncak.

Baca juga: 20 Kereta Api Tambahan Dikerahkan Periode Libur Panjang Waisak 2024, Cek Rutenya

Rekayasa lalu lintas ganjil-genap itu berlaku 22-26 Mei  2024. Dalam aturan itu, kendaraan dengan plat bernomor polisi tidak sesuai dengan tanggal pemberlakuan ganjil-genap akan diminta oleh pihak berwenang untuk memutar balik.

Untuk diketahui, ganjil-genap di kawasan Puncak, Bogor, menjadi salah satu kebijakan rekayasa lalu lintas yang kerap dilakukan oleh pihak kepolisian – terutama pada masa libur. Langkah ini merupakan bentuk untuk mengatasi kemacetan yang mungkin terjadi.

Sistem ganjil genap ini diberlakukan sesuai dengan Permenhub Nomor 84 Tahun 202. Apabila memang terjadi peningkatan volume kendaraan, polisi akan memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa one way.

Dalam pantauan terakhir, Jumat (24/5), arus lalu lintas di jalur Puncak mulai dari Simpang Gadog terpantau ramai lancar pada hari libur cuti bersama. Kendaraan didominasi roda empat yang datang dari arah Jakarta. Kondisinya terpantau jauh lebih lengang dari Rabu (22/5) malam hingga Kamis (23/5). Adapun, volume kendaraan diperkirakan akan terus meningkat.

Adapun, untuk Genhype yang baru akan menuju ke Puncak perlu mengantisipasi lokasi rawan kemacetan di sejumlah titik di sepanjang jalur Puncak mulai dari Simpang Gadog, Simpang Mega Mendung, Pasar Cisarua, hingga Masjid Atta'awun.

Kawasan Puncak selalu jadi destinasi wisata favorit sebagian besar warga Jabodetabek ketika libur panjang tiba. Lokasinya yang tidak begitu jauh dan memiliki ragam destinasi wisata serta penginapan menjadikan kawasan ini selalu ramai didatangi wisatawan.

Salah satu destinasi wisata di kawasan Puncak yang dapat menjadi tujuan liburan adalah Cimory Dairyland Puncak. Spot wisata yang dibuka pada 2021 itu memiliki konsep leisure park dengan beberapa kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Kalian juga bisa berinteraksi dengan hewan, seperti memberi makan unta punuk dua atau memerah susu sapi di wahana Cow Milking.

Kalian juga bisa mengunjungi kebun teh yang terhampar di sepanjang jalur Puncak, khususnya Perkebunan Teh Gunung Mas. Belum lama ini, pengelola Gunung Mas membuka sejumlah wahana seru untuk dinikmati bersama keluarga di hari libur.

Jangan lupa untuk beristirahat di sejumlah hotel, kabin, maupun glamping kekinian untuk rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Selamat berlibur, Genhype!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tetap Tenang, Ikuti Langkah Ini Saat Pesawat Mengalami Turbulensi

BERIKUTNYA

Persiapan Marcell Siahaan Tampil di BNI Java Jazz Festival 2024, Bakal Sajikan Konsep Tak Biasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: