Kondisi one way di ruas tol Cikopo-Palimanan KM 154, Kamis (20/4/2023). (Sumber foto: Hypeabis.id/Rachman)

Cek Jadwal One Way, Contra Flow, dan Ganjil-Genap Arus Balik Lebaran 24-25 April

24 April 2023   |   08:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Arus balik libur Lebaran 2023 dimulai hari ini, Senin, (24/4/2023). Buat para pemudik yang berencana kembali ke Jakarta dan kota besar lainnya, Kepolisian telah merencanakan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di beberapa ruas jalan tol. Biar tidak terjebak macet, disimak dulu yuk, Genhype

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan hari ini, pihaknya akan melanjutkan rekayasa one way dari Kalikangkung KM 414 sampai gerbang tol Cikampek Utama. Contra flow atau sistem arus berlawanan juga kembali diberlakukan dari KM 70 sampai KM 47 menggunakan 3 lajur.

Kendati demikian, apabila kondisi bangkitan kendaraan pemudik dari arah Timur menuju Barat meningkat, rekayasa lalu lintas contra flow akan dilanjutkan sampai KM 36.

Baca juga: Cek Daftar 12 Ruas Jalan Tol dengan Diskon Tarif untuk Arus Balik Lebaran

"Kemudian dilanjutkan sampai KM 21, dengan catatan KM 70 sampai KM 66 dua lajur, kemudian sampai KM 48 tiga lajur, contra flow KM 48 - KM 36 dua lajur, dan apabila saat padat, dilanjutkan KM 36 sampai KM 21 tol Cikampek," jelas Firman dikutip Hypeabis.id, Senin (24/4/2023).

Ada juga jalan tol yang akan difungsionalkan pada saat arus balik mudik. Untuk masyarakat yang akan ke Bandung, Sumedang, dan sekitarnya, akan dikawal melewati Cisumdawu, dan ini sudah disiapkan hanya sampai dengan pukul 16.00 WIB.

"Pengalihan di tol Cipularang  diberlakukan melalui Japek 2 Sadang, untuk menghindari pertemuan dari Cipularang dan Cipali yang akan masuk tol Cikampek," jelas Firman.

Firman menyebut pihaknya akan mensosialisasikan penerapan ini dan mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan pada puncak arus mudik 24-25 April, agar memperhatikan tanggal keberangkatan dengan berlakunya ganjil-genap mulai KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 47 (Karawang Barat).

Ganjil-genap berlaku mulai Senin (24/4/2023), pukul 14.00 hingga pukul 24.00. Kemudian pada Selasa (25 /4/2023), pukul 08.00 hingga Rabu (26/4/2023), pukul 08.00 WIB.

Apabila volume kendaraan meningkat hingga masuk Jakarta, perpanjangan rekayasa lalu lintas contra flow dimungkinkan sampai tol Dalam Kota.

Selain kebijakan rekayasa lalu lintas di Jalan Tol, pihak kepolisian juga mengantisipasi situasi arus mudik di jalur arteri. Dengan antisipasi yang optimal, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menilai ini akan meminimalisir terjadinya kemacetan yang terjadi. 

Baca juga: Cek Buka Tutup Contraflow Cikampek & Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2023

"Hal-hal yang menghambat di jalur arteri juga kita maksimalkan untuk kita lakukan pembersihan dan juga bagaimana di titik-titik potensi rawan macet dan rawan kecelakaan,” tuturnya.

Untuk mengawal arus balik libur Lebaran 2023 ini, Sigit menyebut telah diturunkan personel Polri dan juga gabungan dalam jumlah besar. “Sehingga kemudian baik yang di tol maupun yang di arteri semuanya bisa berjalan," imbuhnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Cek Daftar 12 Ruas Jalan Tol dengan Diskon Tarif untuk Arus Balik Lebaran

BERIKUTNYA

Resep Nasi Goreng Rendang, Manfaatkan Menu Sisa Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: