Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

Begini Kepastian Witan Sulaeman di Lineup Timnas Indonesia

20 May 2024   |   06:22 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hilangnya nama Witan Sulaeman dalam daftar pemain yang dipanggil Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi pertanyaan. Wajar saja, karena Witan memang menjadi salah satu pemain yang kerap dipanggil untuk membela skuad Garuda.

Namun, dalam daftar 22 pemain terbaru yang dipanggil pelatih Shin Tae Yong untuk laga tersebut, nama Witan memang tidak masuk daftar skuad saat ini. Rupanya, ada alasan tersendiri mengapa akhirnya pemain yang berposisi sebagai gelandang itu tak dipanggil.

Baca juga: 5 Film Tentang Perjuangan Putra Bangsa Membela Timnas Indonesia

Witan diketahui tidak akan ikut membela skuad Garuda di dua laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia karena akan menjalankan ibadah haji. Menurut Kepala Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji, pada bulan ini, Witan sedang disibukkan dengan persiapan ibadah dan akan segera berangkat ke Tanah Suci.

Di sisi lain, jika menilik pada aturan pertandingan, Witan memang sudah semestinya absen terlebih dahulu dalam laga bersama Timnas Indonesia. Sebab, pesepakbola berusia 22 tahun itu sebenarnya juga terkena akumulasi kartu kuning.

Witan mendapat kartu kuning saat Timnas Indonesia membungkam Vietnam dua kali pada Maret 2024 lalu. Hal ini membuat Witan mendapat larangan bermain. Namun, karena ini adalah akumulasi kartu kuning, maka sanksi larangan bermain sebenarnya hanya satu laga saja.

Artinya, Witan sebenarnya masih bisa bermain di laga terakhir Grup F. Namun, karena alasan ibadah haji, Witan akhirnya tidak jadi dipanggil.
 

Selain Witan, ada beberapa nama andalan lain dari Timnas Indonesia yang tidak masuk ke dalam 22 daftar pemain. Misalnya, Elkan Baggot, Marc Klok, Edo Febriansah, Wahyu Prasetyo, Rachmat Irianto, dan Hokky Caraka.

Kendati demikian, nama-nama langganan seperti Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner dan lain-lain masih tetap menghiasi skuad Garuda.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini menempati peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda mengemas tujuh poin dari empat pertandingan yang telah dijalani.

Indonesia kini tertinggal lima poin dari Irak yang berada di puncak klasemen sementara Grup F. Sementara itu, Indonesia masih berjarak 4 poin dari peringkat ketiga, yakni Vietnam yang baru mengemas 3 poin.

Baca juga: Fakta Menarik Pertandingan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23

Dengan klasemen seperti ini, Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke fase berikutnya. Satu kemenangan akan membuat poin skuad Garuda tak lagi mungkin terkejar oleh Vietnam.

Namun, jika pun tak meraih kemenangan, Indonesia minimal dituntut bermain imbang dan tak mengalami kekalahan di dua laga terakhir. Sebab, jika pun Vietnam meraih dua kemenangan di dua laga, poin mereka masih sama dengan Indonesia dan akan kalah secara head to head.

Indonesia memiliki dua pertandingan sisa di Grup F yaitu melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni. Kedua laga tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jurgen Klopp Pidato Ucapan Perpisahan yang Menyentuh pada Liverpool

BERIKUTNYA

Menilik Rekam Jejak Pelatih Jurgen Klopp bersama Liverpool dan Prediksi Tim Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: