Gelandang Timnas Indonesia U-22 Marselino Ferdinan (Sumber gambar: PSSI)

Masih Jetlag, Marselino Ferdinan Tetap Enjoy Latihan Bareng Timnas Indonesia U-22

27 April 2023   |   19:42 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Gelandang Timnas Indonesia U-22 Marselino Ferdinan mengaku masih jetlag akibat perjalanan panjang dari Belgia ke Jakarta, kemudian berlanjut ke Kamboja. Meski masih membutuhkan waktu penyesuaian, dirinya ingin menampilkan peforma yang terbaik bersama rekan-rekan setimnya dalam ajang SEA Games 2023.

Marselino Ferdinan sekarang ini sedang bermain di untuk KMSK Deinze, klub dari Divisi 2 Liga Belgia. Oleh karena itu, saat dirinya dipanggil untuk berseragam Timnas lagi, dia harus menempuh perjalanan yang cukup menguras tenaganya.

Namun, dirinya mengaku sangat menikmati momen-momen kembali membela Timnas Indonesia. Sejauh ini, belum ada kendala berarti yang dirasakan olehnya. Kondisi badannya bisa dibilang 100 persen sudah dalam kondisi fit.

Meski masih mengalami jetlag, hal itu bukan halangan yang berarti bagi Marselino. Dia bisa mengimbangi porsi latihan bersama rekan-rekan setim lainnya.

“Hari pertama latihan yang pasti rasanya masih agak berat karena saya melewati perjalanan yang jauh. Akan tetapi, saya merasa senang dan enjoy bisa kembali ke Timnas,” ungkap Marselino, dikutip Hypeabis.id dari laman resmi PSSI, Kamis (27/4)

Menurut Marselino, saat ini dirinya dan rekan-rekan setimnya sedang dalam proses adaptasi terhadap cuaca di Kamboja. Sebab, negara yang dijuluki Land of the Khmer itu sedang dilanda cuaca panas yang cukup menyengat.

Kendati demikian, menurut Marselino, adaptasi terhadap cuaca yang cukup panas sebenarnya bukan hal yang sulit. Sebab, cuaca di Indonesia sebenarnya juga masih terbilang mirip dengan di Kamboja.

Dirinya bahkan lebih memilih adaptasi ke cuaca panas dibanding adaptasi ke cuaca dingin. Sebab, kondisinya bisa lebih sulit jika bermain di cuaca yang relatif lebih dingin dari Indonesia.
 

Fokus Lawan Filipina

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)



Setelah tiba di Kamboja pada Selasa (25/4), Timnas Indonesia hanya diberi waktu istirahat selama satu hari. Pada Rabu (26/4) sore waktu setempat, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan langsung menggelar latihan lapangan perdana di negara tersebut.

Latihan yang berlangsung sekitar dua jam itu dilakukan di The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh. Menurut Pelatih Indra Sjafri, latihan tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Dia juga bersyukur karena mendapatkan fasilitas lapangan yang memadai.

Baca juga: Disambut Cuaca Panas, Begini Persiapan Timnas Indonesia U-22 Jelang SEA Games 2023 di Kamboja

Pada sesi latihan pertama tersebut, Indra melihat pemain sudah dalam kondisi cukup baik. Para pemain yang baru bergabung di akhir pemusatan latihan, seperti Marselino juga dalam keadaan sehat dan bisa melalui proses adaptasi.

“Terkait cuaca Kamboja yang lagi panas dan kemarin sempat suhunya 38 derajat, kami terus melakukan proses adaptasi. Kami juga sudah memulai latihan persis seperti kick off pertandingan yakni pukul 16.00," ujar Indra Sjafri, dikutip Hypeabis.id dari laman resmi PSSI (27/4).

Saat ini Timnas Indonesia sedang berfokus mencari komposisi terbaik tunuk melawan Timnas Filipina U-22 pada laga pertama Grup A cabor sepak bola SEA Games 2023. Pertandingan perdana ini sangat penting karena akan menentukan langkah Indonesia ke depan.

Sepakat dengan Indra Sjafri, Marselino mengatakan pertandingan pertama adalah laga penting untuk melihat langkah Indonesia selanjutnya. Terlebih, laga pertama melawan Filipina bukanlah hal yang mudah. Filipina bukan tim yang bisa dianggap remeh walau sebagian besar dari mereka diisi oleh wajah baru.

Seperti diketahui, pada SEA Games 2023, Timnas Indonesia tergabung ke dalam Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste. Perjuangan Garuda Nuisantara dalam merebut medali emas SEA Games 2023 akan dimulai pada Sabtu (29/4) dengan menghadapi Filipina di Stadion Nasional, Phnom Penh. Setelah itu, secara berturut-turut Indonesia akan melawan Myanmar (4/5), Timor Leste (7/5) dan Kamboja (10/5).

Nantinya dua tim terbaik dari Grup A dan Grup B berhak mendapatkan tiket ke babak semifinal yang berlangsung pada 13 Mei. Adapun Grup B berisikan juara bertahan Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Laos.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

(G)I-DLE Siap Tur Dunia Lewat Tajuk I am FREE-TY , Cek Lokasi & Jadwalnya

BERIKUTNYA

Berikut 5 Masker Wajah Alami dari Buah Berkasiat Bikin Kulit Putih dan Cerah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: