Golf menjadi salah satu olahraga yang diminati masyarakat (sumber gambar :courtney cook/unsplash)

Lima Jenis Olahraga Ini Makin Digemari Masyarakat Indonesia

15 September 2022   |   22:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Tahu enggak Genhype kalau ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang berada dalam kategori tidak bugar. Hal ini sejalan dengan hasil laporan Nasional Sport Development Index (SDI) 2021 Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menyebutkan, hanya 5,85% masyarakat yang dikategorikan sangat bugar.

Sementara itu, 76% masyarakat masuk kategori tidak bugar, dan 53,63% kategori sangat tidak bugar. Memang saat ini yang masuk dalam kategori bugar masih rendah. Namun  setelah 2 tahun hidup berdampingan bersama Covid-19, antusiasme dan kesadaran masyarakat dalam berolahraga kembali meningkat sejalan dengan aktivitas luar ruang yang sudah mulai kembali normal. 

Berolahraga selain untuk kesehatan juga menjadi hiburan dan gaya hidup yang lekat dengan masyarakat di daerah urban yang umumnya memiliki tingkat stres yang cukup tinggi. Menurut The Least and Most Stressful Cities Index 2021, Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang tercatat sebagai salah satu kota dengan tingkat stress yang cukup tinggi di dunia. 

Berada di urutan kesembilan dengan skor 41,8 dari skala 1-100 poin. Makin rendahnya skor berarti tingkat stres kian meningkat. Dalam momentum semangat peringatan Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 September, berikut 5 tren cabang olahraga (cabor) yang diminati masyarakat saat ini, sebagai berikut: 
 
  • Bulu Tangkis 

Bulu tangkis menjadi olahraga yang kerap digemari semua kalangan masyarakat dari beragam usia dan menjadi salah satu olahraga yang membuat nama Indonesia terpandang di mata dunia. Seperti kemenangan tim ganda putri Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang seakan menjadi momentum kembalinya kejayaan bulu tangkis Indonesia setelah vakum cukup lama. Hal ini juga turut membangkitkan semangat masyarakat untuk meramaikan kembali olah raga bulu tangkis sebagai olahraga favorit. 

Bulu tangkis adalah olahraga yang menuntut pemainnya untuk bergerak lincah, sehingga seluruh anggota gerak tubuh akan aktif selama permainan berlangsung. Terdapat beragam manfaat bulu tangkis untuk kesehatan tubuh, seperti meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan, menguatkan otot persendian pada tubuh, meningkatkan fungsi kognitif otak, mengurangi stres, dan otomatis melindungi tubuh dari berbagai penyakit. 
 
  • Tenis 

Belum lama ini atlet tenis Indonesia, Priska Madelyn Nugroho berhasil meraih delapan trofi sekaligus di Kejuaraan Tenis Dunia di Monastir, Tunisia. Tak kalah dengan para atlet, beberapa selebritas Tanah Air pun kerap terlihat aktif berolahraga tenis yang kemudian menjadi tren yang diikuti oleh masyarakat. 

Seperti bulu tangkis, berbagai manfaat bermain tenis juga bisa didapatkan seperti meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan keseimbangan dan refleks pada tubuh, membakar kalori dan lemak, dan membantu meningkatkan kesehatan tulang.
 
  • Golf 

Sejak pandemi berlangsung, golf menjadi cabang olahraga pilihan masyarakat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan imun karena dilakukan di area terbuka dan luas, sehingga seorang pemain bisa menjaga jarak aman dari pemain lainnya. 

Golf dikenal dengan olahraga yang cukup mahal dan menjadi olahraga para pebisnis dan pejabat, namun kini sudah mulai diminati oleh masyarakat yang lebih luas. Bagi pemula yang ingin mencoba olahraga golf jadi pilihan olahraga di saat weekend, dapat mencoba berlatih di driving range atau tempat latihan memukul dimana pemula bisa melatih beragam teknis dasar. 

Olahraga golf memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti, meningkatkan kesehatan tulang, membantu membakar kalori, menjaga fungsi otak tetap optimal, mengurangi stress, menjaga kesehatan mata, hingga meningkatkan kualitas tidur. 
 
  • Fitness 

Tren fitness bukanlah hal yang baru.Namun, fitness saat ini tidak melulu harus dilakukan di fitness center. Banyak aktivitas gerak yang bisa dilakukan dalam olahraga fitness yang ternyata bisa dilakukan dirumah dengan peralatan yang lebih simpel dan mudah didapatkan di ecommerce. 

Contohnya latihan kardio dengan walking pad, penggunaan sepeda statis, latihan menguatkan otot dengan dumbbell, kettlebell, dan gym ball. Fitness memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan masa otot tanpa lemak, memperbaiki postur tubuh, dan membuat berat badan lebih ideal. 
 
  • Bersepeda 

Bersepeda digemari setiap lapisan masyarakat di segala usia, meskipun makin banyak produk sepeda hadir dengan harga yang tergolong tinggi. Bersepeda juga menjadi bagian dari gaya hidup bahkan menjadi salah satu kegiatan favorit pada masa pandemi yang terus berkembang hingga saat ini dan menciptakan banyak komunitas. 

Bagi pemula yang ingin memulai bersepeda, pastikan mengenakan pelindung kepala, siku, dan juga lutut. Selain itu, tak kalah penting memakai baju warna terang atau memasang lampu sepeda agar pada saat mengendarainya di jalan dapat terlihat oleh pengendara lain, baik di siang hari atau pun malam hari. 

Berbagai manfaat bersepeda akan didapatkan seperti, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menjaga kesehatan otot dan sendi, menjaga berat badan, menurunkan tingkat stress, menurunkan risiko terjadinya diabetes dan juga kanker.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

CARAT Merapat! Ini Jadwal Penukaran Tiket Konser Be The Sun

BERIKUTNYA

Cek Spesifikasi Webcam Brio 500 & Headphone Zone Vibe 100 Dari Logitech

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: