Gemini Ultra, salah satu model AI Gemini (Sumber gambar: tangkapan layar laman deepmind.google)

Ini Keunggulan AI Gemini Dibandingkan ChatGPT

16 May 2024   |   09:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Produk chatboot kecerdasan buatan AI Gemini merupakan salah satu yang kerap digunakan oleh banyak orang pada saat ini. Produk kecerdasan buatan dari raksasa teknologi Google ini memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan ChatGPT.

Google pertama kali meluncurkan AI Gemini secara resmi dalam ajang Google I/O 2023. Pada saat itu, manajemen memperkenalkan 3 versi, yakni Ultra, Pro, dan Nano. Gemini Ultra menjadi yang paling canggih jika dibandingkan dengan versi lainnya.

Sementara itu, Gemini Pro merupakan versi yang disebut-sebut lebih serbaguna. Adapun, Gemini Nano menjadi yang paling ringan jika dibandingkan dengan dua lainnya. Seiring perkembangan waktu, Google juga melakukan sejumlah pembarun.

Baca Juga: Apple Disebut Gaet OpenAI Untuk Pasang ChatGPT di iPhone

Dua bulan setelah pengumuman versi awal, perusahaan mengeluarkan AI Gemini Pro 1.5 dan dalam ajang Google I/O 2024, AI Gemini Pro 1.5 mendapatkan pembaruan. Tidak hanya itu, manajemen juga meluncurkan Gemini Pro 1.5 Flash.

Dalam ajang Google I/O 2024, CEO Google Sundar Pichai mengungkapkan bahwa ada lebih dari 1,5 juta pengembang di dunia yang telah menggunakan AI Gemini untuk berbagai hal. Para pengembang menggunakannya untuk berbagai kegiatan, seperti men-debug kode, mendapatkan wawasan baru, dan membangun aplikasi AI generasi berikutnya.

Ya, pada saat ini, AI Gemini menjadi salah satu produk chatboot kecerdasan buatan yang ada di antara produk serupa lainnya. Ada beberapa faktor yang membuat banyak orang lebih memilih AI Gemini jika dibandingkan dengan chatboot lain, seperti ChatGPT.

Dalam percobaan yang dilakukan hypeabis.id, AI Gemini terlihat lebih unggul dalam beberapa hal. Keunggulan itu seperti lebih informatif dan kreatif

AI Gemini lebih informatif dan kreatif dalam menyajikan hasil dari pertanyaan yang diajukan jika dibandingkan dengan ChatGPT. Dalam percobaan perintah untuk menuliskan cara membuat sop daging sapi, informasi yang disampaikan lebih detail.

Tidak hanya itu, AI Gemini juga memiliki inisiatif untuk memberikan informasi tentang sop daging sapi. Kemudian, AI dari google ini juga memberikan sejumlah tip dalam membuat sop daging sapi meskipun tidak menuliskan dalam perintahnya.

Selain itu, keunggulan lain adalah AI Gemini lebih paham terhadap kode. Penjelasan AI Gemini ketika ditanya tentang kegunaan sebuah kode bahasa pemograman juga terlihat lebih detail dan lengkap jika dibandingkan dengan ChatGPT.

Ketika ditanya beberapa kode untuk mengimpor beberapa kelas yang diperlukan membuat aplikasi Android, AI Gemini menyajikan jawaban dalam bentuk poin dan setiap poinnya memiliki penjelasan per poin lagi.

Tidak hanya itu, AI Gemini juga memberikan penjelasan rangkuman pada akhir jawabannya sehingga memudahkan untuk memahaminya.

Baca Juga: Gemini AI Bakal Punya Fitur Musik Hingga Respons Real-time

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Cine-concert Samsara Karya Garin Nugroho Dapat Sambutan Meriah di Singapura

BERIKUTNYA

Jadwal & Link Streaming Gratis Thailand Open 2024, Tonton di Sini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: