Model AI dari Google, Gemini. (Sumber gambar: Google)

Gemini AI Bakal Punya Fitur Musik Hingga Respons Real-time

24 April 2024   |   07:33 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Google terus bereksperimen dengan produk artificial intelligence atau kecerdasan buatannya, Gemini. Teknologi tersebut rencananya akan ditambahkan fitur musik yang akan memudahkan pengguna mengakses layanan streaming musik favorit seperti Spotify.

Sejauh ini, Gemini belum bisa menggantikan fungsi Google Assistant, terutama dalam memberikan kemudahan mengakses layanan streaming musik. Namun, tech reviewer  PiunikaWeb mengeklaim bahwa Gemini akan mendapatkan fitur tersebut.

Mengutip TechRadar, dalam tangkapan layar yang dibagikan PiunikaWeb, aplikasi Gemini memiliki opsi “Musik”, dengan teks bertuliskan “Pilih layanan pilihan yang digunakan untuk memutar musik” di bawahnya. Ini memungkinkan pengguna untuk memilih layanan streaming apa pun yang dianggap kompatibel oleh Google. 

Baca juga: Gemini AI Bisa Digunakan di iPhone, Begini Cara Pakainya

Setelah memilih layanan streaming favorit, Gemini diharapkan akan terintegrasi dengan layanan tersebut dan memungkinkan pengguna mengontrolnya memakai perintah suara. Sementara itu, belum ada keterangan lebih lengkap mengenai fitur musik ini dan kapan akan diluncurkan, tetapi diprediksi saat ada pembaruan Gemini.

Selain streaming musik, Gemini untuk smartphone Android sedang mengalami peningkatan dengan menawarkan tanggapan real-time terhadap pertanyaan pengguna. Fitur ini sebelumnya bersifat eksklusif untuk pengguna web Gemini.

Google tampaknya merancang aplikasi Gemini menjadi chatbot AI yang lebih intuitif. Mengutip Medium, kemampuan fitur tanggapan real-time cukup mengesankan. Untuk mengakses fitur ini, pengguna harus mengaktifkannya dari menu pengaturan aplikasi. 

Setelah diaktifkan, respons dari chatbot AI Google akan dimuat lebih cepat, memberikan pengalaman pengguna yang lebih interaktif dan dinamis. Meskipun waktu respons sebenarnya dari Gemini tetap sama, fitur baru ini meningkatkan keterlibatan pengguna dengan menawarkan umpan balik dalam waktu nyata. 

Fitur ini masih dalam tahap pengujian dan diperkirakan akan meluncur ke ponsel cerdas yang memenuhi syarat dalam waktu dekat. Perkembangan ini menyelaraskan proses pembuatan teks di Gemini lebih dekat dengan ChatGPT, di mana teks ditampilkan secara bertahap. 

Selain itu, Google telah mengintegrasikan Gemini AI ke dalam aplikasi Google untuk pengguna iPhone. Kemungkinan fitur serupa diperkenalkan untuk perangkat iOS. 

Versi berikutnya dari aplikasi Gemini dikabarkan turut memperkenalkan fitur 'Gunakan lokasi dari perangkat Anda'.  Fitur ini tentu sangat menarik bagi pengguna yang sadar pentingnya privasi terhadap aplikasi Gemini AI di gawai mereka. 

Baca juga: Lebih Dekat dengan Gemini, Model AI Baru Google Pesaing Berat GPT-4 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menyibak Representasi Patung & Instalasi di Art Jakarta Gardens 2024

BERIKUTNYA

Sinopsis The Roundup: Punishment, Tayang di Bioskop Indonesia Mulai 24 April 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: