Electric Bus TransJakarta (Sumber: instagram.com/infotije)

Live Tracking TransJakarta Sudah Tersedia di Google Maps, Begini Cara Pakainya

16 May 2024   |   08:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Berita baik untuk Genhype yang sering menggunakan transportasi umum, kini estimasi waktu kedatangan dan keberangkatan TransJakarta &  Mikrotrans (angkot) sudah bisa dilacak secara real time dengan fitur live tracking pada aplikasi Google Maps. Fitur ini sudah dapat digunakan untuk perangkat Android dan IOS. 

Penambahan fitur live tracking pada aplikasi Google Maps sudah ada sejak tahun 2015, dan mulai diimplementasikan pada negara-negara Eropa. Namun, fitur ini baru saja tersedia bagi pengguna di Indonesia sejak beberapa hari yang lalu melalui update versi 6.114.1.

Sebelumnya, fitur live tracking keberangkatan dan kedatangan transportasi umum hanya tersedia pada aplikasi Moovit. Namun, dilansir dari akun X resmi milik PT Transjakarta, aplikasi Moovit sudah tidak bekerjasama lagi dengan  PT Transjakarta sejak bulan Januari 2024 lalu.
 

Hal ini tentunya menimbulkan keresahan dan juga mengurangi kenyamanan pengguna transportasi umum, khususnya bus Transjakarta. Dengan dihilangkannya fitur tersebut, pengguna transportasi umum merasa kesulitan untuk memperkirakan waktu perjalanan merekat dan tidak lupa juga, waktu menunggu bus yang tidak pasti.

Baca Juga: Makin Populer, Cek Manfaat & Kiat Aman Bersepeda untuk Transportasi Kerja

Meskipun sudah disediakan waktu estimasi kedatangan bus pada setiap halte Transjakarta, waktu update kedatangan bus kerap kali tidak akurat dan sesekali tidak muncul. Sehingga para pengguna transportasi umum bergantung pada aplikasi third party untuk melihat jadwal keberangkatan dan informasi rute. 

Fitur live tracking pada aplikasi Google Maps memungkinkan Genhype untuk bisa melihat estimasi waktu kedatangan bus dan juga posisi bus terdekat yang akan sampai di halte tempat menunggu. Namun, fitur ini masih akan diimplementasikan secara bertahap dan baru tersedia di beberapa rute tertentu saja.

Kedepannya, integrasi ini diharap dapat mempermudah para komuter untuk melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum. Terutama dalam mengalokasikan perkiraan waktu perjalanan yang sekarang sudah bisa disesuaikan dengan kedatangan bus. Serta estimasi waktu menunggu bus tersebut.

Dengan mudahnya akses terhadap informasi rute ini, diharapkan juga mampu membangkitkan motivasi bagi para pengguna kendaraan pribadi untuk mulai mencoba transportasi umum yang semakin canggih dan mudah

Berikut adalah cara menggunakan fitur live tracking transportasi umum pada aplikasi Google Maps:
 
  1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone, pastikan sudah update ke versi terbaru (6.114.1)
  2. Masukkan tujuan halte yang diinginkan ke kolom pencarian yang ada di bagian atas layar. Jika Genhype ingin bepergian ke suatu lokasi tertentu, harus melakukan pencarian halte terdekat pada lokasi tujuan terlebih dahulu.
  3. Klik nomor koridor bus yang sesuai dengan rute tujuan yang juga menunjukkan tampilan estimasi waktu tiba. 
  4. Klik halte tempat menunggu, kemudian live tracking bus akan langsung menunjukkan waktu tiba pada peta, dengan estimasi waktu bus tiba pada halte tersebut.

Baca Juga:  Ragu Keluar Kota Naik Bus? Simak 4 Alasan Kamu Harus Coba Naik Bus AKAP

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Catat, 3 Hal Ini Mesti Dikuasai Gen Z untuk Sukses di Dunia Kerja

BERIKUTNYA

Solusi Mudah Mentranskrip Naskah yang Mendatangkan Berkah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: