Google Pixel 9. (Sumber gambar: Google)

Deretan Perangkat & Fitur Terbaru dari Made by Google

14 August 2024   |   12:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Google baru saja menggelar panel Made by Google yang berlangsung di Google Mountain View, California, AS, pada Rabu (14/8/2024) dini hari WIB. Di acara panel tahunan itu, Google mengumumkan tiga perangkat pintar terbarunya, mulai dari ponsel, jam tangan, hingga earbuds. Termasuk, teknologi terkini dari fitur kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan Google.

Acara Made by Google yang berlangsung lebih cepat beberapa minggu sebelum Apple merilis iPhone 16 cs merupakan upaya Google untuk unggul dari para pesaingnya, yang juga berlomba-lomba menghadirkan fitur AI termutakhir ke dalam produk gawai pintar mereka.

Baca juga: Google Terbukti Monopoli, Jadi Babak Akhir Dominasi Mesin Pencari & Iklan Daring?

Seperti diketahui, pada Juni 2024, Apple mengumumkan bahwa perangkat termasuk iPhone versi terbarunya akan mendapatkan peningkatan yang mencakup Apple Intelligence, serangkaian fitur bertenaga AI generatif dalam aplikasi asli, dan integrasi dengan ChatGPT, chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI yang didukung Microsoft.

Di acara Made by Google, Google meluncurkan perangkat Pixel terbaru, termasuk seri ponsel Pixel 9, Pixel Buds Pro 2, dan Pixel Watch 3. Selain itu, Google juga mengumumkan teknologi fitur AI generatif terbaru mereka, mencakup pembaruan dari teknologi Gemini, serta fitur-fitur AI di luar Gemini yang ada di Android 15.

Berikut adalah perangkat dan fitur yang diumumkan dalam acara Made by Google.


1. Seri Ponsel Pixel 9

Google meluncurkan empat seri ponsel Pixel terbaru meliputi Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold yang semuanya dilengkapi dengan teknologi AI Gemini. Mengutip dari situs resmi Google, baik ponsel Pixel 9 dan Pixel 9 Pro memiliki layar Actua berukuran 6,3 inch, untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas seperti bermain gim, menonton film, ataupun video call.

Sedangkan Pixel 9 Pro XL memiliki layar Super Actua 6,8 inci yang lebih besar, dan Pixel 9 Pro Fold lipat yang memiliki ukuran layar hingga 8 inch, namun tetap mengusung desain ponsel yang ramping.

Keempat seri ponsel tersebut sama-sama dilengkapi dengan penutup Gorilla Glass Victus 2 dengan bagian belakang kaca mengilap dan rangka logam satin, sehingga diklaim memiliki daya tahan yang kuat ketika jatuh, terkena debu, ataupun tumpahan cairan. 
 

Dari segi kamera, Pixel 9 dilengkapi kamera depan 10,5 megapiksel (MP)    , dan dua kamera belakang 50 MP wide dan 48 MP ultrawide. Sementara Pixel 9 Pro dan Pixel 9 Pro XL dilengkapi dengan kamera depan 42 MP, dan tiga kamera belakang (50 MP wide, 48 MP ultrawide, dan 48 MP telephoto).

Adapun, Pixel 9 Pro Fold kamera depan 10 MP, dan konfigurasi kamera yang mirip dengan Pixel Fold tahun lalu (lebar 48 MP, ultrawide 10,5 MP, dan telefoto 10,8 MP).

Keempat model tersebut ditenagai chip Tensor G4 buatan Google, memiliki daya tahan baterai lebih dari 24 jam, mendukung SOS darurat dengan peringatan krisis, dan menerima pembaruan perangkat lunak dan keamanan selama tujuh tahun. Adapun, keempat seri Pixel dibanderol seharga mulai dari Rp13,9 juta hingga Rp27 juta.


2. Pixel Buds Pro 2

Selain ponsel, Google juga meluncurkan Pixel Buds Pro 2 yang tersedia empat warna yakni Porcelain, Hazel, Wintergreen, dan Peony. Earbud ini dilengkapi driver speaker dinamis 11 mm yang dirancang khusus, chip Tesnor A1 untuk pemrosesan audio, Active Noise Cancellation dengan Silent Seal 2.0, mode transparansi, deteksi percakapan, akselerometer suara, dan tiga mikrofon. 
 

Earbud ini juga dilengkapi sensor sentuh kapasitif, yang dapat digunakan pengguna untuk mengetuk dan menggeser guna mengontrol musik, panggilan, dan lainnya. Adapun, Pixel Buds Pro 2 dibanderol mulai dari Rp3 juta. 


3. Pixel Watch 3

Google juga meluncurkan jam tangan pintar Pixel Watch 3, dengan teknologi yang lebih unggul dari pendahulunya Pixel Watch 2. Dari segi layar, Pixel Watch 3 memiliki ukuran lebih besar 40 persen dari sebelumya, sehingga menyediakan ruang untuk informasi sekilas lebih banyak untuk berbagai kebutuhan aktivitas. Selain itu, layarnya juga dua kali lebih terang hingga 2.000 nits, termasuk lebih responsif untuk menggulirkan info statistik.
 

Pixel Watch 3 juga diklaim menjadi jam tangan pintar yang responsif terhadap keadaan darurat, hingga disebut sebagai jam tangan pertama yang mampu mendeteksi hilangnya denyut nadi lalu meminta bantuan. Pixel Watch 3 dapat memicu panggilan ke layanan darurat penyelamat nyawa saat pemakainya terdeteksi kehilangan denyut nadi seperti serangan jantung atau pernapasan. Jam tangan pintar ini dibanderol mulai dari Rp7 juta.


4. Teknologi AI terkini

Tak hanya perangkat keras, Google juga mengumumkan fitur-fitur AI termutakhirnya, salah satunya pembaruan pada Gemini. Google kini menyediakan Gemini Live untuk pengguna Android yang berlangganan Gemini Advanced, memberi mereka akses ke kemampuan percakapan live yang lebih canggih. 

Lalu ada juga fitur Add Me, yang memungkinkan pengguna menggabungkan foto grup dengan foto individu untuk menciptakan gambar baru bersama-sama. 

Baca juga: OpenAI Umumkan SearchGPT, Apa Bedanya dengan Google Search?

Ada pula Pixel Screenshots, yang menggunakan AI untuk memproses tangkapan layar dan membantu pengguna menemukannya dengan perintah teks sederhana. Meskipun mirip dengan Recall milik Microsoft, fitur ini mengatasi kekurangan Recall dengan hanya mengambil tangkapan layar yang diambil pengguna, dan memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Selain itu, ada fitur Call Notes yang memberi pengguna ringkasan terperinci bertenaga AI tentang poin-poin utama dalam sebuah panggilan. Lalu ada Reimagine, fitur yang memungkinkan pengguna untuk menata ulang atau mengedit bagian gambar yang diinginkan dengan AI, serta Magic Editor versi terbaru yang bisa secara otomatis membingkai ulang foto, menyarankan pemotongan terbaik, dan memperluas gambar.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

3 Tren Kecantikan dari Sephora Edisi Fall/Winter, Ada Cloud Makeup sampai Glass Skin Glo-Up

BERIKUTNYA

Eksplorasi Unik Seniman Arin Sunaryo Berkarya dengan Material Resin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: