Ilustrasi eye patch. (Sumber foto: Pexels/cottonbro studio)

7 Cara Efektif Mengatasi Kantong Mata Supaya Tidak Muncul Lagi

13 May 2024   |   17:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Kantong mata atau kerap disebut eye bag dan mata panda, adalah kemunculan bengkak atau lingkaran hitam pada kulit di bawah mata setelah bangun tidur. Meski tidak berbahaya, kondisi ini dapat menjadi sebuah indikator bahwa ada beberapa masalah kesehatan yang perlu segera diatasi. Baik itu dari dalam, maupun luar tubuh. 

Menurut survei yang dilakukan oleh New York Post di Amerika, kantong mata bengkak merupakan masalah kulit yang sangat umum,  dan dialami oleh sekitar 27% orang. Menunjukan bahwa beberapa solusi dari kondisi kulit ini berkorelasi dengan pilihan gaya hidup yang serupa di antara banyak orang.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Mata Panda & Kantung Mata serta Cara Mengatasinya

Jika Genhype sering mengalami problematika ini, yuk simak 7 tips efektif membasmi kantung mata, sehingga dapat terlihat lebih cerah dan sehat di pagi hari:
 

1. Hindari merokok dan minuman beralkohol

Sebaiknya Genhype harus mulai mengurangi atau menghindari konsumsi rokok dan alkohol, karena menurut Taban MD keduanya bisa menyebabkan lingkaran hitam dan pembengkakan pada kulit di bawah mata. Selain itu, merokok dan konsumsi alkohol juga memiliki dampak lain yang dapat merusak kulit wajah dalam jangka panjang. 

Minum Alkohol berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga kulit wajah akan menjadi lebih kering.  Sedangkan merokok menargetkan kolagen dan elastin pada kulit, yang dapat menciptakan garis-garis tipis, kerutan, dan kulit kendur di bawah mata.
 

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu hal yang diperlukan bagi kesehatan seluruh tubuh. Namun kondisi kulit wajahlah yang menjadi penanda apakah seseorang sudah cukup tidur atau belum.

Melansir dari Shens Clinic, saat tidur, jaringan lemak di bawah mata mungkin terisi air yang mengakibatkan pembengkakan pada kulit diatasnya. Hal ini karena tubuh kita menghabiskan lebih banyak waktu berbaring, sehingga gravitasi menyebabkan cairan-cairan dalam tubuh untuk menggenang ke atas. 

Adapun, kekurangan tidur juga berarti pembulu darah tidak bisa melebar, dan kadar oxygen dalam darah lebih rendah, sehingga warna kulit wajah dibawah mata akan terlihat lebih gelap. Untuk itu, sebaikanya Genhype harus tidur minumal 7 jam setiap malam. 
 

3. Kelola stres

Pengendalian stres sangat berhubugan dengan kualitas tidur, ini dikarenakan saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol. Menurut Oculofacial Surgical Arts, hal ini dapat menyebabkan peradangan dan retensi cairan di banyak bagian tubuh, namun kulit di bawah mata yang akan paling terlihat, karena sangat tipis.

Stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, sehingga solusinya adalah mempelajari teknik-teknik pengendalian stres yang baik. Seperti yoga, meditasi, dan olahraga teratur.
 

4. Minum banyak air

Seperti disebutkan di poin-poin sebelumnya, dehidrasi adalah faktor tersebesar yang dapat menganggu kecerahan dan elastisitas kulit. Menurut Spa MD, meminum 2,7 – 3,7 liter air setiap hari dapat memastikan kesehatan kulit akan terjaga, sehingga mengurangi potensi munculnya kantong mata dan lingkaran gelap. 
 

5. Perbaiki pola makan

Buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi perlu diperhatikan untuk mengurangi munculnya kantong mata dan lingkaran gelap. Melansir dari Men’s Health, blueberry, sayuran hijau, tomat, dan paprika merah adalah beberapa di antaranya. Setidaknya makan lima porsi buah dan sayur setiap hari untuk memaksimalkan kesehatan kulit.
 

6. Kompres dingin

Menurut Medical News Today, kompres dingin dapat mengecilkan pembuluh darah di bawah mata sehingga mengurangi timbulnya warna gelap dan bengkak. Terdapat dua cara untuk melakukan kompres dingin pada mata.

Pertama adalah mendiamkan 2 sendok selama 30 menit di kulkas, kemudian letakkan dan tekan dengan perlahan di atas kantung mata setidaknya selama 10 menit. Kemudian Genhype juga bisa menggunakan ice pack atau handuk yang dibasahi air dingin untuk mendapatkan efek serupa.
 

7. Eye cream

Sebagai langkah tambahan, Genhype juga bisa mengoleskan eye cream yang dibuat khusus untuk mengurangi kerusakaan pada kulit dekat mata. Asam hialuronat, Vitamin C, niacinamide, licorice, asam kojic, dan retinol, adalah beberapa kandungan penting yang harus dimiliki oleh sebuah eye cream menurut Neutrogena.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Tip OOTD Anti Gerah saat Cuaca Panas

BERIKUTNYA

Sinefil Masuk, Cek Line Up Film yang Bakal Tayang di Cannes Film Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: