ilustrasi (sumber gambar : iMin Technology / pexesl)

Bantu Bisnis Waralaba F&B Tingkatkan Keuntungan, Startup Ini Dapat Kucuran Dana US$1 Juta

09 May 2024   |   14:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Sektor makanan dan minuman (food and beverage/F&B) atau kuliner memiliki peluang yang sangat besar untuk terus berkembang. Salah satu cara yang dilakukan untuk dapat meningkatkan potensi bisnis kuliner ini adalah melalui bisnis model franchise atau waralaba.

Namun, sebagai bisnis franchise maka kulitas produk di setiap outlet harus dapat terjaga dan memiliki rasa yang konsisten. Di samping itu, dengan outlet yang tersebar di berbagai lokasi maka para pelaku usaha perlu menjaga akurasi dan transparansi data di setiap outlet sehingga dapat memaksimalkan pertumbuhan bisnis mereka.

Untuk membantu proses kegiatan dan operasional para pelaku usaha franchise di sektor F&B, Daniel Winoto dan Ivana Widjaja menghadirkan Runchise pada 2022 lalu sebagai sebuah sistem terintergrasi yang hadir dalam bentuk platofm online berbagai cloud.

Baca Juga: Cek Peluang Bisnis Kemitraan dan Waralaba yang Rajin Ekspansi

Hingga kini, Runchise telah membantu ratusan brand meningkatkan dan menyederhanakan proses bisnis mereka, terutama dalam memperluas operasi bisnis restoran ke beberapa lokasi.

Co-Founder dan CEO Runchise Daniel Winoto mengatakan Runchise merupakan sebuah platform yang berpusat pada pengguna (user-centric) dengan ekosistem end-to-end. Melalui platform tersebut, para pelaku bisnis dapat memantau seluruh data dan kegiatan operasional hanya dengan satu platform saja.

“Bisnis restoran membutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi baik bagi franchisor maupun franchisee. Melaui Runchise, seluruh informasi dari gerai restoran terhubung secara transparan, akurat, dan konsisten,” jelasnya.

Saat ini, solusi Runchise mencakup operasional front-store, fungsi back-office, integrasi dengan platform pengiriman makanan online, dan keterlibatan pelanggan (customer engagement). Selain itu, dengan integrasi machine learning, Runchise mampu memberikan prediksi penjualan harian untuk setiap outlet.

Saat ini, Runchise menghadirkan solusi manajemen restoran dan franchise di seluruh Indonesia melalui tiga produk utama yakni Outlet Management yang emudahkan operasional restoran yang memiliki banyak outlet, mulai dari pengaturan dan pengadaan stok bahan baku hingga pengaturan akses yang fleksibel.

Kemudian ada POS untuk meningkatkan penjualan dengan operasional transaksi dan pelayanan yang ringkas dan cepat. Serta online ordering & integration yang membuka channel restoran untuk menerima pesanan pelanggan langsung dari aplikasi, dengan bantuan layanan pengiriman dari pihak ketiga. Mengelola berbagai layanan pesanan online di satu tempat.

“Perjalanan Runchise baru saja dimulai. Ke depannya, Runchise akan melakukan inovasi dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan performa bisnis F&B,” ungkapnya.

Meski usianya terbilang masih cukup muda, Runchise telah menunjukkan potensi bisnis yang mumpuni. Tak heran bila startup manajemen restoran dan waralaba kuliner ini kembali mendapatkan pendanaan baru sebesar US$1 juta dari investor sebelumnya, yakni East Ventures dan Genesia Ventures.

 

Penggunaan Dana

Dengan pendanaan baru ini, fokus utama perusahaan tetap pada pengembangan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan profitabilitas para restoran. Selain itu, Runchise akan memprioritaskan investasi dalam kegiatan branding dan ekspansi untuk memperluas jangkauan perusahaan ke lebih banyak kota, memberdayakan lebih banyak bisnis untuk berkembang.

Daniel meyakini bahwa pendanaan ini merupakan bentuk kepercayaan yang kuat terhadap solusi Runchise untuk memberdayakan industri makanan dan minuman. Untuk itulah pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan solusi inovatif yang disesuaikan untuk kebutuhan para pelaku industri.

Melisa Irene, Partner East Ventures mengatakan dengan peluang besar di industri F&B ditambah dengan keahlian Daniel dan timnya, dia meyakin Runchise akan terus memainkan peran penting dalam mendorong digitalisasi ekosistem F&B di Indonesia.

Takahiro Suzuki, General partner GENESIA meyakini dengan pengalaman dan kepemimpinan Daniel, Runchise siap menjadi pemimpin dari industri F&B. “Kami yakin dalam menegaskan kembali komitmen kami kepada Runchise melalui investasi lanjutan ini dan berharap dapat mendukung Daniel dan timnya di saat mereka terus menetapkan standar baru di sektor F&B,” terangnya.

Baca Juga: Peluang Bisnis Waralaba Laundry Cocok untuk Pensiunan, Modal Mulai Rp50 Jutaan

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Daftar Pemain Guinea U-23 dan Klubnya, Indonesia Patut Waspada

BERIKUTNYA

Waspadai Kejahatan Digital, Ini Tiga Hal yang Bisa Dilakukan Perempuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: