Para Penerima Apresiasi IFBC Most Expansive Business 2024 (sumber foto: Dewi Andriani)

Cek Peluang Bisnis Kemitraan dan Waralaba yang Rajin Ekspansi

26 February 2024   |   07:51 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu strategi pelaku usaha untuk memperluas bisnis atau memperbesar pangsa pasarnya adalah dengan membuka paket kemitraan atau waralaba. Sebab, melalui strategi tersebut, bisnis yang dijalankan dapat bertumbuh cepat dan signifikan tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Di sisi lain, para mitra atau calon pengusaha bisa mengembangkan bisnisnya tanpa harus memulai dari awal dengan memanfaatkan kekuatan merek yang sudah dikenal luas serta menggunakan model bisnis yang sudah terbukti menguntungkan.

Untuk itu, bisnis waralaba atau kemitraan ini bisa disebut sebagai peluang yang saling menguntungkan baik dari sisi pemegang merek atau franchisor maupun calon mitra atau franchisee

Baca juga: Intip Ragam Peluang Bisnis Franchise dan Kemitraan di IFBC 2024

Hal ini seperti disampaikan oleh Prima Alvernia, Owner MammaRoti yang mengakui bisnisnya dapat berkembang pesat sejak dirinya mulai membuka paket kemitraan pada Juni 2021 lalu. Hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun, Mamma Roti sukses membuka lebih dari 80 outlet gerai dengan target 500 gerai pada 2026.

Prima mengatakan awal mula dirinya menawarkan paket kemitraan pada Juni 2022 lalu dengan mengikuti pameran Info Franchise Business Concept (IFBC). Saat itu, paket kemitraan yang ditawarkan masih terjangkau hanya sekitar Rp75 juta dengan produk utama berupa mexican bun saja.

“Permintaan saat itu sangat besar. Hanya dalam kurun 6 bulan, mitra sudah balik modal sehingga tak sedikit diantaranya yang menambah cabang bahkan ada 1 mitra yang membuka 6 cabang,” tuturnya.

Menurutnya, sistem kemitraan ini sangat membantu bagi pelaku usaha yang modal usahanya belum terlalu besar untuk dapat berkembang secara ekspansif. Tak heran bila Mamma Roti berhasil meraih Apresiasi IFBC Most Expansive Business 2024 karena berhasil memperluas usaha atau memperbesar pasar serta berkontribusi dalam upaya pengembangan kewirausahaan bisnis di Indonesia.

Dirinya optimistis pada 2024 ini perkembangan usaha akan signifikan, apalagi saat ini belum banyak brand yang menawarkan paket kemitraan berupa bisnis roti. Apalagi, dalam perkembangannya, Mamma Roti juga semakin inovatif menghadirkan berbagai produk tidak hanya menjual roti dengan aneka rasa tetapi juga menawarkan minuman berupa kopi, teh, hingga es krim.

Pada tahun ini, pihaknya pun kembali mengikuti pameran IFBC dengan menawarkan paket kemitraan mulai dari Rp170 juta sudah termasuk perlengkapan dan peralatan, lisensi kemitraan, produk, mesin, dan lain sebagainya dengan target balik modal kurang dari Rp1 tahun.

Franchise Momoyo
Selain Mamma Roti, brand lain yang juga mendapatkan penghargaan IFBC Most Expansive Business 2024 adalah Momoyo.
Brand asal China ini terbilang cukup ekspansif setelah membuka paket kemitraan adalah Momoyo.

Livia manager kemitraan Momoyo mengatakan, sejak menawarkan paket kemitraan pada April 2023 lalu, Momoyo berhasil membuka 529 cabang hanya dalam kurun waktu sembilan bulan di Desember 2023.

Livia mengatakan salah satu yang membuat brandnya diminati oleh para mitra adalah kemampuannya dalam memberikan support kepada para mitra dengan memiliki 30 kantor cabang di seluruh Indonesia yang bertanggung jawab membantu mitra memilih lokasi outlet, mendampingi dan melakukan pengawasan operasional harian.

“Kami tidak main-main dalam memberikan dukungan kepada para mitra, karena itulah yang menjadi slogan kami number 1 local support sehingga semua mitra benar-benar mendapatkan support dari kami,”tuturnya.

Selain itu, Momoyo juga memiliki harga yang terjangkau mulai dari Rp8.000 hingga Rp26.000 dengan pendapatan perhari rata-rata sebesar Rp5 juta, dan profit margin mencapai 65%. Mitra juga diproyeksikan dapat balik modal dalam kurun 8 hingga 12 bulan.

Livia sendiri menargetkan pada 2024 ini Momoyo akan memiliki 2.000 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Angka tersebut menurutnya sudah dipertimbangkan secara matang sebab dari perhitungan bisnis saja, pada Januari lalu sudah ada sekitar 150 mitra yang bergabung.

“Dan untuk pameran IFBC ini kami menargetkan akan ada sekitar 70 sampai 80 mitra baru yang bergabung,” ucapnya.

Selain melakukan ekspansi di dalam negeri, pihaknya juga akan melanjutkan ekspansi bisnis hingga ke luar di luar negeri mulai dari Malaysia, Thailand, Myanmar, dan Filipina.

Sementara itu, Fredy Ferdinand Marketing Public Relations Neo Expo Promosindo selaku pihak penyelenggara IFBC mengatakan penghargaan IFBC Most Expansive Business tersebut diberikan kepada para pelaku usaha yang pertumbuhan bisnisnya terbilang cukup signifikan pada 2023 lalu.

“Penghargaan ini untuk ekosistem yang ada di IFBC didapatkan berdasarkan survey pada 2023 lalu, diberikan kepada mereka yang gerainya baru buka atau baru masuk ke Indonesia tetapi sudah ekspansif,” tuturnya. 

Baca juga: Persyaratan & Cara Daftar Franchise Shopee Express

Meskipun ada beberapa pelaku usaha seperti Mamma Roti atau Erafone yang outletnya mungkin belum mencapai 100 tetapi jumlah calon mitra yang siap bergabung sudah cukup banyak.
??????
Penerima Apresiasi IFBC Most Expansive Business 2024:
• We Drink (PT Runxiang International Indonesia)
• Erafone (PT Erafone Artha Retailindo)
• Miniso (PT Lifestyle Trading Indonesia)
• Momoyo (PT Junyi Jaya Indonesia)
• Mamma Roti (PT Prima Artha Wiyasa)

Sumber : IFBC 2024 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Jadwal dan Lokasi Car Free Day Jabodetabek 25 Februari 2024

BERIKUTNYA

3 Anime Seru Tayang Maret 2024: Ada Doraemon dan Paripi Koumei

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: