Serial Senna. (Sumber gambar: Netflix)

Sinopsis Serial Biopik Senna di Netflix, Angkat Kisah Pembalap Legendaris Ayrton Senna

04 May 2024   |   12:40 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Netflix kembali merilis serial anyar bertajuk Senna. Seperti judulnya, serial yang disutradarai oleh Vicente Amorim dan Julia Rezende ini merupakan biopik dari pebalap kenamaan asal Brasil, Ayrton Senna. Serial ini akan mengajak penonton menyelami perjalanan hidup sang pembalap baik dalam dunia kariernya maupun kisah personalnya.
 
Hadir sebanyak enam episode, serial Senna akan mengangkat kisah tentang pembalap Formula 1 Brasil terhebat sepanjang masa, Ayrton Senna, yang meninggal dalam kecelakaan balap 30 tahun silam. Serial ini dibuat Netflix untuk menghormati prestasi dan warisan sang pembalap.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Back to Black, Film Biopik Musisi Amy Winehouse
 
Mengutip dari laman resmi Netflix, serial Senna akan menampilkan kisah perjalanan kemenangan, kekecewaan, suka dan duka dari Ayrton Senna, serta mengungkap kepribadian dan cerita kehidupan pribadinya.
 
Kisah serial ini akan dimulai dengan cerita perjalanan karier balap Senna yang berhasil menyabet juara Formula 1 sebanyak tiga kali, lalu saat dia pindah ke Inggris untuk berkompetisi di Formula Ford, dan berlanjut dengan kecelakaan fatal di Imola, Italia, saat Grand Prix San Marino.
 
Serial Senna digarap oleh Vicente Amorim dan Julia Rezende. Vicente Amorim sebelumnya juga telah menyutradarai film fitur seperti Yakuza PrincessDirty Hearts, dan Good. Begitupun Julia Rezende yang tercatat sebagai salah satu sutradara yang pernah menyutradarai serial Netflix berjudul Girls from Ipanema.
 

Serial Senna. (Sumber gambar: Netflix)

Serial Senna. (Sumber gambar: Netflix)

Amorim mengatakan serial Senna dibuat untuk menghormati Ayrton Senna yang merupakan idolanya di dalam dunia balap. "Saya punya banyak idola di olahraga ini, tapi hanya satu pahlawan, Senna. Saya menyaksikan balapannya, saya mendukungnya, saya terinspirasi olehnya dan saya menangis pada hari kematiannya," katanya dikutip dari laman resmi Netflix.
 
Meski mengangkat kisah pembalap serta digarap oleh para filmmaker asal Brazil, Amorim menuturkan serial ini penting juga untuk dinikmati oleh pemirsa global Netflix. Kisah serial ini, kata dia, bakal menggugah para pemirsa baik di Brasil maupun pemirsa di seluruh dunia khususnya yang memiliki kecintaan pada dunia balap.
 
"Senna adalah pahlawan internasional dan melalui Netflix serial tentang dirinya akan memiliki jangkauan global," katanya.

Sang sutradara juga memastikan serial Senna akan membuat pemirsa larut dalam rangkaian cerita penuh aksi dan emosi dengan banyaknya adegan balap mobil di sirkuit. Di setiap kisah balap mobil yang dilakoni sang legenda, akan terkuak perjuangan, kejeniusan, tantangan, sekaligus karakter dan kehidupan personal sosok Ayrton Senna. 
 

Para pemain serial Senna. (Sumber gambar: Netflix)

Para pemain serial Senna. (Sumber gambar: Netflix)

Ayrton Senna dianggap sebagai pembalap tercepat sepanjang masa. Pembalap kelahiran 21 Maret 1960 itu tercatat memenangkan tiga gelar juara dunia F1, 41 kemenangan di berbagai kompetisi, 65 pole position, dan 80 podium yang diraihnya antara tahun 1984 sampai 1994.
 
Sayangnya, pada 1 Mei 1994, saat melakoni ajang Grand Prix San Marino, Senna mengalami kecelakaan tragis dan tewas. Pada lap ke-7 balapan, mobil Senna keluar dari jalur balap di Tamburello dengan kecepatan 196 mil per jam (309 km/jam), dan menabrak dinding penghalang beton.
 
Kecelakaan itu mengakibatkan beberapa luka parah di kepala Senna. Meski sempat ditempatkan pada alat medis yang menyokong detak jantungnya, sang pembalap tidak tertolong.
 
Dalam nasib yang tragis, kemudian terungkap bahwa Senna berencana mengibarkan bendera Austria yang disembunyikannya di kokpit mobil untuk menghormati kematian sesama pembalap yakni Roland Ratzenberger, yang meninggal di kualifikasi sehari sebelumnya.
 
Pemerintah Brasil lalu mengumumkan tiga hari berkabung nasional ketika jenazah Senna diterbangkan kembali ke negara asalnya untuk upacara pemakaman secara kenegaraan. Di jalanan kampung halamannya di Sau Paulo, lebih dari tiga juta orang berbaris di jalan untuk memberikan penghormatan kepada pahlawan mereka.
 
Adapun, serial Senna dibintangi oleh Gabriel Leone sebagai Ayrton Senna, Alice Wegmann sebagai Lílian de Vasconcellos Souza, Kaya Scodelario sebagai Laura, Pâmela Tomé sebagai Xuxa Meneghel, Julia Foti sebagai Adriane Galisteu, Camila Márdila sebagai Viviane Senna, Susana Ribeiro sebagai Neyde Joana Senna, dan masih banyak lagi.
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Simak Aturan Baru Masuk Pelataran Ka’bah Masjidil Haram

BERIKUTNYA

Drama Korea Terbaru Rilis Mei 2024: Frankly Speaking sampai Connection

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: