Pameran tunggal Butet Kartaredjasa di Galeri Nasional, Jakarta. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Arief Hermawan P)

8 Agenda Seru Akhir Pekan 4-5 Mei 2024 di Jakarta

04 May 2024   |   10:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan bersama keluarga ataupun teman. Di Jakarta, hampir setiap akhir pekan selalu ada sejumlah acara baik itu konser musik, pameran seni, aneka festival, dan acara menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Bahkan, beberapa acara diantaranya bisa dinikmati secara gratis. Banyaknya acara yang digelar tentu bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin bersantai dan menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari bersama orang-orang tersayang. Berikut adalah sejumlah event yang digelar pada akhir pekan ini, 4-5 Mei  2024 di Jakarta

Baca juga: Diana Krall Bakal Hibur Penggemarnya di Jakarta dalam Konser Berkonsep Intimate


1. Anime Festival Asia Indonesia 

Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) kembali digelar setelah 5 tahun hiatus. Ajang festival budaya populer Jepang tahunan itu berlangsung selama tiga hari yakni pada 3-5 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Lebih dari 250 kreator lokal, internasonal, pencinta game dan anime serta idola-idola dari Jepang akan hadir menyapa para penggemar.

Selama gelarannya, AFA ID akan menampilkan 12 artis dan tokoh anime, manga dan game internasional, diantaranya ClariS, Sangatsu no Phantasia, dan ASCA. Ada juga talkshow menarik yang menghadirkan sejumlah penulis kenamaan salah satunya Kagurabachi Takeru Hokazono. Serta sederet cosplayer kondang seperti Byoru, Clarissa Punipun dan Thames Malerose.
 

2. Jakarta Street Jazz Festival 

Jakarta Street Jazz Festival (JSJF) untuk pertama kalinya digelar 5 Mei 2024 untuk memeriahkan akhir pekan di Jalan Falatehan Blok M Jakarta Selatan. Festival musik ini siap menyuguhkan beragam musik jazz yang terkenal akan kualitas  serta kemewahannya, sehingga bisa lebih akrab di telinga masyarakat Indonesia.

Seperti namanya, Jakarta Street Jazz Festival mengadopsi konsep musisi jazz di Amerika Serikat yang banyak menggelar penampilan di pinggir jalan atau area publik untuk menghibur masyarakat sekitar. Terdapat 50 musisi yang akan tampil di acara ini seperti Chandra Darusman, Tompi, Andien, George, Atiek CB, Eddy Syakroni, Kemala Ayu, Dwiki Darmawan & Sandhy Sandoro Project, dan Mus Mujiono.

Selain pertunjukan musik, acara ini juga akan diramaikan dengan beberapa acara seru lainnya seperti penampilan perkusi dan tari, parade motor gede, parade mobil listrik, serta bazar UMKM. Adapun, Jakarta Street Jazz Festival bisa dinikmati secara gratis.


3. Jakarta Edufest 2024

Untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional sekaligus ulang tahun ke-72, Penerbit Erlangga menggelar Jakarta EduFest 2024 yang berlangsung 4-5 Mei 2024 di MGP Space, SCBD Park, Jakarta Selatan. Acara ini menjadi wadah bertemunya pelajar dan insan pendidikan dari berbagai bidang keahlian, mulai dari sains, teknologi, hingga lingkungan hidup, untuk memotivasi para peserta didik di Indonesia dalam mengembangkan kemampuan, kreativitas dan inovasi diri.

Adapun ragam acara yang disuguhkan meliputi seminar, workshop, talkshow, peluncuruan produk, games, pameran buku, dan berbagai aktivitas terkait pendidikan. Selain itu, ada juga pertunjukan musik yang menghadirkan band Sore.


4. Saranghaeyo Indonesia

Setelah sempat tertunda, Saranghaeyo Indonesia 2024 akhirnya akan digelar. Festival musik K-Pop itu akan berlangsung pada 4 Mei 2024 di Beach City Internasional Stadium, Ancol, Jakarta. Tahun ini, Saranghaeyo Indonesia menghadirkan sejumlah bintang K-Pop kenamaan seperti Young K, Boy Story, DAY6, Chen dan Xiumin EXO, serta Xikers. Adapun, tiketnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp2,9 juta.


5. Hammersonic Festival 2024

 


Hammersonic Festival akan kembali menghibur para pecinta musik metal di Indonesia. Festival musik tahunan ini akan digelar pada 4-5 Mei 2024 di Carnaval Ancol Jakarta. Sebanyak 53 band baik dari dalam maupun luar negeri siap menggebrak panggung Hammersonic Festival 2024 yang mengusung tema The Majestic Fellowship.

Tahun ini, nama-nama yang menjadi lineup utama yakni Lamb of God hingga A Day To Remember. Selain itu, ada pula Cradle of Filth, Suicide Silence, Suffocation, SAOSIN, Yngwie Malmsteen (Swedia), Arcadia, Tool of The Trade, Bloodstone, SPEEDBALL, Remember of Today, Strangers, Straight Answer, St.Loco, dan masih banyak lagi. Adapun, tiket Hammersonic dijual seharga Rp1.053.999 untuk daily pass, dan Rp1.735.999 untuk 2 day pass.


6. Pameran Melik Nggendong Lali

Butet Kartaredjasa, yang dikenal sebagai aktor dan penggiat seni pertunjukan, kembali tampil sebagai perupa pada gelaran pameran tunggalnya bertajuk Melik Nggendong Lali. Mengajak Asmudjo J. Irianto sebagai kurator, pameran ini akan membawa pengunjung untuk menyelami spiritualitas dan realitas sosial-politik lewat karya. Pameran ini berlangsung hingga 25 Mei 2024 di Gedung A Galeri Nasional Jakarta.


7. Diana Krall Live in Jakarta 2024

Pianis Diana Krall untuk kelima kalinya akan menggelar konser musiknya di Indonesia. Dalam konser terbarunya yang bertajuk Diana Krall Live in Jakarta 2024, penyanyi jaz asal Kanada ini bakal tampil di hadapan para penggemarnya dengan konsep yang lebih intimate.

Konser Diana Krall Live in Jakarta 2024 akan digelar pada 4 Mei 2024 di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan. Berbeda dari kali terakhir kedatangannya di Indonesia dalam acara Prambanan Jazz 2018, penampilan Diana Krall dalam konser tunggalnya ini akan memberikan nuansa berbeda dengan mengusung konsep intimate classic jazz. 


8. Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024

Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) merupakan pameran khusus kendaraan listrik yang berlangsung hingga 5 Mei 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Acara ini oleh berbagai merek mobil dan motor listrik, serta perusahaan produsen pendukung otomotif listrik ternama dari dalam dan luar negeri, seperti BYD, Chery, Seres, Mobil Anak Bangsa (MAB), Neta, MG, Wuling, BMW, Prestige Image Motorcars, Kymco, iONEX, Rakata, Selis, VMOVE, Gesits, Volta, Greentech, Keeway, Astra Honda Motor (AHM), hingga ZPT.

PEVS 2024 menghadirkan berbagai acara menarik seputar dunia kendaraan listrik seperti Motorcycle Fun Run, Formula Student Show Off, PEVS Parade & Catwalk, Miss PEVS, PEVS Push Bike Race, EVolution Seminar, EV Riding, EV Morning Run, Electric Board & Scooter, drone show race, dan EV Fire Extinguish. Adapun, untuk masuk ke PEVS 2024, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp50.000.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Cara Asyik Olahraga Kembalikan Berat Badan Ideal Setelah Lebaran

BERIKUTNYA

Resep Tahu Walik Ayam yang Gurih & Krispi, Cocok Buat Camilan Akhir Pekan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: