Ilustrasi buffet. (Sumber foto: Pexels/Alejandra Montenegro )

7 Etika Penting Saat Makan di Restoran All You Can Eat

04 May 2024   |   08:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Konsep All You Can Eat (AYCE) belakangan ini sudah mulai diadaptasi oleh berbagai jenis restoran dine-in, mulai dari Korean & Brazilian BBQ,  Hotpot, Pizza, Dim Sum, dan masih banyak lagi. Namun sebenarnya, apa itu restoran AYCE, dan bagaimana cara kerjanya?

Menurut Cambridge Dictionary, AYCE adalah restoran di mana seseorang dapat menyantap makanan sebanyak yang mereka inginkan. Sehingga Genhype hanya perlu membayar sekali untuk menikmati jumlah makanan yang melimpah.

Baca juga: 5 Rekomendasi Resto All You Can Eat di Jakarta, Pilih Sesuai Menu & Budget Kamu

Lantas, dengan membiarkan para pelanggan untuk makan sebebasnya, bagaimana restoran dengan konsep ini bisa mendapatkan keuntungan? Menurut Mashed, mereka menggunakan taktik dimana para pelanggan diberikan waktu yang lebih singkat, dan menciptakan tata letak strategis. Sehingga pelanggan akan memilih makanan yang mengandung karbohidrat lebih tinggi terlebih dahulu agar lebih cepat merasa kenyang.

Dengan hebohnya konsep restoran AYCE, Genhype perlu mengetahui 7 etika penting saat makan di restoran all you can eat:
 

1. Rencanakan Apa Saja yang Ingin Diambil 

Sebelum mulai mengantri, sebaiknya perhatikan apa saja makanan dan minumam kira-kira ingin akan diambil. Dengan melakukan ini, Genhype dapat mempercepat antrian dan mempermudah alur antri bagi pelanggan lain. 
 

2. Sabar Mengantri dan Jangan Pilih-Pilih

Ingat bahwa pelanggan lain yang datang juga lapar, sehingga tetaplah mengantri dengan sabar. Namun, ketika sudah giliranmu untuk mengambil makanan dan minuman, segera ambil dan jangan tinggalkan tempat berantakan.
 

3. Ambil Makan Secukupnya

Banyak pengunjung lain yang juga ingin menikmati layanan AYCE ini, sehingga ambil makanan dan minuman secukupnya. Selain itu, hal ini dapat mengurangi risiko overserving makanan dan minuman. Kuncinya adalah mengetahui apa Genhype benar-benar lapar, atau hanya lapar mata.
 

4. Habiskan Semua Makanan Yang Diambil

Sebagian besar restoran AYCE akan periksa apakah Genhype telah meninggalkan sisa makanan dan minuman setelah waktu makan berakhir. Jika masih ada sisa akan dikenakan denda tambahan. Untuk mengatasi hal ini, pastikan semua makanan dan minuman yang Genhype ambil harus habis.


5. Jangan Mengganggu Pengunjung Lain

Etika kelima ini mencakup beberapa tata krama dasar, tetapi terkadang diabaikan di restoran AYCE. Pertama pastikan semua alat seperti capitan, centongan, dan alat-alat yang akan digunakan oleh pengunjung lain, dalam keadaan rapih dan berada pada tempatnya.

Pastikan juga untuk berbincang dengan suara yang normal, meski obrolan dengan keluarga dan teman sedang sangat seru. Untuk Genhype yang membawa anak kecil ke dalam restoran AYCE, jangan lupa untuk selalu mengawasi mereka agar tidak menggangu pengunjung lain, dan untuk menjaga keselamatan mereka.


6. Perhatikan Batas Waktu

Selain membayar dengan tarif tetap, ada batasan waktu untuk setiap sesi AYCE, biasanya berkisar antara 45 menit - 1 jam.  Jika Genhype masih makan setelah batasan waktu tersebut, maka akan dikenakan denda tambahan. Oleh karena itu, rencanakan semua makanan dan minuman yang ingin diambil, dan jangan terlalu banyak membuang waktu. 


7. Jangan Bawa Pulang Makanan 

Restoran AYCE pada umumnya tidak memperbolehkan Genhype untuk membawa makanan dan minuman pulang. Karena tanpa aturan ini, restoran akan merugi dan merusak sistem AYCE itu sendiri.

Baca juga: Sudah Ada sejak Abad ke-16, Ini 4 Fakta Restoran All You Can Eat!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Life Hack Pakai Galaxy AI Bahasa Indonesia di Samsung S24 Series

BERIKUTNYA

5 Cara Asyik Olahraga Kembalikan Berat Badan Ideal Setelah Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: