Ilustrasi Berolahraga di Rumah (Sumber: Unsplash.com/Olivia Bauso)

5 Gerakan Olahraga Mudah untuk Tubuh Sehat & Ideal

15 March 2023   |   14:29 WIB

Like
Mempunyai tubuh yang ideal dan sehat adalah keinginan semua orang. Namun, banyaknya kegiatan dan aktivitas sehari-hari membuat banyak orang sulit memiliki waktu untuk berolahraga. Tanpa disadari, ketika kita tidak berolahraga maka akan memberikan efek buruk pada jangka panjang.

Selain itu perbedaan akan terlihat sangat jelas antara seorang yang suka berolahraga dan yang tidak berolahraga, seperti kulit pada seorang yang sering olahraga akan terlihat lebih cerah, badan akan terlihat lebih awet muda, dan lain-lain.

Akan tetapi dibutuhkannya biaya tambahan untuk berlangganan di tempat pusat kebugaran juga mungkin menjadi salah satu penyebab seseorang tidak berolahraga. Padahal untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal, setiap orang bisa mulai berolahraga di rumah saja. 

Baca juga: Mengenal Pound Fit, Olahraga dengan Dua Stik yang Asyik

Janice Etta, instruktur kebugaran dari Paradigm Fitness Indonesia menjelaskan terdapat 5 gerakan olahraga yang mudah dan tentunya dapat Genhype lakukan di rumah juga lho.
 

1. Standing roll up-down

Gerakan ini dapat dilakukan dengan memperhatikan posisi berdiri terlebih dahulu, pastikan saat berdiri, tumit belakang kaki dalam kondisi rapat dan membentuk huruf V, kemudian mulai sejajarkan tangan dengan dada ke arah depan, lalu mulai tundukkanlah kepala dan bungkukan badan secara perlahan ke arah lutut kaki, dan berdiri tegak kembali secara perlahan.

Gerakan ini biasanya sering diterapkan pada olahraga pilates, sebagai latihan pemanasan. Namun Genhype juga bisa terapkan gerakan ini di rumah, karena gerakan ini membantu memanjakan dan meredakan ketegangan pada punggung, serta memulihkan keseimbangan tubuh.
 

2. Forward lunges

Pada gerakan ini akan berfokus pada bagian kaki yang berguna untuk meningkatkan kekuatan dan kestabilan kaki. Dengan posisi berdiri tegak, dan kaki dalam kondisi rapat, maka mulailah memajukan salah satu kaki kearah depan, dan langsung menekuk lutut bagian kaki depan hingga membentuk sudut 45 derajat.

Kemudian pastikan lutut pada kaki yang berada di belakang menempel dengan lantai. Lakukan gerakan ini pada kaki kanan dan kaki kiri sercara bergantian.
 

3. Squat

Dalam posisi berdiri, Sejajarkan lebar kaki dengan lantai dan dengan lebar bahu, kemudian kedepankan kedua tangan ke depan dan sejajarkan tangan dengan dada, lalu mulailah menurunkan badan seperti akan berjongkok, namun lakukan dengan posisi membentuk 45 derajat dan angkat kembali badan dalam posisi berdiri seperti semula. 

Dengan melakukan gerakan ini dapat mengaktifkan otot bokong dan membuat kaki semakin kuat.
 

4. Plank

Melakukan gerakan plank dapat dilakukan dengan, memposisikan badan menghadap ke lantai, seperti tengkurap, lalu meletakkan siku dan telapak tangan di lantai pada posisi tepat di bawah bahu, kemudian angkat badan secara perlahan dengan tumpuan pada tangan dan kaki. Kemudian pastikan kepala menghadap ke bawah, tidak mendongak, kencangkan perut, dan posisikan punggung untuk  tetap lurus, serta pertahankan posisi ini selama 10-15 detik.

Gerakan plank ini dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan, membantu memperkuat seluruh otot tubuh, terutama otot perut, dan akan mempercepat penurunan berat badan, sehingga bentuk tubuh akan lebih proporsional dan ideal.
 

5. Push Up

Melakukan gerakan Push Up dapat membangun keseimbangan tubuh, menguatkan otot pada tubuh bagian atas, menjaga kesehatan tulang & jantung, dan lainnya. Melakukan gerakan ini dapat dimulai dengan posisi badan tengkurap dan pastikan dada dan perut menyentuh lantai. Lalu memposisikan telapak tangan di samping atas sebelah bahu, dan pastikan telapak tangan menyentuh lantai, sehingga posisi tangan akan sedikit lebih lebar dari bahu dan lutut.

Selanjutnya mulailah mengangkat tubuh ke atas dan mengandalkan otot tangan dengan mendorong tangan ke arah lantai. Kemudian pada bagian kaki, punggung, leher dan kepala harus dipastikan tetap sejajar dengan tubuh. 

Dengan melakukan gerakan ini secara rutin antara 3 hingga 4 kali dalam seminggu selama 30 menit per harinya maka akan mempercepat proses pembentukan tubuh menjadi lebih ideal dan akan lebih sehat, serta akan memudahkan Genhype untuk lebih berstamina dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Untuk menghindari terjadinya kaku pada badan, maka Genhype harus melakukan pemanasan dan stretching atau peregangan sebelum dan sesudah berolahraga.

Melakukan kegiatan olahraga dan gerakan ini tentunya juga harus disesuaikan dengan kemampuan diri dan tidak perlu dipaksakan, selama memiliki kondisi tubuh yang berenergi dan punya banyak tenaga. Berolahraga juga dapat disesuaikan oleh kegiatan masing-masing individu, sehingga tidak masalah jika ingin berolahraga pada saat pagi, siang, atau malam. 

Baca juga: Cek Fakta Seputar Olahraga Dansa yang Viral

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cek 5 Program Mudik Gratis 2023 Beserta Cara Daftar & Syaratnya

BERIKUTNYA

Benarkah Startup Hadapi ‘Kiamat Kecil’ Tahun Ini? Cek Hasil Surveinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: