Produk Wyn Beauty by Serena Williams (Foto: official web Wyn Beauty)

3 Bisnis Milik Selebritas AS dengan Strategi Unik

04 May 2024   |   19:08 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Selain akting, banyak selebritas Amerika Serikat yang menjajal peruntungan dari kegiatan bisnis yang dibangun dan dikembangkan sendiri. Tapi, dari sekian banyak figur publik yang terjun berbisnis, nyatanya hanya sebagian kecil mereka yang terbilang berhasil menambah pundi-pundi kekayaannya.

Setidaknya, ada tiga selebritas yang sukses mengembangkan strategi bisnis tertentu hingga mampu bersaing dan bertahan lama di sejumlah industri, yang tentu saja dengan strategi branding yang tepat dengan dukungan popularitas namanya.

Dengan memiliki sebuah merek, para pesohor ini tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk merekrut Key Opinion Leader (KOL) atau duta merek. Menurut SK Marketing Agency, selebritas itu sendiri merupakan KOL yang paling efektif dalam menciptakan kepercayaan dan kredibilitas, pembukaan pasar baru, serta kampanye yang unik. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Ide Bisnis DIY 2024, Bisa Jadi Awal Usaha Sampingan

Jadi, merek yang dirilis tersebut dapat menciptakan brand awareness yang berkesan dalam jangka panjang. Buat Genhype yang menekuni kegiatan bisnis, strategi para seleb ini dapat menjadi pembelajaran bagaimana menjalankan bisnis yang sukses. Yuk simak tiga bisnis unik milik selebritas AS dengan strategi yang unik.


1. Aviator American Gin - Ryan Reynolds


Aviator American Gin adalah merek yang menjual Gin, sebuah minuman beralkohol sulingan yang dibumbui dengan berbagai buah dan tumbuhan yang direndam selama 48 jam sebelum distilasi ulang. Proses itu, menghasilkan Gin yang lebih halus dan tidak didominasi oleh buah Juniper.

Keunikan merek alkohol ini memiliki formulasi khas, seperti lavender, kulit jeruk manis dan pahit, kapulaga, ketumbar, sarsaparilla India, dan biji adas manis. Pada Februari 2018, aktor yang sempat memainkan karakter Deadpool ini mengakuisisi sebagian besar saham merek Aviator American Gin ini dari Davos Brands, LLC. Hal itu, secara otomatis menjadikannya sebagai salah satu pemilik dan creative director.

Ryan biasanya mengiklankan produknya melalui video lucu dan sarkastik untuk menciptakan positioning dan brand awareness yang berkesan dibandingkqn dengan merek alkohol lain yang lebih serius. Melalui usahanya, Aviator American Gin telah berkembang secara eksponensial, namun aktor asal Kanada ini memutuskan untuk menjualnya dengan harga US$610 juta ke perusahaan Diageo.

Menurut Yahoo Finance, Ryan Reynolds berhasil mengantongi keuntungan sebesar US$122 juta dari kesepakatan itu, yang dianggap sebagai salah satu langkah bisnis terbaik oleh sang aktor.


2. The Absorption Company - Ian Somerhalder

The Absorption Company (Sumber: instagram.com/absorb.more)

The Absorption Company (Sumber: instagram.com/absorb.more)


The Absorption Company adalah perusahaan yang didirikan oleh aktor serial Vampire Diaries, Ian Somerhalder bersama tiga pendiri lain pada Januari tahun ini.  Perusahaan ini menjual suplemen yang diklaim dapat menyerap lima kali lebih baik dibandingkan dengan suplemen tradisional, dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

Sang aktor menjelaskan ke BevNet, bahwa 84 persen bahan aktif penting dalam suplemen lain dikeluarkan melalui urin yang menunjukkan penyerapan yang rendah. Melalui Absorbtion Company, Ian ingin meningkatkan kesehatan mikrobioma pada usus pelanggannya yang dapat menghasilkan penyerapan vitamin dan nutrisi penting yang lebih baik.

Jika merek suplemen lain mempromosikan produk mereka sesuai dengan bahan yang digunakan, The Absorption Company memasarkan produknya dengan label nama yang unik dan tidak secara langsung menunjukan bahan-bahan di dalamnya. Cara itu mendorong calon pembeli untuk melakukan riset lebih lanjut sebelum membeli.

Misalnya, suplemen yang bertajuk “Energy” yang memiliki kandungan seperti kafein nanometrik , Dynamine, Sabroxy, dan Liposomal Glutathione, yang diformulasikan melalui teknologi Capsoil.
 

3. WYN BEAUTY - Serena Williams

Serena Willams (Sumber: WYN Company)

Serena Willams (Sumber: WYN Company)

WYN BEAUTY adalah merek kecantikan vegan dan cruelty free, yang didirikan dan dimiliki oleh pemain tenis wanita profesional, Serena Williams. Merek ini memiliki nilai-nilai bisnis yang selaras dengan gaya hidup aktif ala Serena yang juga mendukung nilai-nilai inklusivitas dan keberlanjutan.

Di halaman resmi WYN, terdapat 91 warna yang tersedia untuk pelanggan dengan beragam warna kulit, menekankan ekspresi diri penggunanya.

Diluncurkan secara eksklusif di Ulta Beauty, produk WYN berfokus pada hidrasi dan daya tahan penggunaan, sehingga menarik bagi konsumen yang ingin menghemat dan mengutamakan produk ramah lingkungan. 

Baca juga: Intip Strategi Akram Amrullah Raup Omzet Miliaran dari Bisnis Daging Beku

Dipasarkan dalam kemasan berwarna hijau cerah yang terinspirasi oleh bola tenis, merek ini memberikan penghormatan kepada karier atletiknya Serena Williams. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kopi Kenangan Buka Paket Kemitraan Satu Kenangan, Harga Kopinya Mulai Rp7.000

BERIKUTNYA

Momen Keseruan Nonton Film Siksa Kubur Bareng Genhype

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: