Sabun Batangan (Sumber: unsplash.com/@daisyk9)

5 Rekomendasi Ide Bisnis DIY 2024, Bisa Jadi Awal Usaha Sampingan

01 May 2024   |   11:37 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sebelum era digital berkembang pesat, menjual produk yang dibuat sendiri memerlukan biaya produksi, operasional, pemasaran, dan kebutuhan-kebutuhan lain yang cukup mahal. Namun, keberadaan media sosial dan platform e-commerce memungkinkan para penjual DIY (do it yourself) untuk memangkas semua biaya tersebut.

Meskipun dipermudah oleh teknologi yang memadai, Genhype masih harus memperhatikan beberapa hal agar produk DIY menjadi lebih menarik untuk dibeli. Identifikasi dan memahami target pasar, serta membangun branding yang kuat, merupakan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mengembangkan strategi bisnis DIY yang jitu.

Buat kalian yang tertarik untuk mencoba peruntungan di bidang ini, yuk simak 5 rekomendasi ide bisnis DIY yang paling menguntungkan tahun 2024.

Baca juga: 4 Ide Bisnis Modal Mini dan Untung Besar yang Cocok Buat Mahasiswa
 

1. Aksesori manik-manik 

Ide bisnis berbagai kerajinan manik-manik dapat menjadi pilihan yang menguntungkan karena beberapa hal. Sebab, variasi produk yang bisa dihasilkan sangat banyak, mulai dari cincin, gelang, gantungan kunci, dan lain-lain sehingga kalian dapat memproduksi beberapa jenis manik-manik untuk sekaligus dipasarkan.

Membuat aksesori manik-manik juga tidak terlalu membutuhkan keterampilan spesifik. Apalagi, saat ini ada banyak tutorial yang tersedia secara online. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan relatif murah, dan banyak tersedia baik di toko online maupun offline
 

2. Pakaian upcycling

Dengan pasar mode yang dipenuhi produk-produk fast fashion, beberapa orang lebih memilih untuk membeli produk upcycling atau pakaian yang dijahit dari baju-baju bekas. Selain lebih ramah lingkungan, pakaian upcycling akan terlihat lebih mencolok, karena memiliki desain yang unik dan berbeda. 

Namun, memulai bisnis pakaian upcycling hanya direkomendasikan kepada Genhype yang memiliki keterampilan mendesain, memotong, dan menjahit busana karena memang perlu skill khusus tersebut untuk menghasilkan produk yang bagus. 
 

3. Kerajinan kayu & tanah liat

Sama seperti manik-manik, jenis produk yang dapat dihasilkan dari bisnis kerajinan dari kayu dan tanah liat sangatlah beragam. Asbak, bingkai foto, gantungan kunci, dan kotak pensil adalah beberapa contoh produk yang bisa Genhype dengan memanfaatkan bahan seperti kayu dan tanah liat. 
 

4. Bath bomb

Salah satu produk perlengkapan mandi yang viral di media sosial adalah bath bomb, yang masih jarang dieksplor dan dijual di Indonesia. Pembuatan bath bomb ini ternyata cukup mudah, dan membutuhkan bahan dasar yang terjangkau seperti asam sitrat, soda kue, minyak pewangi, pewarna makanan, dan tepung maizena. 

Semua bahan ini dicampur dengan rata dan dicetak dalam cetakan sesuai keinginan, kemudian didiamkan hingga mengeras. Uniknya, bath bomb dapat disesuaikan dengan kombinasi aroma dan warna yang berbeda.
 

5. Sabun batang 

Masih berkaitan dengan perlengkapan mandi, sabun batang juga bisa menjadi pilihan bisnis yang dapat digeluti. Pembuatan sabun batang dapat dikreasikan menjadi berbagai desain dan kegunaan yang unik. Desain pada sabun batang dapat dibuat dengan menggunakan warna dan teknik yang variatif.

Selain itu, sabun batang juga dapat difokuskan kepada fungsinya saja, dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bernutrisi bagi kulit seperti minyak esensial lavender, havermut, dan mentega shea. 

Baca juga: Ide Bisnis Kuliner Praktis & Cuan, Coba 3 Resep Pisang Cokelat Ini Yuk

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sal Priadi Rilis Album Markers and Such Pens Flashdisks, Karya Berlatar Multidimensional

BERIKUTNYA

Jaga Bumi dari Kerusakan, Begini 4 Langkah Mudah Menerapkan Sustainable Lifestyle

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: