Ilustrasi minum teh. (Sumber foto: Pexels/Anna Pou)

5 Jenis Teh yang Dapat Membantu Mengatasi Perut Kembung

04 May 2024   |   06:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Siapa disini yang pernah merasakan sensai kembung yang tak kunjung hilang? Mengalami kembung bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan apalagi jika kembung terjadi saat bangun tidur. Sensasi tidak nyaman dari perut yang terasa membengkak seperti balon udara tentunya bisa merusak suasana hati. 

Meskipun kalian mungkin sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi kembung seperti olahraga atau minum air hangat, tapi sering kali usaha tersebut tidak ada hasilnya hingga membuat kita menjadi frustasi. Namun, kalian tak perlu khawatir karena sebenarnya ada solusi yang sangat mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan minum teh.

Baca juga: Cocok buat yang lagi Diet, Perhatikan 10 Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh 
 

Teh panas rosemary (Sumber foto: freepik/jcomp)

Teh panas rosemary (Sumber foto: freepik/jcomp)


Teh terkenal karena antioksidannya yang dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti contohnya perut kembung. Penasaran teh apa saja yang dapat menyembuhkan perut kembung? Berikut adalah penjelasannya.


1. Peppermint

Peppermint telah diakui secara tradisional untuk membantu meredakan masalah pencernaan. Dilansir melalui Healthline, studi menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat pada peppermint bisa mengurangi aktivitas sel-sel kekebalan dalam usus yang dapat mengurangi kembung. Selain itu, kapsul minyak peppermint juga telah terbukti membantu mengurangi nyeri perut, kembung, dan gejala pencernaan lainnya.


2. Green tea atau teh hijau

Meskipun teh hijau dan teh hitam berasal dari tanaman yang sama, tapi teh hijau memiliki lebih banyak antioksidan dari pada teh hitam yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Teh hijau juga memiliki kandungan kafein yang lebih rendah sehingga dapat meningkatkan energi pada tubuh tanpa menambah tingkat stres. Selain itu, minum teh hijau dapat berdampak positif pada mikrobiota usus yang dapat membantu mengurangi kembung.


3. Teh jahe

Dilansir melalui Hindustan Times, tak hanya berguna untuk menenangkan, teh jahe juga dapat membantu mengatasi kembung berkat kandungan gingerolnya. Teh jahe juga berguna bagi wanita yang mengalami kembung saat menstruasi serta dapat membantu meredakan kram dan masalah PMS lainnya. Cara membuatnya juga cukup sederhana, kalian hanya perlu campurkan jahe yang sudah dihaluskan ke dalam air hangat dan tambahkan madu sesuai selera. 


4. Teh kamomil

Kamomil, sebagai bagian dari keluarga daisy, terkenal akan kemampuannya meredakan pikiran dan tubuh kita. Namun, tak hanya sebagai obat penenang, teh kamomil juga berguna untuk membantu sistem pencernaan yang dimanfaatkan untuk mengatasi gas, kembung, masalah pencernaan, dan nyeri perut. Menurut sebuah penelitian, teh kamomil sangat efektif untuk masalah pencernaan yang bisa menyebabkan kembung dan nyeri perut. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa teh kamomil dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.


5. Fennel

Fennel dengan rasa seperti adas yang ringan merupakan salah satu teh tradisional yang digunakan untuk mengatasi masalah gas dan kembung. Biasanya, fennel dalam ramuan herbal digunakan untuk membantu bayi yang sering menangis. Selain itu, fennel juga dapat membantu melonggarkan otot-otot di saluran pencernaan sehingga gas yang terjebak bisa keluar lebih mudah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Horor-Komedi Abigail, Kisah Penculikan Vampir Balerina

BERIKUTNYA

David Foster Siap Konser di Indonesia Juni 2024, Gandeng Jessie J hingga Afgan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: