Ilustrasi teh. (Dok. Sergey Norkov dari Unsplash)

Kenali 5 Jenis Teh yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

30 September 2021   |   10:03 WIB

Teh merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat. Dengan berbagai macam variasi teh, teh menyediakan berbagai manfaat bagi tubuh mulai dari menjaga metabolisme tubuh dan kesehatan jantung. Akan tetapi, teh ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit lho!

Berikut lima jenis teh yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

1. Teh hitam
 

Ilustrasi teh hitam. (Dok. Akhilesh Sharma dari Unsplash)

Ilustrasi teh hitam. (Dok. Akhilesh Sharma dari Unsplash)

Teh hitam mengandung berbagai macam manfaat, salah satunya adalah kandungan antioksidan yang bisa membantu mengurangi inflamasi pada wajah dan tubuh. Tidak hanya itu, teh hitam juga bisa mencegah penuaan, mengurangi bengkak, meningkatkan regenerasi kulit, dan melindungi kulit dari radiasi UV dengan kandungannya yang bisa membersihkan kulit.

2. Teh hijau
 

Ilustrasi teh hijau. (Dok. Jia Ye dari Unsplash)

Ilustrasi teh hijau. (Dok. Jia Ye dari Unsplash)

Kandungan antioksidan pada teh hijau umumnya bisa membantu penurunan berat badan serta meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung. Selain itu, teh hijau juga mampu menenangkan inflamasi, iritasi kulit dan kemerahan pada kulit, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

3. Teh Oolong
 

Ilustrasi teh Oolong. (Dok. Drew Jemmett dari Unsplash)

Ilustrasi teh Oolong. (Dok. Drew Jemmett dari Unsplash)

Jenis teh China ini baik untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas tidur, hingga mengurangi masalah kulit seperti eksim dengan kandungan anti-alergi.

4. Teh Pu-Erh
 

Ilustrasi teh Pu-Erh. (Dok. petr sidorov dari Unsplash)

Ilustrasi teh Pu-Erh. (Dok. petr sidorov dari Unsplash)

Pu-Erh yang merupakan salah satu varian teh China ini mampu memberikan energi, menjaga kesehatan jantung, membersihkan racun dan radikal bebas dalam tubuh, dan bisa membantu penurunan berat badan. Manfaatnya pada kulit meliputi menjaga kekenyalan pada kulit dan mencegah penuaan.

5. Teh herbal
 

Ilustrasi teh herbal. (Dok.  Kris Sevinc dari Unsplash)

Ilustrasi teh herbal. (Dok. Kris Sevinc dari Unsplash)

Beberapa jenis teh herbal diketahui bisa mencegah penyakit kronis, mengurangi penuaan kulit, dan membantu menurunkan berat badan. Berbagai variasi teh herbal memiliki manfaatnya masing-masing, misalnya teh kamomil dan lavender bisa mengurangi insomnia, teh bunga telang yang baik untuk kulit, serta teh mint dan jahe yang baik untuk pencernaan.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Daun Telinga Bengkak? Ini Penyebabnya

BERIKUTNYA

Earbuds Rp1 Jutaan dari Soundcore Hadir Dengan Fitur ANC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: