Kumpulan kelapa (dok. Pexels)

Benarkah Air Kelapa Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh?

20 August 2021   |   20:07 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Minum air kelapa saat cuaca terik pastinya sangat menyegarkan. Tak hanya itu, beberapa orang juga kerap memberi air kelapa kepada mereka yang sedang kurang sehat. Sebab, selain dapat melepas dahaga, air kelapa juga kerap disebut dapat meningkatkan imunitas tubuh. Benarkah demikian?
 
Pakar Farmakologi dari Universitas Indonesia dr. Purwantyastuti menjelaskan khasiat utama air kelapa adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.
 
Adapun tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat.

"Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun," ujarnya.
 
Dalam tubuh, air kelapa dan cairan tubuh lainnya menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh yang diperlukan sistem kekebalan dan sistem-sistem lainnya agar berfungsi dengan baik. 
 
Perempuan yang karib disapa Tuti ini menerangkan cairan yang cukup di dalam tubuh juga diperlukan agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh.

"Jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun," sebutnya.
 
Pada praktik pengobatan tradisional di Indonesia, air kelapa dipercaya bisa mengatasi diare. Praktik ini bisa tepat bila tujuannya memang mengganti cairan yang hilang. Begitu pula saat demam. 
 
Tuti menyebut salah satu cara menurunkan demam adalah rehidrasi atau mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Jangan sampai orang demam berada dalam kondisi dehidrasi, karena akan memperparah kondisi demamnya. 
 
"Jadi berdasarkan local wisdom, ternyata air kelapa digunakan manfaatnya untuk mengatasi dehidrasi," imbuhnya. 
 
Kendati demikian, Tuti meminta aga tidak berlebihan dalam minum air kelapa. Jika diminum setiap hari sebaiknya dibatasi secukupnya saja, misal satu atau dua gelas.
 
Mengapa? Hal ini karena kandungan kalium pada air kelapa dapat menjadi masalah bila total kalium di dalam tubuh kadarnya terlalu tinggi.
 
"Kalium yang terlalu tinggi dapat mengganggu fungsi jantung. Selama diminum tidak berlebihan, air kelapa tidak akan menimbulkan masalah kesehatan," tuturnya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Jika Tak Ditangani dengan Baik, Depresi Dapat Menyebabkan Gangguan Bipolar

BERIKUTNYA

Tidak Bisa Disepelekan, Berikut Penyebab & Cara-cara Mengatasi Beser

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: