Permen mengandung banyak gula (dok. Pexels)

Awas, Ini 5 Makanan yang Bisa Turunkan Imunitas Tubuh

23 January 2022   |   12:57 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Meningkatkan imunitas tubuh sangat penting di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya virus tersebut menyerang sistem kekebalan tubuh kita. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh tersebut, salah satunya dengan makanan.

Namun demikian, kita harus selektif dalam memilih makanan, sebab ada loh makanan yang justru membuat sistem kekebalan tubuh kita lemah dan akhirnya meningkatkan risiko infeksi bakteri dan virus, tidak terkecuali Covid-19.  Apa saja makanan yang masuk ke dalam kategori tersebut? Berikut daftarnya.
 

1. Gorengan

Buat kamu yang suka gorengan atau makanan yang digoreng, sebaiknya diminimalisir dulu deh konsumsi gorengannya. Sebab makanan yang digoreng mengandung minyak berlebih dan dapat menyebabkan berbagai penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh kita. 

Gorengan meningkatkan peradangan di sel kita dan menguras mekanisme antioksidan tubuh, membuat sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan lambat. Oleh karena makanan yang digoreng membutuhkan suhu tinggi untuk dimasak, mereka membentuk produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) yang dapat merusak fungsi seluler kita.
 

2. Makanan asin

Makanan yang asin seperti keripik, frozen food, dan makanan cepat saji yang terkadang mengandung garam cukup tinggi cenderung membuat kekebalan tubuh kita lemah. Kelompok makanan ini memicu peradangan jaringan hingga meningkatkan risiko penyakit autoimun. Terlalu banyak garam juga menghambat respons kekebalan normal kita.
 

3. Permen

Permen menjadi favorit banyak orang. Rasanya bervariasi, namun mayoritas manis. Akan tetapi, mengonsumsi permen terutama jika berlebihan dapat berdampak buruk bagi gusi, sistem pencernaan kita, hingga sistem kekebalan tubuh loh. Permen mengandung terlalu banyak gula yang menghambat sel-sel kekebalan untuk melawan bakteri asing.
 

4. Soda

Minuman manis selalu dilarang untuk menjaga kesehatan, namun minuman bersoda menjadi penyebab terbesar dalam membuat sistem kekebalan tubuh kita lemah. Para ahli percaya bahwa minuman berkarbonasi seringkali mengandung fosfor yang dapat menguras kalsium dari tubuh. Padahal kita ketahui bahwa kalsium berperan penting untuk mengaktifkan sel imun.
 

5. Alkohol

Seperti bir dan anggur, alkohol cenderung bereaksi terhadap fungsi normal tubuh kita. Jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol dapat meningkatkan gula darah, hormon stres, dan insulin yang dapat membahayakan tubuh. Alkohol tidak membiarkan sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik dan kemungkinan infeksi meningkat pada orang yang memiliki alkoholisme kronis.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Profil Gaspard Ulliel, Bintang Film Moon Knight Meninggal Akibat Kecelakaan Ski

BERIKUTNYA

Jangan Anggap Sepele Sakit Leher, Ketahui Penyebab & Risikonya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: