Ilustrasi minuman kelapa (Sumber gambar : Thunyarat Klaiklang/Pexels)

Segudang Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

14 February 2022   |   16:12 WIB

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangat penting bagi kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Terlebih pada masa-masa saat ini, saat pandemi Covid-19 tengah mengalami kenaikan. Air kelapa dapat menjadi pilihan karena kandungan yang ada di dalamnya baik bagi tubuh.

Dalam rilis yang diterima oleh Hypeabis.id, Pakar Nutrisi Rita Ramayulis, menuturkan berbagai zat gizi di dalam tubuh akan mengalami penurunan ketika individu terinfeksi Covid-19. Zat tersebut di antaranya adalah total cairan tubuh dan mineral.

Cairan tubuh memiliki peran penting dalam memelihara membran sel yang bertugas melindungi semua organ tubuh, sebagai komponen utama dari sel-sel darah putih dan membantu penyerapan zat gizi serta mendistribusikannya ke seluruh sel yang membutuhkan. Sedangkan mineral mempunyai peran menjaga keseimbangan reaksi kimia di dalam tubuh.

Baca jugaSegudang Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh, Salah Satunya Bantu Diet

“Oleh karena itu, kita harus memasukkan cairan lebih banyak saat terinfeksi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa yang juga mengandung mineral. Tubuh yang terdehidrasi dengan baik dan bersama dengan konsumsi makanan yang seimbang akan lebih cepat pulih,” katanya.  

Berikut fakta-fakta manfaat air kelapa bagi kesehatan manusia.
 

Menyediakan banyak nutrisi dan elektrolit yang membantu pemulihan pascainfeksi atau setelah berolahraga

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat berlimpah, terutama kalium. Selain itu, dalam air kelapa juga terdapat kalsium, natrium, dan magnesium. “Elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium memiliki peran dalam sistem kekebalan dengan mendukung semua aktivitas sel-sel imunitas dalam melawan infeksi,” kata Rita.

Elektrolit dalam air kelapa, dia menuturkan dapat membantu mengatur keseimbangan cairan, mencegah dehidrasi, dan bahkan memastikan fungsi otot yang tepat.
 

Dapat mengurangi tekanan darah dan risiko stroke

Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya kalium dapat membantu mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan bahkan melindungi terhadap stroke. Melengkapi air kelapa dengan makanan kaya kalium lainnya dalam pola asupan nutrisi kita bisa bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung.
 

Dapat mendukung pencernaan yang baik

Rita menuturkan air kelapa mengandung magnesium, mineral yang membantu menjaga segala sesuatunya tetap bergerak dan mencegah sembelit. Hidrasi yang memadai secara umum juga penting untuk membantu mengatur pergerakan usus.
 

Dapat membantu rehidrasi ketika kita sakit atau setelah vaksin

Jika kita tengah sakit atau terinfeksi virus corona, tubuh bisa kehilangan sejumlah besar cairan saat kita demam, atau muntah dan diare.  Nah, air kelapa dapat membantu status hidrasi dan menyeimbangkan elektrolit lebih baik daripada air biasa dalam skenario ini.

Beberapa varian air kelapa bahkan sudah mengandung vitamin C dan D yang dapat memberikan dukungan kekebalan yang lebih baik.  

Baca jugaBenarkah Air Kelapa Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh?


Dapat membantu dengan manajemen berat badan

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk memelihara setiap sel dalam tubuh dan mengoptimalkan tingkat metabolisme. Banyak orang salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar, mendorong mereka makan berlebihan sehingga menyebabkan penambahan berat badan.

Meskipun air kelapa memiliki lebih banyak kalori daripada air biasa, namun secara substansial lebih rendah kalori daripada minuman lain seperti soda, jus, ataupun minuman bergula lainnya. Proses sederhana mengganti minuman manis dengan air kelapa dapat membantu kita mengurangi kalori selama seminggu.


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Indonesia Terpililh sebagai Negara Terindah di Dunia

BERIKUTNYA

Krystal Adu Akting Bareng Song Kang-ho & Oh Jung-se dalam Film Spiderweb 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: