Ilustrasi Laboratorium. (Sumber foto: Pexels/Edward Jenner)

5 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Besar Tapi Jarang Dilirik

30 April 2024   |   10:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Menentukan jurusan kuliah memang harus dipertimbangkan matang-matang, sebab kedepannya akan berpengaruh besar untuk karier di dunia kerja. Oleh karenanya, pastikan untuk memilih jurusan yang sesuai supaya ilmu yang dipelajari bisa bermanfaat dan diterapkan dengan baik di lingkungan pekerjaan.

Apabila salah memilih jurusan, kita akan mengalami kerugian dari segi waktu dan biaya, sehingga menyebabkan penyesalan yang panjang di kemudian hari. Ada banyak faktor yang menjadi orang-orang sebelum menentukan jurusan kuliah. Biasanya jurusan yang banyak diminati adalah yang memiliki peluang kerja besar dan gaji yang tinggi.

Baca juga: Hypereport: Kerja Tidak Sesuai Jurusan Enggak Masalah, Selagi Karier Lancar

Jurusan kuliah yang populer, misalnya hukum, kedokteran, bisnis & manajemen, komunikasi, dan lainnya. Namun, ternyata masih banyak jurusan kuliah dengan peluang kerja besar dan bergaji tinggi yang jarang dilirik. Yuk, simak beberapa di antaranya!
 

1. Mikrobiologi

Jurusan mikrobiologi sangat cocok untuk kamu ynlang tertarik dengan studi tentang mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Bidang ini menawarkan pemahaman mendalam tentang mikroorganisme, bioteknologi, dan aplikasi dalam bidang kesehatan, lingkungan, dan industri pangan.

Prospek ke bagi lulusan jurusan mikrobiologi cukup luas. Mereka dapat bekerja di berbagai industri seperti farmasi, makanan dan minuman, lingkungan, kesehatan, dan riset. Beberapa posisi yang mungkin termasuk ahli laboratorium mikrobiologi, peneliti, pengembang produk, ahli kesehatan masyarakat, dan penasihat kebijakan lingkungan.
 

2. Patologi

Patologi adalah ilmu yang berkaitan dengan diagnosis penyakit melalui pemeriksaan laboratorium seperti biopsi jaringan atau tes darah, serta studi struktur dan fungsi organ tubuh serta perubahan patologis yang terjadi di dalamnya.

Melalui diagnosis penyakit dan pemahaman tentang kondisi patologis, kita dapat meningkatkan pengobatan dan pencegahan penyakit. Lulusannya bisa bekerja di rumah sakit, laboratorium, universitas, atau lembaga penelitian. Selain itu, patologi juga diperlukan dalam industri farmasi dan bioteknologi.
 

3. Kriptografi

Jurusan kuliah yang secara khusus fokus pada kriptografi biasanya disebut Ilmu Komputer dengan Spesialisasi Kriptografi atau Keamanan Informasi. Jurusan ini menawarkan pembelajaran mendalam tentang teknik-teknik enkripsi, dekripsi, serta keamanan data dalam sistem komputer dan jaringan.

Kurikulumnya mencakup teori kriptografi, protokol keamanan, analisis risiko keamanan, dan implementasi praktis teknologi keamanan informasi. Lulusannya bisa bekerja di bidang seperti keamanan cyber, konsultasi keamanan, penelitian kriptografi, dan pengembangan produk keamanan.
 

4. Filologi

Filologi adalah studi mendalam tentang kajian bahasa dan sastra secara holistik. Biasanya, jurusan ini melibatkan studi mendalam tentang sejarah, struktur, penggunaan, dan evolusi bahasa tertentu, serta kajian sastra yang terkait.

Fokusnya bisa beragam, termasuk linguistik, sastra klasik, sastra modern, atau bahkan kajian budaya terkait dengan bahasa dan sastra. Lulusan jurusan filologi dapat mengejar karir sebagai penerjemah, penulis, editor, pengajar bahasa atau sastra, ahli bahasa, atau peneliti budaya.
 

5. Arkeologi

Jurusan arkeologi adalah program studi yang mempelajari tentang sejarah manusia melalui penelitian dan analisis artefak, struktur bangunan kuno, dan situs arkeologi lainnya. Mahasiswa akan belajar tentang metodologi penelitian arkeologi, penggalian situs, analisis bahan, konservasi artefak, dan interpretasi data arkeologis.

Selain itu, mereka juga akan mempelajari sejarah, antropologi, dan ilmu sosial lainnya untuk memahami konteks budaya di mana artefak tersebut ditemukan. Setelah lulus kita bisa bekerja sebagai arkeolog lapangan, kurator museum, peneliti, pengajar, atau pejabat pemeliharaan warisan budaya.

Baca juga: Simak Biaya Kuliah Top 5 Kampus Negeri Jalur SNBP 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rekomendasi CCTV Outdoor & Indoor yang Punya Fitur Canggih

BERIKUTNYA

10 Lagu Terbaik All Time Low, Bang Pop Punk yang Hari Ini Konser di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: