Umeno (kiri) dan Koume (kanan) dengan sertifikat resmi mereka. (Dok. Guiness World Records)

Wow, Kakak-Beradik 107 Tahun dari Jepang Cetak Rekor Kembar Identik Tertua di Dunia

22 September 2021   |   20:06 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Umeno Sumiyama dan Koume Kodama telah dikonfirmasi sebagai kembar identik tertua yang masih hidup (perempuan) dan kembar identik tertua yang pernah ada di dunia dengan panjang usia mencapai 107 tahun 300 hari per 1 September 2021.

Sertifikat resmi Guinness World of Records diberikan kepada Umeno dan Koume oleh staf panti jompo tempat mereka tinggal. Kedua saudara kembar ini tinggal terpisah hampir sepanjang umur mereka.

Umeno dan Koume lahir pada 5 November 1913 di Pulau Shodo, prefektur Kagawa, Jepang, dalam keluarga besar yang terdiri dari 13 orang.

Menurut anggota keluarga mereka, si kembar ramah dan positif dan hampir tidak pernah khawatir tentang berbagai hal. Rupanya, karakter Umeno lebih berkemauan keras, sedangkan Koume lebih lembut.

Masa kecil mereka mirip dengan drama TV, kenang si kembar. Itu juga merupakan saat di mana menjadi saudara kembar sering kali menjadi alasan untuk mengalami perundungan, dan itu adalah salah satu pengalaman terberat di masa kecil mereka.

Si kembar mulai hidup terpisah sejak usia muda. Ketika si kembar menyelesaikan sekolah dasar, Koume meninggalkan pulau untuk membantu pamannya.
 

Koume (kiri) dan Umeno (kanan) merayakan ulang tahun ke-99. (Dok. Guiness World Records)

Koume (kiri) dan Umeno (kanan) merayakan ulang tahun ke-99. (Dok. Guiness World Records)

Umeno kemudian menikahi seseorang yang tinggal di Pulau Shodo, sedangkan Koume menikahi seseorang di luar pulau.

Kakak beradik kembar ini telah melalui dua perang dunia sepanjang hidup mereka. Umeno bahkan harus mengosongkan rumahnya menjelang akhir Perang Dunia Kedua dan perang berakhir tak lama kemudia.

Karena si kembar terpisah lebih dari 300 kilometer, mereka tidak dapat bertukar cerita secara teratur, mereka hanya bisa bertemu di pernikahan dan pemakaman. 

Namun, begitu mereka berusia sekitar 70 tahun, mereka melakukan perjalanan bersama untuk ziarah Buddhis pada beberapa kesempatan.

Seiring bertambahnya usia, Umeno dan Koume bercanda tentang mengalahkan rekor usia Kin Narita dan Gin Kanie, yang tidak hanya pemegang rekor sebelumnya untuk kembar identik tertua yang masih hidup, tetapi juga orang terkenal di Jepang.

"Saya pikir kami terlihat lebih muda!" ujar Umeno, membandingkan dirinya dengan Kin dan Gin, pada ulang tahunnya yang ke-99.

Meskipun si kembar bercanda tentang menjadi pemegang rekor saudara kembar tertua, keluarga mereka mengatakan keduanya tidak berharap benar-benar memecahkan rekor Kin dan Gin, dan terkejut ketika mendapatkan pengumumannya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ada Kompetisi Esports Candy Crush Saga Nih, Hostnya Khloe Kardashian Lagi

BERIKUTNYA

Segera Tayang, Ini Sinopsis Film The Watcher yang Hadirkan Angga Yunanda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: