Ilustrasi latihan di gym. (Sumber foto: Pexels/Sam Moghadam Khamseh)

Baru Mulai Latihan? Cek 7 Istilah Gym untuk Pemula

24 April 2024   |   21:01 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Saat baru memulai latihan di gym, sebaiknya mencari berbagai informasi mengenai latihan yang cocok untuk dilakukan untuk pemula. Namun, setelah membaca informasi-informasi tersebut, mungkin ada istilah yang kurang familiar didengar, atau berupa singkatan dan potongan dari kata yang lebih panjang.

Untuk membantu Genhype yang baru memulai latihan di angkat beban penulis telah mengumpulkan beberapa istilah yang sering digunakan di gym. Dengan memahami istilah-istilah, informasi seputar gym dapat lebih mudah untuk dicerna. Sehingga lebih percaya diri dan konsisten dalam mencapai tujuan kesehatan pribadi.

Baca juga: Jangan Takut Datang Sendiri, Ini 6 Kiat Latihan di Gym untuk Pemula

Untuk itu, simak 7 istilah gym yang wajib diketahui oleh para pemula!
 

1. DOMS 

DOMS adalah singkatan dari Delayed Onset Muscle Soreness, istilah ilmiah dari nyeri otot yang dirasakan 1-2 hari setelah latihan beban. Menurut Healthline, DOMS adalah hal yang sangat umum dirasakan leh pemula, menandakan bahwa otot yang dilatih sudah mengalami inflamasi sementara. Karena saat latihan beban, serat-serat otot akan dirobek dalam skala mikroskopik.

Namun DOMS bukan hal yang buruk, atau menjadi penanda apakah Genhype sudah berlatih secara optimal. Karena pada dasarnya, DOMS hanya menandakan bahwa metabolisme tubuh sedang beradaptasi dengan intensitas latihan. 
 

2. Cardio

Selain melatih otot dengan angkat beban, Genhype juga harus melatih salah satu otot terpenting dalam tubuh, yaitu jantung melalui cardio. Treadmill, Rowing Machine, Stair Climber, dan Exercise Bike adalah beberapa alat cardio yang kerap dijumpai dalam gym.

Melansir dari Cleveland Clinic, latihan cardio memiliki banyak kegunaan, seperti mengurangi tekanan darah, meningkatkan peredaran darah & fungsi otak, serta mengurangi resiko serangan jantung.
 

3. Form

Form adalah bentuk postur tubuh saat melakukan sebuah gerakan. Menurut Symmetry Physical Therapyform yang baik dapat mengurangi resiko cedera, menyeimbangkan otot dan menandakan kemajuan seseorang dalam melatih sebuah gerakan.

Adapun, form yang baik tidak terlihat sama bagi semua orang. Karena setiap orang memiliki komposisi otot, tulang dan persendian yang berbeda. Sebagai contoh,  form  dari gerakan Squat akan terlihat berbeda untuk orang yang lebih tinggi, karena tulang femur mereka cenderung lebih panjang.
 

4. ROM

ROM adalah singkatan dari kalimat Range Of Motion, yang mengukur seberapa jauh sebuah gerakan akan menarik otot & tulang menurut WebMD. Sama seperti form, ROM setiap orang akan terlihat berbeda dari satu sama lain, karena kondisi dan komposisis tubuh setiap orang berbeda-beda. Namun, jika mengeksekusi sebuah gerakan dengan ROM yang baik dapat memaksimalkan perkembangan otot.
 

5. Reps

Reps adalah singkatan dari kata repetition/repetisi, untuk satu eksekusi dari satu jenis gerakan. Jadi jika ada yang menyebut “12 reps”, tandanya Genhype harus mengeksekusi sebuah gerakan sebanyak 12 kali berturut-turut.
 

6. Sets

Sets adalah jumlah dari berapa banyak reps yang akan dieksekusi pada sutu gerakan. Misalnya, jika sebuah program latihan menulis “3 x 12 Sit Up”, maka Genhype harus melakukan 12 reps sebanyak 3 kali dari waktu ke waktu.
 

7. Rest

Dalam istilah gym, rest adalah istirahat sejenak dari berolahraga agar otot dan persendian dapat pulih dan terhindar dari kelelahan. Jadi setelah melnyelesaikan sebuah set, sebaiknya beristirahat sejenak, kemudian lanjut ke set berikutnya. Berbeda dengan rest day, atau satu hari yang hanya berfokus pada pemulihan dan istirahat diantara hari-hari latihan.

Menurut National Academy of Sports Medicine, rest day juga bisa diisi dengan latihan cardio ringan selama kurang lebih 30 menit, ini disebut sebagai latihan Active Recovery.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kesan Ryan Gosling Lakoni Peran Colt Seavers, Sosok Stuntman dalam The Fall Guy

BERIKUTNYA

Guinness World Records Nobatkan Jujutsu Kaisen Sebagai Anime Terlaris di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: