Ilustrasi orang menggunakan media sosial (Sumber foto: freepik)

4 Tantangan Unik yang Pernah Viral di Media Sosial

24 April 2024   |   21:15 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Media sosial merupakan salah satu platform yang memiliki pengaruh sangat besar dalam kehidupan. Melalui media sosial, seseorang dapat dengan mudah mencari informasi, menemukan suatu fakta yang belum terkuak atau bahkan bahkan menciptakan tren yang memengaruhi banyak orang. 

Salah satu contohnya adalah tren tantangan (challenge) yang membanjiri media sosial pada tahun-tahun sebelumnya, khususnya sebelum 2020. Jika Genhype ingat, mungkin kalian tidak asing dengan beberapa tantangan yang pernah viral pada masanya atau bahkan kalian sendiri mungkin pernah mencoba beberapa dari tantangan tersebut.

Baca juga: Kumpulan Kosakata Relationship Gen Z Viral di Medsos, dari Ghosting hingga Situationship

Misalnya seperti ice bucket challenge yang dengan unik mengguyur tubuh seseorang dengan air es hingga tren-tren lainnya. Tak hanya ice bucket challenge, tapi beberapa tantangan lainnya juga sempat heboh pada masanya. Penasaran apa saja tantangan itu? Simak artikel berikut. 
 

1. Ice Bucket Challenge

Siapa yang masih ingat dengan ice bucket challenge? Rasanya mungkin hampir semua dari kita mengetahui bahwa tantangan ini pernah viral pada masanya. Mulanya ice bucket challenge muncul di 2014 pada bulan Juli dan Agustus. Lebih dari 17 juta orang mengikuti tantangan ini di media sosial. Bahkan Bill Gates dan mantan presiden, George W. Bush tak ingin kalah dengan mengikuti tantangan ini.

Bukan tanpa alasan, rupanya ice bucket challenge dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) dengan cara menuangkan ember es ke atas kepala dan menantang orang lain untuk melakukan hal yang sama atau menyumbangkan dana. Dilansir melalui laman USA Today, dana yang terkumpul dari ice bucket challenge sebesar Rp1,8 miliar yang diberikan untuk asosiasi ALS. 
 

2. Mannequin Challenge

Tantangan ini populer pada 2016 di mana sekelompok orang harus berhenti bergerak seperti patung manekin ketika di rekam dengan menggunakan backsound lagu Black Beatles oleh Rae Sremmurd. Melalui laman Dictionary.com, mulanya mannequin challenge viral karena salah satu siswa di SMA Edward H. White di Jacksonville, Florida, mengunggah video di mana mereka berpose seperti patung manekin. Video tersebut mereka unggah pada Oktober 2016 dan menjadi viral pada bulan November. 
 

3. Kiki Challenge (In My Feelings)

Kiki Challenge adalah salah satu tren di media sosial yang populer pada 2018 dimana orang-orang merekam diri mereka menari di samping mobil yang bergerak dengan lagu In My Feelings dari Drake. Tantangan ini mulai viral setelah komedian internet, Shiggy, mengunggah video dirinya menari di sepanjang jalan sambil memutar lagu tersebut. 
 

4. The Floor is Lava Challenge

The floor is lava challenge merupakan salah satu tantangan yang unik, sebab orang yang mengikuti tantangan ini harus berpura-pura bahwa lantai yang ia pijak merupakan kolam lava dan mereka harus mencari cara untuk tetap di atas furnitur atau objek lain di sekitarnya.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Dianugerahi Gelar Empu Jamu

BERIKUTNYA

Apple Event 7 Mei 2024 Umumkan iPad Terbaru? Cek Bocorannya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: