Layanan artificial intelligence Gemini AI (Sumber gambar: Google)

Gemini AI Bisa Digunakan di iPhone, Begini Cara Pakainya

20 February 2024   |   17:03 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Baru-baru ini, Google mengenalkan Gemini, chatbot AI generatif yang tidak hanya mengalami perubahan nama, tetapi juga merilis aplikasi khusus untuk ponsel Android. Seiring dengan itu, perusahaan juga akhir mengintegrasikan chatbot Gemini AI ke dalam aplikasi Google untuk iPhone. 

Integrasi ini memberikan kekuatan kepada pengguna dengan beragam fitur, termasuk berinteraksi dengan chatbot, membuat gambar, dan mendapatkan jawaban cepat atas pertanyaan. Buat Genhype pengguna iPhone, penting untuk menyimak panduan cara memanfaatkan Gemini AI di smartphone kalian. 

Baca juga: Lebih Dekat dengan Gemini, Model AI Baru Google Pesaing Berat GPT-4 
 
Berbeda dengan Android, iOS tidak menyediakan aplikasi khusus untuk Gemini. Sebaliknya, teknologi ini diintegrasikan ke dalam aplikasi Google, memudahkan akses tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Harus dicatat bahwa Gemini AI saat ini terbatas pada beberapa pasar, dan hanya pengguna di negara yang didukung yang dapat mengaksesnya. 

Lalu, bagaimana cara menggunakan Gemini di iPhone? 
 
Buka App Store dan perbarui aplikasi Google ke versi termutakhir untuk mengaktifkan Gemini AI. Jika belum memiliki aplikasi Google di iPhone, unduh dan pasang aplikasinya. Aplikasi ini gratis dan tersedia untuk semua iPhone yang menjalankan iOS 15.0 atau versi lebih baru. 
 
Setelah mengunduh atau memperbarui aplikasi Google, buka aplikasi tersebut dan temukan tombol yang memungkinkan beralih antara Google Penelusuran dan Gemini. Aktifkan tombol ini, dan kalian akan mendapatkan akses ke alat AI canggih dari Google tersebut.
 
Tidak seperti pada ponsel Android, pengguna tidak dapat mengaktifkan Gemini AI dengan perintah suara di iOS. Sebaliknya, kalian perlu membuka aplikasi Google untuk mengakses chatbot setiap kali. 
 

Kemampuan Gemini AI 

Gemini AI memiliki kemampuan membantu dalam merencanakan perjalanan dan memberikan jawaban atas sebagian besar pertanyaan. Mulai dari merespons semua pertanyaan hingga menghasilkan gambar hanya dengan perintah teks, Gemini AI memiliki disebut-sebut banyak potensi.

Pengguna juga dapat mengambil gambar dan mengajukan pertanyaan serupa atau menggunakan opsi pencarian suara untuk mendapatkan jawaban cepat. Singkatnya, Gemini AI mampu melakukan banyak hal yang dapat dicapai oleh chatbot AI lainnya, seperti ChatGPT dan Copilot.
 
Jika pengguna merasa bingung bagaimana cara menggunakan Gemini AI, aplikasi ini akan memberikan saran tentang berbagai layanan yang tersedia.

Ini mencakup kemampuan membantu anak memahami konsep yang kompleks, menyusun teks sederhana untuk postingan media sosial, membantu memilih produk yang sesuai dengan perbandingan antara dua atau lebih produk serupa, dan bahkan memberikan ide untuk berbagai kegiatan pengguna. 

Namun, tidak seperti penelusuran Google, yang biasanya mengalihkan ke situs web untuk kueri tertentu, hasil dari Gemini AI mungkin tidak akurat untuk beberapa kasus tertentu. Oleh karena itu, selalu perhatikan detailnya supaya tidak salah memanfaatkan layanan tersebut. 

Baca juga: Canggih, Sora AI Video Generator Bisa Bikin Film dengan Perintah Teks

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Drakor Netflix Baru & Seru untuk Tontonan Akhir Pekan

BERIKUTNYA

Marak Kasus Bullying Remaja di Sekolah, Ini Penyebabnya Kata Psikolog Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: