Pantai Klayar, Pacitan (sumber gambar : Indonesia Kaya)

Lagi Libur Lebaran di Jawa Timur? 5 Destinasi Pantai Indah Ini Wajib Dikunjungi

11 April 2024   |   19:20 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Libur lebaran pada tahun ini memang terbilang cukup panjang ya Genhype. Ini jadi waktu yang tepat bagi kalian yang sedang mudik sekaligus menikmati momen liburan ke beberapa lokasi wisata. 

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat libur lebaran adalah menikmati keindahan pantai. Nah, bagi kalian yang saat ini sedang mudik ke Jawa Timur, terdapat sejumlah destinasi wisata pantai yang menyimpan keindahan tersembunyi dan layak untuk dikunjungi tetapi mungkin selama ini belum banyak dieksplore.

Baca juga :  Ini Daftar Destinasi Wisata di Jawa Barat Cocok Buat Libur Lebaran

Keindahan pantainya ngga kalah loh dibandingkan dengan pantai yang ada di Bali atau di Hawaii. Yuk kita simak lima rekomendasi pantai pasir putih dan laut biru yang ada di Jawa Timur, dirangkum dari berbagai sumber. 
 

1. Pantai Klayar Pacitan

 

Pantai Klayar, Pacitan (sumber gambar : Indonesia Kaya)

Pantai Klayar, Pacitan (sumber gambar : Indonesia Kaya)



Saat mudik ke wilayah Pacitan, Genhype bisa berlibur ke Pantai Klayar. Dikutip dari Badan Otorita Borobudur Kemenparekraf, ternyata selama ini, Pantai Klayar lebih banyak dikenal oleh turis mancanegara loh daripada wisatawan domestik.

Pantai Klayar memiliki hamparan pasir putih membentang dan ombak sejernih kristal yang memecah di bibir pantai, apalagi diapit dengan kedua bukit karang. Kalian juga bisa naik ke bukit karang tersebut untuk menikmati pemandangan Pantai Klayar dari sebuah gardu pandang.

Lokasinya berada di Pacitan, sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah. Tepatnya ada di Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Dari Kota pacitan jaraknya kurang lebih 40 km ke arah barat.

Untuk  masuk kamu hanya perlu membayar Rp. 10.000 saja untuk anak-anak dan Rp. 15.000 untuk orang dewasa. Harga tiket tersebut sudah diterapkan sejak 15 Februari 2023 berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga. Harga tiket tersebut juga sudah berdasarkan keputusan Bupati Pacitan.
 

2. Pantau Pulau Merah, Banyuwangi

 

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi (sumber gambar : Azhari Setiawan/Kemenparekraf)

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi (sumber gambar : Azhari Setiawan/Kemenparekraf)



Pulau Merah adalah salah satu ikon pariwisata di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini dikenal dengan bukit hijaunya yang memiliki tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Menjelang matahari terbenam, pulau yang memiliki tanah merah ini akan berubah menjadi kemerahan sehingga disebut Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah mempunyai garis pantai hingga lebih dari 3 km. Garis pantai yang panjang tersebut dilengkapi dengan air yang jernih dan pasirnya yang putih sekaligus lembut. 

Selain memiliki pemandangan memukau, pantai ini juga dikenal dengan ombaknya besar sehingga menjadi salah satu surga bagi para pecinta olahraga selancar. Namun, jangan khawatir untuk bermain di bibir pantainya sebab ombak yang ada di pulau ini akan saling berbenturan sehingga ketika sampai di bibir pantai ombaknya akan menjadi kecil sehinga cocok dijadikan tempat bermain untuk anak-anak.
 

3. Pantai Lumbung, Tulungagung

 

Pantai Lumbung, Tulungagung (sumber gambar : Nativeindonesia.com)

Pantai Lumbung, Tulungagung (sumber gambar : Nativeindonesia.com)



Bagi kalian yang tengah melalui Jalur Lintas Selatan dan melintasi pusat kota Tulungagung, jangan lupa untuk bermain ke Pantai Lumbung, salah satu destinasi wisata alam terbaru yang ada di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. 

Pantai yang ikonik dengan bebatuan besar yang bentuknya mirip dengan lumbung  ini menawarkan keindahan alam dan suasana yang tenang. Kondisi pantai yang masih terbilang baru dengan nuansa yang eksotis dan suasana yan masih sangat asri ini, membuat namanya kian melejit.

Pantai ini cukup luas dan memiliki pasir putih yang lembut dengan karakter ombak yang besar berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Untuk berkunjung ke sini, wisatawan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp8.000 per orang, dan harga parkir Rp5.000 (Harga tiket masuk obyek wisata alam Pantai Tulungagung, Jawa Timur, dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu).
 

4. Pantai Balekambang, Malang

 

Pantai Balekambang (sumber foto : Indonesia Kaya)

Pantai Balekambang (sumber foto : Indonesia Kaya)



Ada banyak destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi saat berada di Malang, salah satunya adalah Pantai Balekambang yang terletak di Kecamatan Bantur, Kota Malang.

Keindahan pantai di sini begitu elok dan mampu menghipnotis dengan kejernihan airnya bahkan kami bisa melihat batu karang di balik jernihnya air laut di pantai ini.

Selain menikmati suasana pantai, di pesisir pantai ini, terdapat tiga batu karang besar yang disebut pulau oleh masyarakat setempat yaitu Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni dan Pulau Ismoyo. Menariknya di Pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura yang menambah keindahannya.

Untuk menikmati pesona pantai ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, terdapat juga biaya parkir dengan tarif sebagai berikut: Sepeda motor: Mulai dari Rp 5.000.
 

5. Pantai Pupama, Jember

 

Pantai Papuma Jember (sumber gambar :Azhari Setiawan/ Kemenparekraf)

Pantai Papuma Jember (sumber gambar :Azhari Setiawan/ Kemenparekraf)



Pantai Papuma merupakan salah satu pantai pasir putih ikonik di Jember yang berada di jalur lintas selatan Jawa. Pantai yang terletak di desa Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember ini dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di Indonesia pada TripAdvisor Traveler Choice 2015 lalu.

Nama Pantai Papuma ini sebenarnya singkatan dari "Pasir Putih Malikan". Kata “Tanjung” ditambahkan di depannya, untuk menggambarkan posisi pantai yang menjorok ke laut arah barat daya dari wilayah itu.

Salah satu yang khas dari pantai di selatan Jawa adalah ombak yang keras dan tinggi, ini menjadi pemandangan yang spektakuler. Batu karang yang menjulang kerap menghalau ombak hingga buihnya pecah ke daratan sehingga membuat pantai ini menjadi sangat layak dikunjungi.

Nah, itu dia tadi lima rekomendasi pantai pasir putih yang dapat Genhype kunjungi saat mudik melintasi wilayah Jawa Timur. Selamat berlibur.

Baca juga : Libur Lebaran, Cek 5 Destinasi Wisata Pantai di Indonesia

Editor : Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

5 Cara Cepat Atasi Mabuk Kendaraan Saat Mudik

BERIKUTNYA

Tren Pariwisata Terus Tumbuh, Ini Destinasi Staycation Populer di Dalam dan Luar Negeri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: