Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbudristek Hilmar Farid (kiri), Artistic Director Art Jakarta Gardens 2024 Enin Supriyanto (tengah), dan Owner D Gallerie Esti Nurjadin di sela-sela pembukaan Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, Selasa (23/4/2024). (Arief Hermawan P/hypeabis.id)

Art Jakarta Gardens 2024 Targetkan 10.000 Pengunjung

23 April 2024   |   19:24 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran Art Jakarta Gardens yang kembali dihelat tahun ini diharapkan menjadi pemacu bergeliatnya pasar seni rupa Indonesia. Artistic Director Art Jakarta Gardens, Enin Supriyanto optimistis Art Jakarta Gardens akan terus menjadi bursa seni dan wadah para seniman, galeri, dan penikmat seni di Indonesia.

Art Jakarta Gardens digelar pertama kali pada April 2022. Bursa seni ini bertujuan untuk menjadi oase bagi para penikmat seni di tengah keterbatasan kondisi pandemi kala itu. Terbatasnya ruang gerak akibat pagebluk membuat Art Jakarta Gardens digelar di ruang terbuka, yang didominasi oleh karya seni patung dan instalasi.

Baca juga: Art Jakarta Gardens 2024 Resmi Dibuka, Hadirkan Puluhan Karya Patung & Instalasi

Memasuki tahun ketiga, Art Jakarta Gardens kini telah bersemi menjadi ajang seni tahunan yang selalu ditunggu. Antusiasme besar selalu mewarnai gelaran bursa seni besar Indonesia ini.

Enin optimistis target pengunjung Art Jakarta Gardens sebanyak 10.000 orang akan tercapai. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, geliat apresiasi seni di Indonesia makin tinggi seiring berjalannya waktu.

Menurutnya, jumlah pengunjung biasanya akan mengalami peningkatan pada akhir pekan. Kondisi ini berbeda dengan hari kerja. Biasanya, saat hari kerja, kunjungan ke Art Jakarta Gardens baru akan ramai ketika sore hari.

Enin mengatakan kalau berbicara soal jumlah kunjungan, persoalan lahan memang terus menjadi tantangan. Keterbatasan ruang, terutama area tenda, selalu menjadi faktor yang membuat target jumlah kunjungan memang harus disesuaikan dengan kondisi lapangan.

"10.000 kunjungan itu buat kami justru mulai mengkhawatirkan. Bukan sombong, bukan menolak orang, tetapi kami juga ingin ada kenyamanan agar semua bisa menikmati. Memang kalau di area luar itu memungkinkan lebih, tetapi yang di dalem tenda ini enggak," ungkap Enin di Hutan Kota by Plataran, Selasa (23/4/2024).

Enin mengatakan pada edisi pertama saja, ketika kondisi masih dilingkupi pandemi, Art Jakarta Gardens sudah mendapat kunjungan sekitar 9.000 orang. Saat ini, tentu ada potensi untuk lebih banyak mendatangkan kunjungan.

Enin mengatakan beberapa kawan bahkan ada yang menargetkan kunjungan di atas 12.000. Namun, sekali lagi, selain persoalan angka, kenyamanan juga menjadi salah satu hal yang diperhatikannya.

Oleh karena itu, angka kunjungan 9.000 sampai 10.000 menjadi angka yang cukup ideal. Dirinya tidak membayangkan kalau jumlah kunjungan akan lebih membludak mengingat kondisi tempat, terutama area tenda.
 

Pengunjung mengamati karya seni yang dipamerkan di Art Jakarta Gardens di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, Selasa (23/4/2024). (Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbudristek Hilmar Farid (kiri), Artistic Director Art Jakarta Gardens 2024 Enin Supriyanto (tengah), dan Owner D Gallerie Esti Nurjadin di sela-sela pembukaan Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, Selasa (23/4/2024). (Arief Hermawan P/hypeabis.id)


Mengusung pameran dengan konsep ruang terbuka, Art Jakarta Gardens tahun ini kembali memamerkan sejumlah karya yang didominasi oleh patung dan seni instalasi dari dari 23 galeri ternama, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Sejumlah galeri yang berpartisipasi di antaranya Art Agenda, ArtSerpong Gallery, CAN'S Gallery, A+ Works of Art, Gudang Gambar, Museum of Toys, Nadi Gallery, Gajah Gallery, dan CG Artspace. Setiap galeri akan memamerkan karya-karya dari para seniman lintas generasi, dari G Sidharta, Nyoman Nuarta, hingga Dian Hardiansyah.

Selama pameran berlangsung, pengunjung dapat menjelajahi kombinasi presentasi apik karya seni rupa dalam dan luar ruang dengan bentuk patung, instalasi, dan objek dua dimensi. Ada sejumlah taman patung dan instalasi, serta karya seni lain yang dipajang di tenda khusus dari para galeri.

Tahun ini, akan ada presentasi dari 23 galeri ternama. Tak hanya itu, pekan seni ini juga akan memboyong 30 karya patung dari berbagai seniman masyhur dalam konsep sculpture garden. Dalam pameran nanti, patung-patung tersebut sebagian akan diletakkan di taman luar ruang, sehingga menciptakan pengalaman menikmati seni di taman terbuka yang menarik.

Baca juga: Do and Don't Saat Berkunjung ke Pameran Seni Art Jakarta Gardens 2024

Karya-karya tersebut akan tersebar dan mengisi beberapa titik area di dalam Hutan Kota by Plataran. Sebagian besar patung tersebut adalah karya-karya dari seniman muda.

"Dengan melihat antusiasme pengunjung, Art Jakarta Gardens makin jelas karakternya sebagai acara apresiasi seni rupa yang khas. Yaitu memperkaya ragam acara seni dan hiburan bagi warga Kota Jakarta,” imbuhnya. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Produser Ungkap Ide Film Harta Tahta Raisa yang Bakal Rilis 6 Juni 2024

BERIKUTNYA

Film Harta Tahta Raisa Diharapkan Bisa Cetak Box Office

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: