Red Carpet Piala Oscar atau Academy Awards 2024 (Sumber gambar: X/The Academy)

Ada Aturan Baru di Ajang Piala Oscar 2025, Apa Saja?

23 April 2024   |   12:28 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang penghargaan Academy Awards atau Piala Oscar ke-97 atau 2025 akan digelar pada tahun depan. Sebagai bagian dari persiapannya, Dewan Gubernur Academy Awards telah menyetujui peraturan penghargaan dan promosi kampanye bagi calon peserta.

Kabar itu disampaikan dalam keterangan resmi organisasi. Salah satu syarat film dapat berkompetisi di ajang itu adalah telah rilis antara 1 Januari -31 Desember 2024.

“Teater drive-in tidak lagi menjadi sarana kualifikasi, dan enam wilayah metropolitan AS yang memenuhi syarat kini akan mencakup Dallas-Fort Worth, selain Los Angeles County; Kota New York; Wilayah Teluk; Chicago, Illinois; dan Atlanta, Georgia,” demikian tertulis. 

Baca juga: Mark Ruffalo sampai Billie Eilish Pakai Pin Merah di Ajang Piala Oscar 2024, Apa Maknanya?

Informasi itu juga memuat terdapat perluasan persyaratan kelayakan teater dalam kategori film terbaik yang disetujui oleh Dewan Gubernur pada Juni 2023, dan akan berlaku untuk Academy Awards ke-97. 

Sebuah film harus memenuhi standar teater tambahan agar layak masuk dalam nominasi Film Terbaik setelah menyelesaikan proses kualifikasi awal, yang saat ini ditetapkan sebagai rilis teater selama satu minggu di salah satu dari 6 kota yang memenuhi syarat di Amerika Serikat.

Syarat tambahan itu adalah pemutaran yang diperluas selama tujuh hari, berturut-turut, atau tidak berturut-turut, di 10 dari 50 pasar teratas Amerika Serikat, selambat-lambatnya 45 hari setelah rilis awal pada 2024.

Kemudian, untuk film akhir tahun dengan distribusi setelah 10 Januari 2025, pihak distributor harus menyerahkan rencana rilis ke The Academy untuk proses diverifikasi. Syarat tambahan lainnya adalah rencana perilisan film-film akhir tahun harus mencakup rencana distribusi pertunjukan di bioskop. 
 

Film non-wilayah Amerika Serikat 

Berbeda dengan film yang rilis di wilayah Amerika Serikat, karya yang tayang di wilayah bukan Amerika Serikat dapat tayang di 2 dari 10 pasar. Selain itu, film pasar non-Negeri Paman Sam itu juga harus memenuhi syarat tayang 15 pasar teater internasional teratas ditambah wilayah asal film tersebut.

Selain persyaratan kelayakan yang berkaitan dengan penayangan, kelayakan untuk dipertimbangkan dalam kategori Film Terbaik tetap bergantung kepada penyerahan formulir rahasia Representation and Inclusion Standards Entry (RAISE) dari The Academy.  “Film tersebut [juga] harus memenuhi persyaratan dua dari 4 standar,” demikian tertulis.

Selain itu, distributor dan/atau tim produksi harus menyerahkan PGA Mark Certification atau penentuan penghargaan selambat-lambatnya pada tanggal pemutaran komersial pertama film tersebut dalam proses kualifikasinya.

Sementara itu, Dewan Gubernur juga telah mengubah aturan penghargaan lainnya. Salah satu contohnya adalah dalam kategori musik untuk Skor Asli. 3 orang komposer boleh menerima piala individu jika seluruhnya berkontribusi penuh terhadap musik tersebut.

Sebelumnya, aturan menyebutkan bahwa 3 komposer wajib mendaftar sebagai satu grup. “Aturan tersebut kini memperjelas definisi grup sebagai band yang diakui. Daftar terpilih akan bertambah dari 15 menjadi 20 judul,” demikian tertulis.

Dewan juga mengubah nama 2 penghargaan khusus. Pertama adalah Penghargaan Gordon E. Sawyer menjadi Scientific and Technical Lifetime Achievement Award. Sementara itu, John A. Bonner Award diubah menjadi Scientific and Technical Service Award.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2024, Oppenheimer Borong 7 Trofi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Aespa Siap Comeback dan Rilis Full Album Armageddon Mei 2024

BERIKUTNYA

Simak Sinopsis Temurun yang Jadi Film Debut Sutradara Inarah Syarafina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: