Ryan Gosling syuting The Fall Guy (Sumber Foto: thefallguymovie.com)

Fakta Menarik The Fall Guy, Aksi Para Stuntman Lakoni Adegan Ekstrem Mengancam Nyawa

23 April 2024   |   08:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sukses dengan penampilannya sebagai Ken di film Barbie, aktor Ryang Gosling kembali ke layar lebar lewat film terbarunya. Kali ini dia tampil lebih cadas sebagai stuntman di film The Fall Guy. Film aksi-komedi garapan sutradara David Leitch ini merupakan penghargaan untuk para stuntman yang rela bertaruh nyawa demi kesuksesan sebuah film.

The Fall Guy tayang di Indonesia mulai 4 April 2024 dan di Amerika Serikat mulai 3 Mei 2024. Namun, sebelumnya film ini telah diputar pada 12 Maret 2024 di SXSW (South by Southwest) festival film yang diselenggarakan di Austin, Texas, Amerika Serikat sejak 1987.

Baca juga: Produksi Film ‘The Fall Guy’ Pecahkan Rekor Dunia Guinness

Sinopsisnya mengisahkan tentang Colt Seavers (Ryan Gosling) seorang stuntman aktor papan atas Tom Ryder. Pekerjaan tersebut telah dilakoninya selama bertahun-tahun, membawanya pada puncak kejayaannya sebagai stuntman ahli dengan jam terbang tinggi.

Hari-harinya dihabiskan di set lokasi syuting untuk melakukan pengambilan gambar di mana dia diledakkan, ditembak, dibakar, dilempar ke luar jendela, bahkan jatuh dari ketinggian. Serentetan laga ekstrem yang mengancam nyawa tersebut bukan soal besar baginya. Apalagi di sana ada sosok wanita pujaan hatinya, yakni Jody Moreno (Emily Blunt) sutradara film aksi yang sangat cantik.

Sayang, karier yang bertahun-tahun dibangun oleh Colt langsung terjun bebas bersamaan dengan dirinya yang mengalami kecelakaan setelah jatuh dari ketinggian dalam sebuah adegan laga. Setelah peristiwa tragis tersebut, sang stuntman menghilang selama setahun lebih untuk fokus pada penyembuhan fisik dan mentalnya yang terguncang. Tanpa penjelasan, dia meninggalkan Jody yang mempertanyakan nasib hubungan mereka.

Setelah 18 bulan, Colt mendadak muncul di set lokasi syuting yang akan menjadi karya debut penyutradaraan Jody Moreno. Film beranggaran besar yang disutradarai oleh mantan kekasihnya tersebut sedang berada di ujung tanduk. Hal tersebut lantaran Tom Ryder, sang bintang utamanya menghilang tanpa jejak.

Colt akhirnya kembali menjadi stuntman Tom Ryder, sambil mencari tahu kemana perginya sang aktor. Sayangnya, dia justru terperangkap dalam sebuah rencana jahat yang akan mengancam karier dan nyawanya. Nah Genhype, penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Simak sejumlah fakta menarik berikut ini!
 

1. Diadaptasi dari Serial The Fall Guy (1980)

Pada September 2020, Ryan Gosling bersama sutradara David Leitch dan penulis Drew Pearce kabarnya sedang mengerjakan film tentang stuntman di bawah produksi Universal Pictures. Pada Mei 2022, dipastikan proyek ini merupakan adaptasi serial The Fall Guy yang disiarkan mulai 4 November 1981 hingga 2 Mei 1986 di stasiun TV ABC. 

Serial ini dibintangi oleh Lee Majors, Douglas Barr, dan Heather Thomas. Lee Majors berperan sebagai Colt Seavers, seorang stuntman yang punya pekerjaan sambilan sebagai pemburu hadiah. Dia menggunakan keterampilan fisik dan pengetahuannya tentang efek aksi, terutama yang melibatkan mobil atau truk pikap GMC besar untuk menangkap buronan dan penjahat kelas kakap. Dalam aksinya ditemani oleh sepupunya yang sedang ditraining jadi stuntman, yakni Howie Munson (Barr), dan sesama stuntwoman Jody Banks (Thomas).
 

2. Anggaran fantastis dan set lokasi syuting megah

 

Adegan berbahaya Colt Seavers (Sumber Foto: thefallguymovie.com)

Adegan berbahaya Colt Seavers (Sumber Foto: thefallguymovie.com)


The Fall Guy menghabiskan biaya produksi yang fantastis, yakni mencapai lebih dari US$244 juta atau sekitar Rp2 Triliun. Syuting dimulai pada Oktober 2022 di Disney Studios Australia dan Moore Park, Sydney, Australia. Pada Januari 2023, Jembatan Pelabuhan Sydney ditutup selama beberapa jam siang hari untuk syuting adegan yang melibatkan aksi berbahaya para stuntman.

Selain itu, film ini juga melibatkan lebih dari 1.000 pemain dan kru Australia, serta lebih dari 3.015 figuran film Australia. Mengingat biaya produksi ini akan mendatangkan banyak uang bagi perputaran ekonomi Australia, pemerintah federal setempat memberikan insentif sebesar US$30 juta atau sekitar Rp308 miliar. Tak ketinggalan pemerintah negara bagian New South Wales, juga kabarnya akan memberikan insentif hingga US$14,5 juta atau sekitar Rp149 miliar.


3. Pecahkan Rekor Ledakan Meriam Terbanyak

Universal Pictures dan 87North, mengumumkan bahwa film The Fall Guy berhasil memecahkan rekor dunia yakni Guinness World Records selama proses produksinya. Film ini mencatatkan rekor baru untuk jumlah pelemparan meriam terbanyak di dalam mobil dalam satu aksi.

Logan Holladay, yang bertanggung jawab atas aksi mengemudi untuk karakter utama yang diperankan oleh Ryan Gosling, terlibat dalam adegan yang mengharuskannya melakukan pelemparan meriam di Jeep Grand Cherokee yang telah dimodifikasi.

Holladay berhasil menggulingkan mobilnya delapan setengah kali dalam aksi tersebut, yang secara resmi memecahkan Guinness World Record baru, yang sebelumnya dipegang oleh Adam Kirley dalam film Casino Royale. Adapun pelemparan meriam adalah aksi klasik dalam film mobil yang melibatkan ledakan di bawah mobil yang sedang bergerak, menyebabkan mobil tersebut terbalik berkali-kali.
 

4. Sosok Logan Holladay Stuntman Ryan Gosling

Walaupun Ryan Gosling berperan sebagai stuntman, beberapa adegannya dalam The Fall Guy juga memerlukan pemeran pengganti. Logan Holladay stuntman Ryan Gosling berbagi cerita bahwa pekerjaan ini sudah menjadi turun-temurun di keluarganya dari sang ayah. Menjadi seorang stuntman sudah menjadi bagian dari hidupnya semasa kecil.

"Ketika saya mendengar bahwa The Fall Guy akan diproduksi, saya tahu saya harus ikut serta," katanya. 

Setelah dua kali latihan dan satu pengambilan gambar langsung, kami hanya memiliki satu mobil dan satu kesempatan tersisa. Setelah berhasil melakukan delapan setengah putaran, saya merasa cukup yakin telah memecahkan rekor karena rasanya seperti putaran ini tidak akan pernah berhenti. Itu adalah momen yang luar biasa, dan saya sangat bangga dengan apa yang kami capai sebagai tim.
 

5. Peran Emily Blunt Awalnya Penata Rias

 

Emily Blunt dan Ryan Gosling (Sumber Foto: thefallguymovie.com)

Emily Blunt dan Ryan Gosling (Sumber Foto: thefallguymovie.com)


Karakter sutradara Jody Moreno yang diperankan Emily Blunt awalnya adalah seorang penata rias. Namun, peran tersebut langsung diubah menjadi sutradara sebelum Emily Blunt menerima naskahnya. Aktris pemeran A Quiet Place tersebut banyak memberi masukan tentang karakter tersebut. 

Dia mengambil inspirasi dari Greta Gerwig sutradara film Barbie, serta beberapa sutradara wanita hebat yang ditemuinya supaya lebih mendalami karakter Jody Moreno.

“Dengan kehangatan dan pesonanya, saya rasa ada Greta kecil di sana, dia adalah campuran dari beberapa orang yang saya temui, ada daya tarik dari sosoknya," kata Emily Blunt, dikutip Gamesradar.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Profil Sarah J. Maas, Penulis Novel Roman-Fantasi Terlaris Sepanjang 2024

BERIKUTNYA

Aespa Siap Comeback dan Rilis Full Album Armageddon Mei 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: