Ilustrasi bermain gadget (Sumber foto: Pexels/SHVETS production)

Genhype Kecanduan Gadget? Cek Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya

23 April 2024   |   12:12 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Sekarang ini penggunaan gadget memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur, gadget menyertai berbagai aktivitas. Akan tetapi, dibalik banyaknya manfaat pada gadget, faktanya gadget juga dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya.

Tak jarang para pengguna gadget yang mengalami kecanduan dalam pemakaiannya. Pasalnya, kecanduan gadget dapat membawa dampak negatif yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental pengguna. Banyak pengguna yang sulit untuk memisahkan diri dari perangkat mereka, bahkan dalam situasi-situasi dimana penggunaan gadget tidak diperlukan.

Baca juga: Saran Psikolog Soal Penggunaan Gadget Anak, Coba Terapkan Yuk 

Berikut adalah ciri-ciri orang kecanduan gadget dan cara mengatasinya.  

1. Kesulitan untuk melepas gadget

Seseorang yang kecandungan gadget akan merasa sulit untuk menjauhkan diri dari perangkat elektronik, bahkan dalam situasi yang tak seharusnya menggunakan gadget, ia akan tetap menggunakannya. Misalnya saja seperti saat bersama keluarga, saat makan, atau melaksanakan kegiatan lainnya.
 

2. Menarik diri dari kehidupan sosial

Orang yang kecanduan gadget lebih memilih berinteraksi dengan perangkat atau dunianya sendiri dari pada dengan orang lain secara langsung. Mereka merasa cukup puas dengan kesendiriannya tanpa harus bersosialisasi.
 

3. Kurang kontrol

Dilansir melalui lybrate, jenis kecanduan ini biasanya disertai dengan perubahan suasana hati dan agresif yang sangat dramatis. Hal ini dapat dengan mudah terlihat ketika seseorang harus menyerahkan ponselnya yang terlihat gelisah ketika diminta untuk berhenti menggunakan gadget-nya, terutama pada anak-anak. 
 

4. Insomnia

Paparan sinar biru dari gadget dapat memengaruhi durasi dan kualitas tidur seseorang. Ketika seseorang mengalami kecanduan pada gadget, mereka akan merasa susah untuk tidur di malam hari karena terbiasa bermain gadget sebelum tidur. 
 

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

Kecanduan gadget dapat menyebabkan berkurangnya fokus dan rentang perhatian, hilang ingatan, stres dan kecemasan, sakit kepala, gangguan mata dan sakit punggung. Secara keseluruhan, kecanduan gadget merugikan kondisi fisik, emosional, dan mental manusia.

Dilansir melalui Punch, berikut adalah cara mengatasi kecanduan gadget.
 

1. Lakukan aktivitias lain

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kecanduan gadget adalah dengan melakukan aktivitas yang tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan perangkat. Misalnya seperti bermain permainan kartu, permainan papan, membaca majalah atau buku, dan jalan-jalan bersama teman atau keluarga. 
 

2. Kurangi bermain media sosial

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecanduan gadget adalah dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk berselancar di media sosial, terutama berdebat atau berargumen. Berdebat di media sosial dapat menyebabkan stres dan merasa tidak bahagia. Oleh karena itu, pengguna gadget tak perlu merespons setiap hal pada media sosial.
 

3. Gunakan aplikasi untuk mengontrol pemakaian gadget

Terdapat aplikasi yang dapat di unduh dan digunakan pada perangkat pintar (smart devices) untuk membantu mengatasi kecanduan gadget. Aplikasi tersebut memiliki fitur untuk memantau seberapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna pada setiap aplikasi dan pengguna dapat mengatur pembatasan waktu. Misalnya, pengguna dapat mengatur aplikasi tersebut untuk membatasi waktu yang dihabiskan di media sosial selama jam kerja atau waktu tidur, atau bahkan untuk memblokir akses ke aplikasi yang tidak diinginkan.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Dialami Erika Carlina, Apa Kaitan Penyakit Autoimun dengan Kesehatan Mental?

BERIKUTNYA

Zetryana Puteri, 'Kartini' Peneliti yang Tak Henti Menggali Potensi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: