Anggota TIm Onic Esports (Sumber: instagram.com/onic.esports)

Daftar 5 Tim MPL dengan Networth Tertinggi

23 April 2024   |   06:08 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Esports telah menjadi salah satu industri hiburan yang paling menguntungkan, terutama di ranah game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Industri ini telah menciptakan berbagai turnamen yang diikuti oleh ratusan tim dari seluruh dunia dengan tujuan memenangkan hadiah berjumlah fantastis. 

Salah satu turnamen yang paling dinantikan oleh para penggemar MLBB adalah Mobile Legend Professional League (MPL). Turnamen ini diselenggarakan oleh pengembang MLBB, Moonton, yang berkolaborasi dengan penyelenggara lokal di berbagai negara.

Hingga kini, sudah ada 10 liga MPL dari seluruh dunia yang menggelar dua musim kompetisi setiap tahunya. MPL Indonesia merupakan yang paling populer. Ajang itu memberikan prize pool terbesar dalam sejarah MPL, sebesar US$300.000 pada musim ke-8 kejuaraannya.

Baca juga: 5 Turnamen Esports Paling Populer 2023, Mobile Legends & League of Legends Mendominasi 

Dari 921 tim MLBB yang terdaftar di Esport Charts, terdapat 5 tim yang berhasil meraup keuntungan terbesar setelah memenangkan berbagai pertandingan. Kelima tim ini semuanya aktif berkompetisi di kejuaraan MPL dari masing-masing daerah, yang berkontribusi kepada networth mereka yang sangat tinggi. 

Bagi Genhype yang gemar mengikuti perkembangan industri esports, simak 5 tim MPL dengan networth tertinggi dalam daftar berikut ini. 


1. Blacklist International

Blacklist International adalah tim esports MLBB Filipina yang aktif berkompetisi di kejuaraan MPL Philippines sejak 2020. Meski masih tergolong muda, Blacklist adalah tim dengan total prize terbesar dibanding tim lain, yang mencapai US$671.140. Tim ini telah memenangkan musim ke 8, 9, 10 dari kejuaraan MPL Philippines. 

Banyak pemain MLBB profesional yang bergabung dengan tim ini. Salah satunya adalah kapten dari tim Blacklist, Johnmar Villaluna yang dikenal dengan username OhMyV33NUS.

Dia sering disebut sebagai salah satu pemain Support terbaik dalam sejarah Mobile Legends, karena bisa menggunakan semua Hero Support (khususnya Estes) dengan sangat lihai. Saking lihainya, para musuh sering kewalahan dengan heal yang terus mengalir, membuat rekan satu timnya susah dibunuh.

Selain OhMyV33NUS, pemain lain dari Blacklist International yang terkenal adalah pacarnya sendiri bernama Danerie “Wise” Rosario. Keduanya saling melengkapi satu sama lain saat bertanding, menciptakan meta hyper tank dengan support healer yang sangat mengganggu dan efektif. 
 

2. Onic Esports

Sebagai salah satu tim esport MLBB kebangaan Indonesia, Onic Esports telah meraup prize money sebesar US$634,302. Tim ini didirikan pada 2018 oleh beberapa nama seperti Calon Legislatif dan suami dari aktris Chelsea Islan, Rob Clinton Kardinal.

Hingga kini, tim ini telah berhasil memenangkan 5 musim MPL Indonesia, menjadikannya salah satu tim paling dominan dan terkenal dalam sejarah kejuaraan tersebut. Terdapat banyak pemain profesional yang telah bergabung dengan Onic Esports.

Salah satunya adalah pemain berbakat asal Filipina Kairi Ygnacio Rayosdelsol, yang sebelumnya pernah bermain untuk Blacklist International. Dalam tim barunya ini, Kairi berperan sebagai jungler, biasanya dia memainkan hero dengan Assassin dan Marksman seperti Natan, Hayabusa, dan Yi Sun-Shin. Tahun lalu, ia mendapatkan nominasi Play of The Year oleh Esports Awards 2023.

Selain Kairi, Calvin "CW" Winata adalah salah satu pemain terbaik di Onic Esports. Sepanjang musim 11 MPL Indonesia, CW berhasil mencatat performa yang sangat luar biasa. Mulai dari 100% win rate dengan hero Melissa, hingga menjadi pemain dengan kill terbanyak selama musim kejuaraan tersebut. 
 

3. A.P Bren

A.P (Ang Pinalakas) Bren adalah satu-satunya tim Esports professional asal Filipina yang berhasil memenangkan 3 kejuaraan MLBB terbesar. MPL Philippines, MLBB Southeast Asia Cup, dan M World Championship. Dengan berbagai pencapaiannya, total prize money yang telah diraih tim mencapai angka US$525.727.

Kebanyakan pencapaian yang berhasil diraih oleh A.P Bren dapat dikreditkan kepada kapten tim dan pemain midlaner Angelo Kyle “Pheww” Arcangel. Melalui kepemimpinannya, dia berhasil mengamankan beberapa gelar juara dunia dan dinobatkan sebagai Most Valuable Player di grand final dari kejuaraan M5 Mobile Legends World Championship pada 2023.

Selain Pheww, jungler Michael Angelo “KyleTzy” Sayson juga merupakan aset berharga bagi tim A.P Bren. Pada musim ke-11 dari MPL Phillipines, dia dinobatkan sebagai Best Rookie karena sering mengecoh musuhnya dengan gerakan sangat cepat saat menggunakan hero Lancelot.
 

4. Echo

Sebelumnya dikenal sebagai cabang FIlipina dari tim Aura, Echo kini menjadi tim esport profesional yang perlahan mulai menjadi ancaman bagi tim-tim Filipina lain. Melalui ketekunannya, Echo telah memenangkan M4 World Championship dan MPL Filipina musim 11 pada tahun yang sama. Kini Echo telah meraih total prize money sebesar US$452.240.

Salah satu pemain paling berprestasi dari tim ini adalah Frederic Benedict “BennyQT” Gonzales, yang dinobatkan sebagai Mobile Player of the Year oleh MOBIES 2023 awards. Selain Bennyqt, Jaypee Gonzales Dela Cruz adalah pemain lain yang menjadi kebangaan Echo. Dia pernah membawa juara MPL Filipina 2 kali berturut-turut bersama tim sebelumnya, Sunsparks.


5. RRQ Hoshi

Selain Onic, RRQ Hoshi menjadi salah satu tim esports MLBB paling sukses dari dari Indonesia. Sebelumnya, tim ini bernama RRQ O2, tapi diubah menjadi RRQ Hoshi. Nama tim itu bisa diartikan menjadi “Raja Dari Raja Bintang” dalam bahasa Indonesia.

Namun, nama seram mereka bukan sekadar untuk pamer, dan didukung dengan banyak prestasi. Sejak MPL Indonesia Season 2, RRQ Hoshi berkali-kali menempati posisi pertama dan kedua. Mengamankan lebih dari US$388.000 prize money.

Muhammad "Lemon" Ikhsan adalah salah satu pemain paling sukses dan berprestasi dalam sejarah MLBB. Dia terkenal menggunakan Hero Kagura yang sangat susah untuk ditargetkan oleh musuh-musuhnya.

Lantaran kemahirannya untuk menggunakan berbagai hero dengan cara yang tak lazim, Lemon mendapat julukan “alien” oleh mantan pemain profesional MLBB Yurino "Donkey" Angkawidjaja. 

Baca juga: Mau Berkarier di Industri Gaming & Esports? Cek Dulu Tip & Trik Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pemerintah Wacanakan Festival Film Indonesia Jadi Badan Tersendiri, Ini Alasannya

BERIKUTNYA

Genhype Wajib Tahu, Ini Kesalahan dalam Makeup yang Harus Dihindari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: