Pertandingan esports League of Legends (Sumber gambar: X/LoL Esports)

5 Turnamen Esports Paling Populer 2023, Mobile Legends & League of Legends Mendominasi 

29 December 2023   |   19:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Olahraga elektronik alias esports terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Jamaknya turnamen yang diselenggarakan dengan nilai hadiah fantastis, ditambah banyaknya para penikmat yang konsisten menyaksikan, membuat esports telah menjadi hiburan arus utama di dunia. 

Tahun ini jadi salah satu pembuktiannya. Industri esports mencapai rekor baru untuk puncak penayangan daring pada 2023. Selain itu, turnamen atau event olahraga elektronik juga makin banyak disaksikan di berbagai belahan dunia, tak hanya pasar utama seperti Asia dan Eropa. 

Dirangkum dari Escharts, berikut ini adalah turnamen esports paling populer sepanjang 2023. Apa saja? Yuk simak. 

Baca juga: Peluang Bisnis Esports Bikin Ngiler, Perusahaan Teknologi Berlomba Ambil Peluang
 

1. 2023 World of Championship - League of Legends 

Kompetisi olahraga elektronik paling populer tahun ini datang dari judul gim League of Legends, apalagi kalau bukan 2023 World of Championship, yang merupakan ajang internasional paling bergengsinya. 

Turnamen tersebut berhasil menarik lebih dari 6,4 juta penonton puncak. Ini menandai rekor baru, tidak hanya untuk judul gimnya tapi juga industri esports secara umum. Pertandingan paling banyak ditonton dari kompetisi ini adalah fase Grand Final yang mempertemukan Weibo Gaming dengan T1. 

Escharts mencatat bahwa ada sejumlah faktor yang mendorong hal ini terjadi. Di antaranya adalah lokasi turnamen yang strategis, penampilan T1 yang gemilang di Grand Final, dan aktifnya komunitas casting oleh para streamer papan atas. 
 

2. M5 World Championship - Mobile Legends: Bang Bang 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kejuaraan dunia Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) merupakan salah satu ajang esports paling gandrung di dunia. Tiap tahunnya, kompetisi ini disaksikan oleh jutaan penonton dalam satu waktu, termasuk M5 World Championship yang mampu mengumpulkan 5 juta penonton puncak. 

Tak hanya itu, ajang ini juga mencatatkan rekor penayangan esports tertinggi di siaran TikTok dengan lebih dari 1 juta orang yang menyaksikannya secara bersamaan. Pertandingan paling populernya tentu saja perebutan juara antara ONIC Esports melawan AP.Bren. 
 

3. M4 World Championship - Mobile Legends: Bang Bang 

M4 World Championship merupakan ajang penutup musim kompetisi 2022 gim MLBB, tapi dilaksanakan pada awal Januari 2023, sehingga masih masuk dalam daftar ini. Sementara itu, M5 World Championship yang ada di daftar urutan kedua diselenggarakan pada Desember 2023. 

M4 MLBB mampu menarik jumlah penonton dalam satu waktu mencapai 4,2 juta orang. Menariknya, bukan pertandingan final yang mencatatkan rekor tersebut, justru babak semifinal upper bracket-nya yang mempertemukan RRQ Hoshi dan Blacklist International. Sementara itu, laga penentuan juara antara dua tim Filipina, Blacklist International dan ECHO, mampu meraih 3 juta penonton puncak. 
 

M4 World Championship (Sumber gambar: Moontoon)

M4 World Championship (Sumber gambar: Moontoon)

4. MLBB Southeast Asia Cup 2023 - Mobile Legends: Bang Bang 

Masih dari gim Mobile Legends, turnamen regional di tingkat Asia Tenggara pada tahun ini juga mencatatkan jumlah penonton yang tinggi. MLBB Southeast Asia Cup 2023 berhasil menarik 3,65 juta penonton secara bersamaan. Angka ini tercatat sekitar 850.000 lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Sekali lagi, pertandingan derbi Asia Tenggara antara Blacklist International dan ONIC Esports jadi tontonan yang paling banyak dilihat. Keduanya bertemu di Grand Final dengan kemenangan untuk tim esports asal Indonesia. 
 

5. Mid Season Invitational 2023 - League of Legends 

Lima besar turnamen esports paling populer tahun ini dilengkapi oleh League of Legends dengan turnamen Mid Season Invitational. Laga antara T1 melawan JD Gaming di upper bracket berhasil memikat hampir 2,3 juta penonton dalam satu waktu. 

Mid Season Invitational 2023 menarik banyak penonton karena Riot Games mengizinkan para streamer independen untuk menyiarkan pertandingan. Perusahaan pertama kali mempekerjakan caster komunitas di kejuaraan tingkat dunia pada 2022, dan sampai sekarang tetap melibatkan mereka yang berdampak pada peningkatan jangkauan penonton. 

Baca juga: 10 Game Siap Rilis Januari 2024: Tekken 8 hingga Palworld

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Ide Kegiatan Seru Sambut Tahun Baru 2024

BERIKUTNYA

Dapatkan Lisensi, Lionsgate Siap Produksi Film Monopoly

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: