Timnas Indonesia U-23 (Sumber gambar: PSSI)

Kalkulasi Peluang Timnas Indonesia Lolos Babak 8 Besar Piala Asia U-23 2024

20 April 2024   |   19:27 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Timnas Indonesia mengawali laga pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan kurang baik. Skuad Garuda dipaksa tunduk dengan skor 0-2 dari tuan rumah Qatar. Namun, pada laga kedua, Timnas Indonesia mampu bangkit dan berhasil mengalahkan Timnas Australia dengan skor akhir 1-0.

Tandukan I Komang Teguh Trisnanda menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia  atas Australia dalam laga yang berlangsung Kamis (18/4/2024). Kemenangan tipis itu pun sangat berarti bagi perjalanan Skuad Garuda di Piala Asia U-23 ini. 

Baca juga: 5 Timnas dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia U-23 2024

Dari dua pertandingan yang sudah dilakukan, Timnas Indonesia kini mampu mengumpulkan tiga poin. Hasil kemenangan pada laga kedua ini mampu mendongkrak posisi Indonesia sekaligus membuka peluang untuk lolos.
 

Timnas Indonesia U-23 (Sumber gambar: PSSI)

Timnas Indonesia U-23 (Sumber gambar: PSSI)


Saat ini Garuda muda berada di peringkat kedua klasemen Grup A dengan raihan tiga poin. Timnas Indonesia hanya kalah dari Timnas Qatar yang mampu mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan yang dilakoninya. Sementara itu, Australia dan Yordania berada diperingkat ketiga dan keempat dengan masing-masing hanya meraih satu poin.

Melihat peta kekuatan di Grup A, Timnas Qatar dapat dipastikan sudah mengunci satu tiket ke babak 8 besar. Sementara itu, satu tiket lagi masih harus diperebutkan oleh tiga tim, yakni Indonesia, Yordania, dan Australia.

Dalam laga terakhir Grup A, Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Yordania di Stadion Abdullah Bin Khalifa pada Minggu (21/4/2024) malam. Sementara itu, Timnas Australia juga akan menghadapi Timnas Qatar pada hari yang sama di Stadion Jassim bin Hamad.


Skenario Indonesia Lolos Babak 8 Besar

Dari ketiga tim tersebut, peluang Indonesia untuk lolos ke babak 8 besar lebih besar dibanding tim yang lain. Hal ini tak lepas dari format Piala Asia U-23 2024 yang memakai sistem head to head dan bukan selisih gol.

Dalam sistem head to head, jika ada dua tim meraih poin yang sama, penentuan tim yang lebih unggul dinilai dari hasil pertandingan yang sudah dilakukan keduanya. Inilah yang membuat Indonesia lebih berpeluang lolos.

Sebab, skuad Garuda hanya perlu berfokus pada pertandingan melawan Yordania dan tak perlu memperdulikan hasil pertandingan lain untuk lolos ke babak 8 besar.

Timnas Indonesia bisa lolos ke babak 8 besar jika menang melawan Yordania. Berapa pun skor yang dihasilkan, raihan tiga poin sudah amat cukup mengantarkan Indonesia ke babak selanjutnya.

Sebab, dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia akan meraih enam poin di akhir laga. Hasil tersebut tak akan mungkin terkejar oleh Yordania maupun Australia.
 

Timnas Indonesia U-23 (Sumber gambar: PSSI)

Timnas Indonesia U-23 (Sumber gambar: PSSI)


Namun, kalaupun tak bisa menang melawan Yordania, hasil imbang juga sebenarnya sudah bisa mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak 8 besar. Dengan hasil seri, Garuda muda mengumpulkan empat poin di akhir laga dan otomatis lolos.

Meski di pertandingan lain Australia berhasil menang melawan Qatar dan membuatnya sama-sama punya empat poin, Indonesia tetap akan jadi tim yang lolos. Sebab, Indonesia unggul head to head dengan Australia.

Namun, bagaimana jika Indonesia kalah dari Yordania? Jawabannya adalah sudah pasti Garuda muda tak bisa lolos ke babak 8 besar. Sebab, Indonesia hanya mampu meraih tiga poin, sedangkan kemenangan Yordania membuat tim tersebut mampu meraih empat poin. 

Baca juga: Profil Jairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Disebut Bakal Dinaturalisasi Timnas

Yang menarik adalah kalau Yordania meraih kemenangan dan Australia juga meraih kemenangan. Sebab, hal ini membuat kedua tim sama-sama meraih empat poin. Secara head to head, hasil pertandingan yang sudah keduanya lakoni juga berakhir imbang. Dengan demikian, produktivitas gol akan menjadi hal penting. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kembali Ke Panggung Musik, Iqbaal Ramadhan Rilis Tiga Single Terbaru

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Pet Cafe di Jakarta, Cocok Jadi Tempat Nongkrong Bareng Anabul

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: