Ilustrasi perempuan menggunakan pelembap (Sumber foto: freepik/Lifestylememory)

Jangan Keliru, Ini Cara Terbaik Menggunakan Moisturizer untuk Hasil Maksimal

20 April 2024   |   07:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Apakah kalian setuju jika skincare menjadi hal yang sangat penting saat ini? Banyak orang yang mulai menyadari bahwa merawat kulit adalah investasi jangka panjang untuk menunjang penampilan. Kini produk perawatan wajah juga kian berkembang dan beragam, diformulasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan kulit.

Salah satu produk yang tak kalah pentingnya dari produk perawatan kulit lainnya adalah moisturizer atau pelembap. Tak hanya berfungsi untuk menghindrasi kulit, tapi pelembap juga dapat membantu mengatasi kulit tertentu, khususnya kulit kering dan iritasi. 

Baca juga: Genhype Wajib Perhatikan, Ini Kandungan Skincare yang Tak Boleh Digunakan Bersamaan

Namun, agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan pelembap, penting bagi kalian untuk mengetahui cara yang benar dalam pengaplikasiannya. Pemilihan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing juga menjadi kunci agar perawatan wajah menjadi maksimal.

Berikut adalah cara yang baik untuk menggunakan pelembap agar hasilnya bisa maksimal. 
 

Cara memilih produk pelembap sesuai jenis kulit

Pemilihan pelembap juga sangat dipengaruhi oleh jenis dan kebutuhan kulit kalian. Jika kalian salah memilih produk yang tidak cocok untuk kulit, hal tersebut nantinya dapat menyebabkan masalah seperti jerawat, iritasi, atau kering. Dilansir melalui Real Simple, berikut adalah cara memilih produk pelembap sesuai jenis kulit. 
 

Ilustrasi perempuan menggunakan pelembap (Sumber foto: freepik/ArtPhoto_studio)

Ilustrasi perempuan menggunakan pelembap (Sumber foto: freepik/ArtPhoto_studio)

1. Kulit berminyak dan berjerawat

Pilih pelembap yang non komedogenik untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan memperburuk jerawat. Biasanya pelembap untuk kulit berminyak dan berjerawat menggunakan bahan yang berbasis air dan memiliki kandungan yang ringan.
 

2. Kulit kering

Bagi kalian yang memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan pelembap yang lebih tebal seperti shea butter, minyak jojoba, gliserin, dan asam hialuronat. 
 

3. Kulit sensitif

Pelembap untuk kulit sensitif sebaiknya berupa formula sederhana tanpa pewangi dan mengandung bahan-bahan yang meningkatkan penghalang kulit seperti ceramides dan peptida.
 

Cara menggunakan moisturizer agar hasil maksimal

1. Cuci tangan dan wajah 

Sebelum menggunakan pelembap, wajib hukumnya mencuci tangan dan wajah hingga bersih. Cuci wajah kalian dengan air yang hangat dan gunakan pembersih yang lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Setelah itu, jangan lupa juga untuk mencuci tangan menggunakan sabun pembersih yang baik untuk kulit. 
 

2. Oleskan pada kulit yang lembap

Dilansir dari laman Tracie Martyn, sebaiknya kalian menggunakan pelembap ketika kulit masih basah setelah mandi atau mencuci wajah. Dari pada menunggu kulit sampai benar-benar kering, lebih baik langsung aplikasikan pelembap.

Namun, jika kalian memiliki perawatan kulit lainnya seperti toner, essence, serum, maka gunakan produk tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakan pelembap. Langkah ini dapat berguna untuk mengunci kelembapan di kulit sehingga menjadi lebih efektif dalam membuat kulit tetap terhidrasi.
 

3. Gunakan ujung jari untuk memijat lembut pelembab ke wajah 

Dalam laman Curology dijelaskan bahwa sebaiknya kalian menggunakan ujung jari untuk memijat lembut pelembap ke wajah. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelembap merata ke seluruh permukaan wajah seperti di sekitar hidung atau mata yang susah dijangkau. Selain itu, dengan menggunakan ujung jari juga bisa membuat pelembap terserap dengan baik oleh kulit.
 

4. Oleskan ke leher

Meskipun ada produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk leher, namun tak ada salahnya juga untuk menjaga area leher menggunakan pelembap agar tetap terhidrasi. Berbeda dengan wajah, leher tidak memiliki kelenjar minyak, jadi area di sekitar leher tidak terhidrasi. Untuk itu, perlu juga mengoleskan pelembap di sekitar leher.
 

5. Aplikasikan produk perawatan kulit lainnya dari yang paling ringan hingga paling berat

Jika kalian memiliki perawatan wajah sebelum pelembap seperti toner, serum, essence, atau produk perawatan lainnya, oleskan terlebih dahulu produk-produk tersebut sesuai urutan dari bahan yang paling ringan hingga paling berat.

Selain itu, kalau kalian menggunakan produk perawatan yang dibilas setelah menggunakannya seperti masker wajah atau peeling, aplikasikan produk tersebut setelah membersihkan wajah kemudian bilas dan aplikasikan produk lain sesuai urutan. Setelah itu kalian bisa menggunakan pelembap. 
 

6. Gunakan tabir surya

Tabir surya merupakan salah satu produk perawatan wajah yang memegang peran utama sebagai pelindung wajah. Kandungan di tabir surya dapat berguna untuk mengunci semua bahan-bahan produk perawatan wajah agar dapat memberikan hasil maksimal. Disarankan untuk menggunakan tabir surya di akhir rangkaian perawatan wajah. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hypereport: Record Store Day Indonesia Luncurkan 43 Rilisan Album Fisik Eksklusif, Cek Daftarnya

BERIKUTNYA

Siap Tayang 25 Juni, Intip Cerita Seru Film Dokumenter I AM: CELINE DION

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: