Ilustrasi piringan hitam (Sumber gambar: Unsplash/Joe Vasquez)

Hypereport: Record Store Day Indonesia Luncurkan 43 Rilisan Album Fisik Eksklusif, Cek Daftarnya

20 April 2024   |   06:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Record Store Day (RSD) Indonesia akan kembali digelar. Tahun ini, pesta perayaan rilisan fisik tahunan tersebut bakal berlangsung pada Sabtu, 20 April 2024, dengan titik perayaannya akan tersebar di beberapa tempat di berbagai daerah di Indonesia.

RSD Indonesia tahun ini memang cukup spesial. Untuk pertama kalinya sejak 2015, format gelaran RSD Indonesia tidak lagi hanya terpusat di satu titik dengan konsep bazar. Tahun ini, perayaannya justru dipusatkan di toko-toko rilisan fisiknya langsung.

Sebanyak 20 toko rilisan fisik musik dipastikan turut ambil bagian dalam perayaan RSD Indonesia 2024. Ke-20 toko tersebut tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Pekalongan, Banjarmasin, Solo, Bali, dan Makassar.

Selain format penyelenggaraannya yang berbeda, RSD Indonesia juga terasa makin spesial dengan makin ramainya rilisan fisik dari para musisi yang dikeluarkan tahun ini. 

Baca juga: 20 Toko Tempat Berburu Rilisan Fisik Eksklusif Record Store Day Indonesia 20 April 2024

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan tahunan Record Store Day di Indonesia selalu diwarnai dengan perilisan karya spesial dari para musisi. Total, terdapat 43 musisi atau band yang akan melepas karya spesial dan eksklusif pada ajang ini.

Koordinator RSD Indonesia Mayo Ramandho mengatakan rilisan fisik esklusif ini merupakan tradisi dari Record Store Day yang terus dilestarikan hingga sekarang. Setiap tahunnya, akan ada band atau musisi tertentu yang akan meluncurkan rilisan fisik spesialnya khusus untuk acara ini.

Rilisan ekslusif tersebut bisa berupa album edisi terbatas, single, hingga merchandise khusus yang hanya tersedia pada hari tersebut saja. Biasanya barang tersebut juga diproduksi secara terbatas sehingga kerap jadi buruan kolektor.

“Dari 43 rilisan ekslusif yang akan dikeluarkan tahun ini, 20 di antaranya dalam bentuk kaset, 13 adalah CD, dan 10 lainnya berformat vinyl,” ungkap Mayo kepada Hypeabis.id

Menurut Mayo, 43 rilisan tersebut akan dicetak dalam jumlah yang terbatas. Dengan demikian, seluruh karya yang rilis nanti akan benar-benar ekslusif. Stok yang ada juga akan dikirim acak ke 20 toko yang terdaftar.

Dengan demikian, masing-masing toko akan memiliki rilisan eksklusif yang unik dan acak. Para penggemar bisa mengunjungi beberapa toko terdekat sekaligus untuk berburu rilisan apa yang dimau.

Berikut adalah daftar lengkap rilisan ekslusif RSD Indonesia

(Sumber gambar: RSD Indonesia)

(Sumber gambar: RSD Indonesia)

 

(Sumber gambar: RSD Indonesia)

(Sumber gambar: RSD Indonesia)

Terkait dengan band mana yang akan jadi tren tahun ini, Mayo menyebut semua album ekslusif yang dirilis semuanya adalah karya yang spesial. Setiap band tersebut menunjukkan ciri khas dan rasa bermusik yang berbeda, yang semuanya tentu punya penggemarnya sendiri-sendiri.

Namun, tak bisa dimungkiri, tahun ini band SORE bakal jadi salah satu yang cukup dicari. Sebab, tahun ini grup musik pelantun lagu "Mata Berdebu" itu baru saja kehilangan sosok vokalisnya, yakni Firza Amar Paloh atau Ade Paloh. Oleh karena itu, karya-karya dari SORE bisa jadi akan diburu oleh banyak penggemar dan jadi sorotan untuk tahun ini.

Selain itu, The Bakuucakar juga berpotensi cukup mendapat perhatian. The Bakuucakar merupakan band pengiring dari mendiang Glenn Fredly. Namun, setelah Glenn berpulang, The Bakuucakar tidak bubar dan justru membuat sebuah album bertajuk Reformula. Terlebih, tahun ini film Glenn Fredly juga akan rilis.

Di luar itu, kata Mayo, setiap band yang masuk ke rilisan eksklsuif RSD Indonesia adalah sebuah gambaran keberagaman musik dalam negeri. Masing-masing memiliki penikmatnya sendiri.

Baca juga: Menilik Sejarah Record Store Day, Pesta Rilisan Fisik Album Musik Digelar 20 April 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sambut Record Store Day, MataWaktu Gelar Pameran Sampul Vinyl No Music, Noise!

BERIKUTNYA

Jangan Keliru, Ini Cara Terbaik Menggunakan Moisturizer untuk Hasil Maksimal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: