Pengunjung di Museum MACAN. (Sumber gambar: Museum MACAN/Facebook)

Serba-serbi MACAN Open House, Serunya Berkunjung ke Museum secara Gratis

19 April 2024   |   15:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype di Jakarta pasti tahu Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN). Lokasinya di Jakarta Barat dan terkenal dengan pameran seni kontemporer dari dalam dan luar negeri. Jika biasanya pengunjung harus membayar tiket masuk, kali ini museum mengadakan program kunjungan gratis yakni MACAN Open House.

Seperti namanya, MACAN Open House adalah akses mengunjungi Museum Macan tanpa biaya untuk semua orang dalam periode waktu terbatas yakni pada 16-21 April 2024. Program ini tentunya bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mengisi libur akhir pekan ini bersama keluarga ataupun teman-teman, dengan menikmati sederet karya seni.

Baca juga: Seniman Australia Patricia Piccinini Akan Gelar Pameran Tunggal di Museum MACAN

Sebagaimana diketahui, untuk mengakses Museum Macan, pengunjung biasanya diharuskan untuk membeli tiket masuk dengan harga yang bervariasi sesuai kelompok umur, mulai dari Rp50.000 hingga Rp90.000. Adapun, untuk pengunjung anak-anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya masuk.
 


Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah serba-serbi informasi program MACAN Open House, mulai dari pameran, jadwal operasional, cara reservasi tiket, hingga aturan berkunjung ke museum. Simak yuk Genhype!


1. Pameran di MACAN Open House

Ada dua pameran yang bisa kalian kunjungi dalam program MACAN Open House yakni The 5th VH Award dan Ruang Seni Anak Rega Ayundya Putri: Fauna Wastopia. Seperti tajuknya, The 5th VH Award adalah pameran yang menampilkan karya-karya finalis VH Award, anugerah seni terkemuka di Asia.

Dalam pameran ini, kalian bisa menikmati karya-karya perupa dari berbagai negara di Asia, Subash Thebe Limbu (Nepal), Zike He (China), Riar Rizaldi (Indonesia), Su Hui-Yu (Taiwan), dan zzyw (Amerika Serikat). Karya-karya mereka berkaitan dengan teknologi melalui cara-cara mutakhir dan membentuk hubungan-hubungan baru, menjelajahi tantangan sosial dan ekologis yang mendesak dalam hidup manusia dewasa ini.
 


Sementara Fauna Wastopia adalah sebuah komisi Ruang Seni Anak yang dipersembahkan oleh perupa berbasis di Bandung, Rega Ayundya Putri. Proyek ini mencakup mural, audio, serta aktivitas edukasi interaktif untuk anak-anak dan keluarga. 

Di dalam area Ruang Seni Anak, pengunjung akan dapat melihat gambar-gambar mural terkait isu kepunahan dan degradasi lingkungan yang merupakan konsekuensi dari salah urus sampah, serta mutan imajiner yang ditempatkan sebagai cetakan akrilik di dinding. Sementara di area aktivitas, anak-anak dapat menciptakan spesies mutan mereka sendiri dengan membuat kolase, yang dapat dibawa pulang.


2. Jadwal Operasional Museum Macan

Museum Macan dibuka untuk publik setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 WIB sampai 18.00 WIB, dengan kunjungan terakhir pukul 17.30 WIB. Adapun, museum ini tidak menerima kunjungan publik setiap hari Senin.
 
 


3. Cara Reservasi Tiket MACAN Open House

Meskipun tidak dikenakan tiket masuk alias gratis, kalian tetap harus melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum menikmati program MACAN Open House. Berikut adalah cara reservasinya.
  • Buka situs https://ticket.museummacan.org/OPENHOUSE24/ticketing
  • Pilih hari kunjungan. Pengunjung dapat reservasi seminggu sebelum kunjungan.
  • Masukkan jumlah tiket yang diinginkan
  • Klik "Lanjutkan"
  • Isi data pribadi seperti nama lengkap, nomor telepon dan email. Lalu ikuti prosesnya hingga e-ticket dikirimkan melalui email.


4. Aturan Berkunjung di MACAN Open House

Sama seperti museum atau galeri seni lainnya, Museum Macan juga menerapkan sejumlah aturan berkunjung yang harus dipatuhi pengunjung seperti berikut ini.
  • Pengunjung yang membawa tas yang lebih besar dari ukuran kertas A4 dapat dititipkan di ruang penitipan barang
  • Dilarang menyentuh karya seni karena alasan apapun
  • Senantiasa menjaga jarak aman dengan setiap karya seni untuk menghindari sentuhan atau benturan yang tidak disengaja. 
  • Tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman di area galeri. 
  • Dilarang merokok (tembakau dan elektrik/vape)
  • Tidak boleh membawa hewan peliharaan
  • Pengunjung ddiperbolehkan mengambil foto dan video menggunakan kamera ponsel pintar (smartphone), serta dilarang menggunakan kamera profesional dan tripod.
  • Dilarang berfoto menggunakan fitur cahaya kilat (flash).
  • Dilarang meminta bantuan petugas museum untuk mengambil foto dan dokumentasi dalam bentuk apapun. 
  • Dokumentasi dalam bentuk foto dan video hanya diperbolehkan untuk penggunaan pribadi, bukan untuk tujuan komersial apapun.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Matcha Lovers Merapat, Cek Rekomendasi Kafe Matcha di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

BERIKUTNYA

Hypereport: 20 Toko Tempat Berburu Rilisan Fisik Eksklusif Record Store Day Indonesia 20 April 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: