Roberto Cavalli (Sumber Foto: Instagram/@robertocavalli)

Mengenang Roberto Cavalli, Desainer Flamboyan di Balik Motif Animal Print

19 April 2024   |   13:18 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Industri mode dunia telah kehilangan salah satu tokoh desainer legendaris, yakni Roberto Cavalli yang telah berpulang pada 12 April 2024 kemarin di kediamannya, Florence. Tentu tak ada habisnya, jika kita menengok kembali rekam jejak perjalanan karier dan karya-karyanya yang mendunia.

Roberto Cavalli sendiri adalah seorang perancang busana asal Italia yang terkenal dengan desainnya yang glamor dan berani, terutama dalam eksplorasi motif hewan atau animal printing. Dia juga dikenal lewat karyanya yang memancarkan kemewahan dan sensualitas, serta penggunaan bahan premium dan teknik desain yang kreatif dan inovatif.

Baca juga: Profil Desainer Issey Miyake, Merancang Turtleneck Steve Jobs hingga Gaya Desain Lipatan

Pria kelahiran 15 November 1940 di Florence, Italia tersebut sukses mendirikan jenamanya sendiri bernama Roberti Cavalli pada awal 1970-an. Sejauh ini dia telah mendirikan banyak lini bisnis, mulai dari fesyen sampai seluruh produk gaya hidup, beberapa di antaranya seperti Justcavalli, Roberto Cavalli Junior, Roberto Cavalli Parfums, Roberto Cavalli Home. 
 
 

Perjalanan Karier Roberto Cavalli

Roberto Cavalli menempuh pendidikan di Institut Seni Florence. Selama menimba ilmu dia banyak belajar tentang printing pada tekstil. Dia pernah membuat serangkaian motif bunga yang cantik pada rajutan, bakatnya tersebut langsung menarik perhatian produsen kaus kaki besar Italia.

Pada era 1970-an dia mendirikan sebuah butik di St. Tropez. Cavalli juga menemukan dan mematenkan prosedur pencetakan revolusioner pada kulit dan mulai membuat kain perca dari berbagai bahan. Dia melakukan debut teknik ini di Paris dan mendapatkan pesanan dari rumah mode ternama dunia seperti Hermès dan Pierre Cardin.

Pada usia 32 tahun, Cavalli membawa koleksi pertamanya ke catwalk Sala Bianca Palazzo Pitti di Florence. Selain itu, dia juga meluncurkan jeans denim bermotif kulit binatang eksotis di pekan mode Milan. Inilah yang membuat namanya makin dikenal sebagai desainer yang identik dengan motif animal printing. Bisnisnya pun makin dikenal lewat produk-produk kulit berkualitas tinggi yang dihasilkannya.

Sampai akhirnya pada Desember 1994, Cavalli membuka butik lainnya di Saint Barth, Karibia, Prancis, diikuti oleh butik lainnya di Venice. Beberapa tahun kemudian, bisnisnya terus berkembang luas. Selain lini busana utamanya, yang memiliki butik di lebih dari 50 negara seluruh dunia, dia meluncurkan jenama barunya Just Cavalli pada 2000 lalu yang ditujukan untuk kaum muda. Produk-produknya mencakup pakaian, khususnya jeans ketat 

Dalam beberapa dekade ke depan, nama Roberto Cavalli telah menjadi tokoh yang diperhitungkan di industri mode dunia. Cavalli dipercaya sebagai juri di ajang Miss Universe 1977 di mana calon istrinya Eva Durer menjadi kontestannya, yang mewakili Austria dan memenangkan juara kedua. 
 

Pada 1980, Cavalli menikah dengan Eva Düringer. Mereka dikaruniai tiga anak, yakni Robert, Sara, dan Daniele. Sebelumnya dia telah memiliki dua anak dari pernikahan pertamanya, yakni Tommaso dan Christiana. Namun, Cavalli dan Eva bercerai lada 2010.

Sampai akhirnya model Sandra Nilsson, yang 45 tahun lebih muda darinya, telah menjadi pasangannya sejak 2014. Pada 8 Maret 2023, diumumkan bahwa Cavalli menjadi ayah di usia 82 tahun dari anak keenamnya dengan Sandra Nilsson yang diberi nama Giorgio.
 

Busana Roberto Cavalli yang Dikenakan Artis Hollywood

Tak sedikit artis Hollywood terkenal telah mengenakan busana karya Roberto Cavalli di berbagai acara penting, termasuk upacara penghargaan bergengsi. Beberapa di antaranya mulai dari Jennifer Lopez, Beyoncé, Kim Kardashian, Shakira, dan Heidi Klum. Mereka menyukai gaun-gaun rancangan Cavalli yang berani dengan motif hewan rksotis yang khas, sesuai dengan gaya sang desainer yang glamor dan sensual.

Pada awal berdirinya jenama Roberto Cavali, sejumlah selebritas yang terkenal pada masanya seperti Brigitte Bardot dan Sophia Loren sering datang ke butik di Saint-Tropez. Karya busana estetiknya yang flamboyan dan mencolok mulai meledak berkat pasangan David dan Victoria Beckham, Britney Spears, dan Jennifer Lopez yang mengenakannya di beberapa event khusus.

Tak sampai disana Cavalli pun kemudian meluncurkan lini busana barunya yang dinamai Just Cavalli, di mana jenama tersebut fokus pada busana anak muda seperti jeans ketat. Ketika Naomi Campbell memakai koleksi jins dari Just Cavalli dalam sebuah acara fesyen sekitar tahuera 1993, nama Roberto Cavalli menjadi perbincangan hangat.

Cavalli pun memperluas kerajaan fesyennya dengan mendirikan banyak lini busana, seperti Justcavalli, Roberto Cavalli Junior, Roberto Cavalli Parfums, Roberto Cavalli Home. Produk-produknya mencakup pakaian dan aksesoris untuk  pria dan wanita, seperti jam tangan, perhiasan, parfum, kaca mata, pakaian dalam, dan baju pantai. Tak sampai di sana, bisnisnya juga mulai merambah ke restoran sampai kelab.

Sementara lini busana utamanya, Roberto Cavalli terus eksis dan menunjukan pertumbuhan yang kuat dan pesat di industri fesyen global. Sampai akhirnya pada 2020, dia menunjuk Fausto Puglisi menjadi direktur kreatif rumah mode Roberto Cavalli. Puglisi merasa terhormat bisa bergabung dengan rumah mode Roberto Cavalli dan bekerja langsung di bawah arahan sang desainer.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

WhatsApp Luncurkan Fitur Filter Chat

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: